R.I.P Dennis M Ritchie, Si Pembuat Bahasa C dan Sistem Operasi UNIX

Di tengah riuh rendah berita kematian Steve Jobs, “si raja” komputer Apple, yang memenuhi dunia maya selama 3 minggu terakhir, dunia ilmu komputer kehilangan lagi seorang tokoh pentingnya, yaitu Dennis M. Ritchie.

Siapa Ritchie? Jangankan orang awam, mahasiswa Informatika/Ilmu Komputer tentu tidak terlalu mengenal nama orang ini, tetapi kalau menggunakan karyanya pasti sering. Dennis M. Ritchie adalah pembuat Bahasa C, bahasa pemrograman yang simpel. Dia juga adalah salah satu pengembang sistem operasi UNIX bersama koleganya, Ken Thompson. Antara C dan UNIX tidak dapat dipisahkan karena UNIX menggunakan bahasa C sebagai sarana pemrograman di lingkungan sistem operasi tersebut. Turunan Unix yang terkenal saat ini adalah Linux dan Free BSD, yang merupakan sistem operasi open source.

Dennis M. Ritchie meninggal dunia pada tanggal 8 Oktober 2011 karena kanker prostat, artinya hanya berjarak beberapa hari setelah kepergian Steve Jobs. Berita kematian Ritchie dapat dibaca di sini. Agak telat sih saya menuliskan posting tentang Ritchie ini, tapi tak apalah daripada tidak.

Saya tidak terlalu mengenal Steve Jobs karena saya tidak pernah menggunakan produknya seperti Apple dan yang terbaru iPhone. Karena itu, saya tidak menuliskan memoar khusus untuk Steve Jobs. Sudah banyak tulisan di Internet yang dibuat orang untuk mengenang Steve Jobs. Namun saya akrab dengan nama Ritchie melalui bukunya. Saya belajar Bahasa C dari buku karangan Ritchie bersama Brian W. Kernighan yang berjudul The Ansi C Programming Language. Ini buku yang bagus, meskipun bagi pemula yang ingin belajar Bahasa C agak sulit memahami isi buku ini.

Seperti dikutip dari laman Wikipedia.org:

Ritchie was best known as the creator of the C programming language and a key developer of the UNIX operating system, and as co-author of the definitive book on C, The C Programming Language, commonly referred to as K&R (in reference to the authors Kernighan and Ritchie).

Ritchie’s invention of C and his role in the development of UNIX alongside Ken Thompson has placed him as an important pioneer of modern computing. The C language is widely used today in application, operating system, and embedded system development, and its influence is seen in most modern programming languages. UNIX has also been influential, establishing concepts and principles that are now precepts of computing.

Ritchie was elected to the National Academy of Engineering in 1988 for “development of the “C” programming language and for co-development of the UNIX operating system.”

Awards
Thompson (left) and Ritchie (center) receiving the National Medal of Technology from President Clinton in 1999.
Turing Award

In 1983, Ritchie and Thompson jointly received the Turing Award for their development of generic operating systems theory and specifically for the implementation of the UNIX operating system. Ritchie’s Turing Award lecture was titled “Reflections on Software Research”.

Dalam pandangan saya Bahasa C adalah bahasa yang banyak mengubah gaya pemrograman. Bahasa C simpel karena menyederhanakan gaya penulisan program dibandingkan bahasa terdahulu, seperti Pascal misalnya. Hal ini dapat dilihat dari keyword yang digunakannya seperti int untuk integer, begin end diganti dengan pasangan kurung kurawal, dan sebagainya. Salah satu kelebihan Bahasa C terletak pada pengelolaan type pointernya yang powerfull. Bahasa C juga memperkenalkan konsep ADT (Abstract Data Type) yang menjadi dasar class dan object pada Object Oriented Programming.

Bahasa C juga menjadi pijakan dasar dalam pengembangan bahasa pemrograman sesudahnya, seperti C++, Java, C#, Perl, dll yang sintaksnya mirip-mirip C. Asumsi yang dipakai oleh pengembang next language tersebut adalah pemrogram sudah familiar dengan C, jadi tidak perlu susah-susah memahami the new languages. Kalau sudah mengerti Bahasa C, maka memahami Java, C++, C#, dan sebagainya menjadi lebih mudah.

Itulah kontribusi penting Dennis M. Ritchie dalam bidang pemrograman. Selamat jalan Ritchie.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Informatika. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s