Halal Bihalal ITB, Silaturahmi Idul Fitri 2011 yang “Mengular”

Apa tradisi orang Indonesia sesudah lebaran Idul Fitri? Ya, halal bil halal. Di kantor, di sekolah, di kampus, dan di banyak komunitas lain hari-hari ini adalah hari halal bihalal. Banyak undangan halal bihalal yang mungkin akan kita hadiri selama 1 bulan ini. Tua muda, kaya miskin, muslim maupun bukan, ikut bersama berhalal bihalal. Lebaran memang sudah menjadi budaya rakyat Indonesia, termasuk perayaan sesudahnya.

Tadi pagi di Aula Barat ITB diadakan acara halal bihalal keluarga besar ITB dengan rektor dan para pimpinan ITB. Halal bihalal ini adalah untuk seluruh warga ITB (minus mahasiswa), baik yang muslim maupun bukan. ITB mempunyai lebih dari seribu orang dosen dan ribuan karyawan. Nah, tadi pagi semuanya tumplek blek antri mengular menuju Aula Barat. Mulai dari dosen, karyawan, teknisi, satpam, hingga office boy semuanya antri dalam satu barisan untuk bersalaman dengan pimpinan ITB yang menunggu di pintu Aula Barat. Perlu perjuangan juga untuk bersalaman dengan Rektor kita. Kalau saja hari ini kuliah dimulai, tentu ribuan mahasiswa ikut mengular juga (untungnya kuliah baru dimulai besok).

Nah, karena panjangnya antrian itu, mirip seperti ular. Antrian dimulai dari gerbang Jam Gadang, mengular ke jalanan depan lapangan basket, terus di depan Gedung Teknik Sipil.

Terus memanjang…

Terus lagi….

Antrian terus bergerak, sampai juga di lorong Aula Barat:

Sampai juga di depan pintu Aula Barat:

Wuupsss…. akhirnya bisa juga bersalaman dengan Rektor ITB, Pak Akhmaloka:

Di dalam Aula Barat sudah banyak dosen dan karyawan berkumpul:

Pemberi tausiyah kali ini adalah Prof. Imam Suprayogi, Rektor UIN Malang yang sengaja diundang oleh Rektor ITB jauh-jauh datang dari Malang. Oooo, ternyata putra-putri Rektor UIN Malang ini kuliah di ITB juga rupanya (S1 dan S2).

Tausiyahnya cukup menarik. Ia memaparkan “rahasia” dibalik penyusunan urutan surat dalam Al-Quran yang 114 surat itu. Beliau hanya memaparkan lima surat pertama saja. Dimulai dari surat Al-Fatihah yang mengandung dua sifat penting Allah yaitu Arrahman (Maha Pengasih) dan Arrahim (Maha Penyayang). Lalu dilanjutkan dengan surat Al-Baqarah yang berisi agar kita mengenali siapa diri kita. Berikutnya surat Ali Imran yang menjelaskan tentang teladan Keluarga Imran sebagi contoh sebuah keluarga yang ideal. Selanjutnya An-Nisa’ tentang peran wanita yang sangat penting dalam sebuah keluarga. Seorang Pemimpin sebelum dipilih haruslah dilihat seperti apa ibunya, karena ibu yang baik akan menghadilkan anak yang baik pula. Terakhir surat Al-Maidah yang artinya hidangan. Untuk membentuk keluarga yang diberkati Allah, makanan yang dimakan oleh keluarga haruslah yang halalan thoyyiban.

Terakhir, sebagai penutup acara adalah lagu-lagu nasyid dari grup acapella tuna netra:

Acara halal bihalal ini dapat dilihat dengan mengklik video di YouTube berikut ini:

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H, taqabalallaahu minna wa minkum, shiyaamana wa syhiyaamakum. Minal ‘aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

5 Balasan ke Halal Bihalal ITB, Silaturahmi Idul Fitri 2011 yang “Mengular”

  1. Asop berkata:

    Maap lahir batin, Pak.๐Ÿ™‚

    Saya jadi berpikir begini, Pak. Bagaimana kalau sekali-kali saat halal-bihalal Pak Rektor (dan wakil-wakilnya) yang datang mengunjungi masing-masing gedung Prodi.๐Ÿ˜€ Jadi, bukan para karyawan yang mengantre sampai mengular seperti itu.

  2. Alhamdulillah, paling ga kalangan akademisi menunjukkan kemampuan mereka untuk dapat tertib dan antri ^^

  3. reiSHA berkata:

    antri salaman jadi ngingetin wisudaan, mahasiswa antri buat salaman sama rektor๐Ÿ˜€

  4. Alris berkata:

    Walau terlambat, Selamat hari raya Idul Fitri 1432 H, maaf lahir batin, Pak Rinaldi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s