Lontong Padang Berlauk Rendang

Di kota Bandung ini cukup banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan khas Minang bernama lontong (ketupat) sayur. Mungkin karena di Di Bandung banyak perantau “urang awak” yang bekerja sebagai pedagang, pegawai, dan mahasiswa. Soal urusan perut mereka pasti akan mencari-cari makanan kampung halaman seperti ketupat sayur. Ketupat sayur adalah sarapan pagi seperti halnya bubur ayam atau nasi kuning di Bandung. Ketupat yang khas adalah katupek gulai paku, yaitu ketupat dengan sayur gulai pakis. Jarang-jarang di Bandung ketemu gulai paku ini.

Nah, saya sudah mencoba banyak ketupat sayur dari berbagai pedagang. Selama ini ketupat sayur yang maknyus dan mantap rasanya adalah ketupat sayur Ombak Piaman di Jalan Kuningan raya, Antapani (pertigaan dengan Jalan Cibatu), dekat rumah saya. Pedagangnya seorang ajo Piaman (julukan daerah Pariaman di Sumbar). Khas ketupat sayur ini adalah kuahnya yang kental. Sayurnya adalah gulai nangka muda yang berwarna kuning kemerahan dan gulai buncis yang berwarna hijau.

Ternyata ada lagi ketupat sayur yang enak dan mantap rasanya, yaitu ketupat di kedai Dapur Minang Lima Saudara di Jalan Bagusrangin (dekat jalan Dipati Ukur). Pedagangnya bernama Ajo Herman, asal dari Pariaman juga tepatnya dari Sungai Garinggiang, Kabupaten Pariaman, Sumbar (kebanyakan pedagang ketupat sayur memang berasal dari Pariaman, baik yang berjualan di Padang maupun yang di tanah rantau). Sudah 3 tahun Ajo Herman berjulan di Bandung, sebelumnya dia sudah mencoba berdagang yang sama di Padang lalu di Jabotabek.

Di kedai Ajo Herman ini tidak hanya menjual ketupat sayur, hampir semua makanan dan jajanan khas Minang ada di sana. Ada bubur kampiun, kacang padi (bubur kacang hijau), teh talua (teh pakai telur), sarikayo (srikaya), goreng pisang rajo + katan (ketan), lapek, lupis, dan lain-lain. Wah, benar-benar lengkap ya, benar-benar palapeh lambuang, kanyang rasonyo makan di sana.

Yang menarik adalah ketupat sayurnya pakai rendang. He..he, baru kali ini saya menemukan ketupat sayur padang pakai daging rendang, di negeri asal makanan itu sendiri ketupat sayur tidak pakai apa-apa, hanya ketupat dan gulai sayur saja. Di Bandung ketupatnya dapat ditambahi telur ayam, tetapi di kedai Ajo Herman ini ketupatnya pakai rendang seperti foto di bawah ini. Menarik, bukan? Ide yang brilian juga mengkombinasikan ketupat sayur dengan rendang.

Hmmm…. mau? Dari tampilannya saja sudah menggugah selera.

Selain pakai rendang, ada juga ketupat gulai tunjang, selain tentu saja pakai telur. Harganya sepuluh ribu kalau pakai rendang, kalau pakai telur tujuh ribu, dan kalau hanya ketupat sayur saja lima ribu. Tidak terlalu mahal saya kira, pas dengan kantong mahasiswa yang menjadi pelanggan utamanya. Gulai sayurnya adalah gulai nangka dan gulai buncis tauco. Rasa gulai sayurnya pas di lidah, terutama gulai buncis tauconya, persis seperti gulai buncis tauco khas minang umumnya. Setiap hari Senin dan Jumat kadang-kadang ada gulai paku (pakis). Sayur pakisnya bukan sayur dari kebun, tetapi pakis yang didatangkan dari hutan daerah Pangandaran. Sayur pakis yang pas dibuat gulai paku memang pakis hutan.

Pelanggan kedai Ajo Herman ini banyak juga ternyata. Yang makan di sana ternyata bukan orang Minang saja, banyak juga pelangan asal daerah lain. Mungkin karena masakan minang itu cocok di lidah siapa saja. O iya, kedai ini buka dari pagi hingga pukul 12 siang. Kalau anda berada di daerah Bandung Utara, sempatkan singgah makan di warung Lima Saudara ini.

Pos ini dipublikasikan di Makanan enak. Tandai permalink.

6 Balasan ke Lontong Padang Berlauk Rendang

  1. surya bread berkata:

    hemb…………,bikin perut jadi lapar aja nich.

  2. djufri mangkuto berkata:

    Kalau di Medan banyak dijula di sekitar jl. ar .hakim, kota matsum , tidak buncis tapi pakis(paku) . oh ya … kalau bisa tolong carikan resep dan cara mengolahnya….. penen juga buatnya di rumah … ni kan mau dekat puasa… ok ya uda …

  3. dina berkata:

    ondeh mandeeehh… bikin ngiler makan katupek

  4. Bumbu PERENDAM berkata:

    Terimakasih untuk infonya, tulisannya sangat BERMANFAAT dan BAGUS, SUKSES SELALU.

    Dari Frozen Food CEMARA 18, http://supplierfrozenfood.com/, 0821. 3656. 8222 (Simpati), 0274 – 8511.222 (Flexi)

  5. Yudi priadi berkata:

    Mantap tanti lamak rasonyo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s