Pusiiiing dengan Bahasa Alay nan Lebay

Kalau membaca tulisan remaja zaman sekarang benar-benar pusing. Pusiiiing. Pasalnya mereka menggunakan bahasa aneh, bahasa alay namanya. Bahasa alay ini semacam bahasa gaul yang menggunakan kombinasi huruf (huruf besar dan huruf kecil) dan angka yang bunyinya dimirip-miripkan dengan kata aslinya (Bahasa Indo atau Inggris). Saya menemukan kalimat alay dari para remaja ini pada komentar di fesbuk, komentar di blog, email, dan kiriman sms. Ternyata perkembangan teknologi informasi seperti ponsel dan situs jejaring sosial telah memicu banyak anak dan remaja sekarang menulis dengan bahasa yang lebay itu.

Ini contoh kalmiat mereka dalam bahasa alay:

A : N4nt1 50re ud 4d4 4cr4 g4?

B : Gk, ‘loM 4d4, knp?

A : M0 Nnt0n sm W 94k?

B : Bwleh, y03ks..🙂 )

atau yang ini:

A : Qu mO d474ng k humz Qmu lEh g? Nx Qu tilp. Ppi Low @D

B : Bos d Humz qu g jd. Or qT MamZ d lwar za, gmn? Ntr Qu pckup d /4an Iank byza, oce. Saiang qmu.

Kamu mengerti? Nah, bagaimana kalau ini serta artinya (diambil dari sini):

QmO dLaM iDopQhO (kamu dalam hidupku..)
q tWo……………… (aku tau……)
qMo mANk cLiD wAd cYanK m qHo…………. (kamu memang sulit buat sayang sama aku…)
tPhE qMo pLu tHwO„„„ (tapi kamu perlu tau….)
aLwaYs 4’U…………… (always for you, cuman buat kamu)
cO’nA cMa qMo YaNk Co WaD qHo cYuM………… (soalnya cuma kamu yang cowo buat aku senyum)
k’tHwA„„„„„„„„„„ ketawa…)
n cNeNk…………….. (dan senang)
tHanKz b’4„„„„„„ (thanks before, terimakasih sebelumnya)
yOz aLaWAiCe d bEzT……………. (you always the best, kamu selalu yang terbaik
-ALAWAICE? WTF?) iN meYe heArD„„„„„„, (in my heart, dalam hatiku
-btw MEYE? APA ITU HAHA)

tHo_tHo………….. (dadah -ini dadah doang ribet banget nulisnya)
LupHz yOu„„„„„„, (love you, sayang kamu)
I’m ReGrEeEeeEEeeEet nOw……………. (aku menyesal sekarang)
naFaZ„„„„„„„„„, (napas)
bNcHi qOh nGmBAnK………………. (benci aku ngambang)
nPhA jDe gnE??????????????? (mengapa jadi begini?)
i dOn’t LiKe tHaT………….. (I don’t like that, aku tidak suka itu)
qOh g Mo iDoP dLAM kmNfqAn………. (aku ga mau hidup dalam kemunafikan -WUESSS angin berhembus)
tHiZ iZ buLLsHiT!!!!!!!!!!! (this is bullshit!, ini semua omong kosong!!! -penuh amarah membara)
sHiT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! !!!!!!!!!!!!!!!! (shit!!!!!! TA* )
HAifTf……………… (huff)
TaKe mE 2 yOuR hEaRtZzz?????????????????? (take me to your heart, bawa aku ke dalam hatimu)
cXnK qMoh tO cKiDnAAAAaaaAaAaaaa……. (sayang kamu tuh sakitnya…)
m_tHa apOn YoH……………… (minta ampun ya…)
qoH tLuZ”aN uCHA bWaD tTeP qEqEUh cXnK qMo………. (aku terus terusan berusaha buat tetep kekeuh sayang kamu…)

bUD„„„„„„„„„, (but, tetapi…) hUhuHuHfTFTf………….. .. (huft huft -ehem

ckIdDDdddDDDd„„„„„„, „„„„„„„„„„„„„ „„ (SAKIIIIIIT!

Banyak orang yang mengkhawatirkan fenomena bahasa alay ini. Mereka beranggapan bahasa alay ini dapat merusak Bahasa Indonesia. Menurut saya kekhawatiran itu berlebihan, sebab bahasa alay ini sifatnya temporer saja (sementara). Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Bersamaan dengan perjalanan waktu bahasa tersebut akan hilang dengan sendirinya. Fenomena ini mirip dengan bahasa gaul beberapa puluh tahun lalu yang bernama bahasa prokem, sekarang bahasa prokem sudah terdengar lagi penggunaannya.

Untung saja mahasiswa saya tidak menjawab soal ujian dengan bahasa alay ini. Para remaja juga tidak akan menjawab soal ujian gurunya dengan bahasa alay. Ini berarti mereka tahu konteks penggunaannya, kapan untuk serius dan kapan untuk main-main. Kalau mereka pakai bahasa alay dalam menjawab soal ujian, tentu tambah pusinglah saya atau para guru membacanya. Sampai sejauh ini belum terjadi.

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

14 Balasan ke Pusiiiing dengan Bahasa Alay nan Lebay

  1. petra berkata:

    saya sering ketemu banyak loh yang udah mahasiswa (meski gk ada yg dari ITB) gaya smsnya masih kayak gitu,,, dan yg lebih parah di email pun kayak gitu….

  2. Programmer Biasa berkata:

    Ini kan salah satu bentuk kriptografi pak😀

  3. alfer berkata:

    kalau sampai benar2 dipergunakan bahasa alay sewaktu menjawab ujian, mungkin akan sangat merepotkan untuk membacanya pak, salam.

  4. Ping balik: Pusiiiing dengan Bahasa Alay nan Lebay | Catatanku | Lintas Berita

  5. Pipit berkata:

    Ia pak, tmn sya jg ada kadang sms pke bhsa alay sya yg bacanya butuh waktu untuk ngejwbnya. bikin ribet aja !!! tpi spti yg bpk blg bhsa alay ini hanya bersifat sementara aja akan hilang dgn sendirinya.

  6. Ipank Peyank berkata:

    ini fb salah satu alayer’s
    yg ingin lebih mendalami bisa berguru kepadanya

    Intansiicewcutez Mchajhamuaniezt Hyuzzicahlupaindy (Intan Cah Pacircity)

  7. Arditya berkata:

    Pusing nian –“

  8. AnNalizz Nie berkata:

    kok ga ada icon share fb yach?

  9. aurel berkata:

    ini semua bahasa n tulisan bodoh!!!..dulu zaman2 saya sekolah,tak pernah ada bahasa kayak gini…sepatut nya makin lama,mutu pendidikan makin baik,,ini tidak makin menunjjukan kebodohan mereka..fuck!!

  10. Madi pacu berkata:

    Aduh pusing deh.

  11. Febri Setiarini berkata:

    mataku aaaaaaaaa matakuuuuuuuuuu,,,, hahahaha

  12. Axl Pasid III berkata:

    Ampiuuuun….bahasa planet mana tuh..??
    susah banget nerjemahinnya…

  13. Bill Hikmah berkata:

    Pernah teman saya sms dg bahasa alay yang dicampur angka gitu. Lalu saya balas “hah apa? Saya gak ngerti, kalau sms yang jelas” dia malah bilang “9x gwoel QMuchx”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s