Asyiknya Bersepeda di dalam Kampus (“Bike@campus”)

Beberapa hari ini saya menikmati bersepeda di dalam kampus. Sepeda-sepeda tersebut tersedia secara gratis di dekat Aula Barat ITB. Siapapun yang ingin memakainya silakan saja — kalau lagi kosong — asalkan dipakai hanya di dalam kampus saja.

Sepeda-sepeda tersebut adalah sumbangan dari alumni ITB angkatan 1988 dalam rangka mendukung program Bike@Campus. Thank to ITB88.

ITB adalah kampus yang rindang dan nyaman. Banyak pepohonan yang membuat kampus ini asri dan hijau. Sayang ya kalau kampus dikotori dengan polusi udara kendaraan bermotor. Karena itu, gerakan bersepeda di dalam kampus (bike@campus) digalakkan beberapa tahun yang lalu. Sudah banyak mahasiswa yang memakai sepeda ke kampus. Bahkan ITB pun menyediakan infrastruktur seperti tempat parkir sepeda.

Para alumni pun menyumbangkan puluhan sepeda untuk warga civitas academica (baca tulisan saya yang terdaulu). Salah satunya adalah sumbangan dari alumni ITB 88 itu.

Sepeda sumbangan ITB 88 ini bagus-bagus dan enak mengayuhnya. Dulu juga pernah ada sumbangan dari alumni angkatan xx, tetapi mungkin karena kualitasnya kurang baik sehingga sekarang sepeda-sepeda tersebut sudah digudangkan karena banyak yang rusak.

Selama konferensi ICEEI 2011 kemarin, saya beberapa kali menggunakan sepeda gratis ini untuk bolak-balik dari LabTek V ke Aula Barat dan Aula Timur. Asyik euy bersepeda sambil keliling kampus menikmati udara segar dan pohon-pohon yang rindang.

Semoga saja sepeda-sepeda tersebut tetap awet dan tidak dicuri. Agak riskan juga menjaga keamanan sepeda ini, kalau saja ada pencuri yang melemparkan sepeda itu ke arah jalan Tamansari, hilang deh itu sepeda. Kawasan kampus ITB dekat Jalan Tamansari seperti foto saya di atas memang terkesan sepi. Mari kita jaga sepeda-sepeda itu ya.

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

6 Balasan ke Asyiknya Bersepeda di dalam Kampus (“Bike@campus”)

  1. otidh berkata:

    Saya belum berkesempatan pake sepeda itu euy. Yang parkir sepeda di gerbang belakang, tempat saya biasa lewat kalau ke kampus, sering kosong sepedanya.

    Yang membuat saya agak kecewa, sepeda-sepedanya banyak yang pindah parkir ke sekre-sekre unit atau himpunan. Seharusnya, kalau sudah tidak digunakan memang harus diparkir lagi ke tempat yang seharusnya.

  2. maruplayground berkata:

    saya juga belum sempat merasakan sepeda ini, kalau datang siang pasti sepedanya sedang aktif kemana-mana. Pernah siang bolong ngelihat ada 1 sepeda parkir di labtek V, padahal di dekat sana GKU timur ada parkirannya. Rasanya ingin saya pakai trus pindahkan ke sana, sayang siang bolong, panas.

  3. Catra berkata:

    Wahh Pak Rin gaya nih di foto terakhir. Sebenarnya saya ingin sekali mencoba nya pak. Tapi gak tau bagaimana prosedur cara peminjamannya bagaimana. Lumayan buat olahraga sore-sore di kampus.

    Semoga hal ini menular ke kampus-kampus lain di Indonesia. Selain mengurangi polusi tentu sehat bagi tubuh.

    Bike to Campuss!

  4. rizky berkata:

    Wah, belum mencoba ini pak. Mungkin dalam beberapa hari ke depan bisa saya coba. Mungkin perlu dipikirkan mekanisme agar penggunaan sepeda dapat adil. Misalnya peminjaman sepeda untuk dicatat siapa yang menggunakannya dengan menunjukkan KTM (Referensi : Universitas Indonesia)

  5. alrisblog berkata:

    Wah mantap tuh. ITB emang top, juga kepedulian alumninya. Salut.

  6. ikhwanalim berkata:

    lingkungan yang sejuk dan rindang seperti di kampus ITB, memang enaknya mobilsasi dengan tenaga otot yang ramah lingkungan, pak: SEPEDA🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s