Mushala di Mal BIP Sekarang Sudah “Rancak”

Saya jarang pergi jalan-jalan ke mal. Kurang suka aja sih, apalagi saya merasa agak kurang nyaman berada di tengah suasana crowded orang-orang seperti di mal. Sekali-sekali saja saya pergi ke mal, misalnya untuk nonton film bagus.

Beberapa hari yang lalu saya pergi ke mal BIP (Bandung Indah Plaza) di jalan Merdeka, Bandung. Tahu nggak, BIP ini dulu singkatannya adalah PBI (Plaza Bandung Indah), tetapi orang Bandung lebih senang menyebutnya BIP saja sehingga kepanjangannya juga menyesuaikan. BIP adalah mal pertama di Bandung, seingat saya mal ini berdiri pada awal tahun 1990, saat-saat saya masih Tugas Akhir di IF-ITB.

Nah, saya surprise ke BIP kemarin. Ketika mau shalat Ashar, saya bertanya kepada Satpam di mana mushala BIP sekarang. Saya mendengar dari teman bahwa mushala BIP sekarang sudah bagus dan nyaman, makanya saya penasaran untuk mencobanya. Dulu mushala BIP terletak di lantai basement bersebelahan dengan tempat parkir. Ruangan mushalanya sempit dan pengap, tidak nyamanlah buat shalat di sana. Mal yang besar dan megah ini ternyata punya mushala yang tidak layak. Kebanyakan mal di Bandung seperti itu, menyediakan mushala ala kadarnya. Dulu saya pernah menulis tentang mushala di mal ini dengan judul tulisan Mencari Masjid di Mal. Tulisan tersebut berisi keluhan saya tentang kondisi mushala di mal yang sangat memprihatinkan.

Tetapi sekarang lain, mushala di BIP rancak bana (bagus sekali). Luas, nyaman, sirkulasi udara baik, dan terletak di tempat yang layak dan “terhormat”, yaitu lantai paling atas mal, satu lantai dengan bioskop Empire. Agaknya keluhan orang-orang terhadap mushala di BIP ditanggapi oleh manajemen gedung sehingga mereka membuatkan mushala yang representatif. Yang menarik, ruang shalat untuk pria dan wanita dipisahkan dengan tabir sehingga hijab tetap terjamin.

Di bawah ini beberapa foto mushala di BIP:
1. Ruang shalat untuk pria

2. Ruang shalat untuk wanita di balik tabir merah

3. Lorong dari tempat wudlu:

4. Pintu gerbang mushala dengan ornamen Timur Tengah

Memang saya agak telat mengetahui mushala baru di mal BIP, tapi tak apalah. Alhamdulillah, mushala yang nyaman dan bagus di BIP itu patut disyukuri. Nanti kalau kapan-kapan ke BIP lagi saya tidak perlu khawatir kalau pas datang waktu shalat.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Bandung. Tandai permalink.

2 Balasan ke Mushala di Mal BIP Sekarang Sudah “Rancak”

  1. Ozylog berkata:

    baguslah, terakhir saya kesana masih di basement.

  2. Ping balik: Mushola di Trans Studio Mall (TSM) yang Bagus dan Bersih | Catatanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s