Punya Profile di “Google Scholar”

Rekan saya dari Teknik Telekomunikasi STEI-ITB, Kang Eueung Mulyana, mengabarkan bahwa saat ini setiap penulis (author) makalah/artikel dapat membuat profile sendiri di Google Scholar. FYI, Google Scholar adalah salah satu mesin pengindeks untuk makalah, buku, dan karya-karya kecendekiaan lainnya asalkan dalam bentuk tertulis. Mesin pengindeks yang lain adalah Scopus, Index Copernicus, ProQuest, IEEXplore, dan sebagainya.

Profile di Google Scholar berisi daftar semua tulisan seorang penulis (buku, makalah, artikel, dsb) yang dikutip (citation) oleh penulis lain. Tulisan karya penulis tersebut diacu sebagai referensi yang disebutkan di dalam daftar pustaka. Daftar semua kutipan tersebut berasal dari search.scholar yg secara otomatis di-crawl oleh Google apabila artikel/makalah terkait bisa ditemukan oleh Google.

Cara membuat profile di Google Scholar adalah sebagai berikut:

1. Anda hanya hanya perlu login dengan akun gmail

2) Buka alamat http://scholar.google.com atau http://scholar.google.co.id/

3) Klik link “My Citation” atau “Kutipan Saya” (jika di http://scholar.google.co.id) di kanan atas atau kanan bawah

4) Ikuti 3 langkah pada halaman tersebut

5) Edit data bila perlu (foto, affiliation dll.), kemudian klik “Make Public” agar bisa dilihat oleh orang lain.

Nah, saya mengikuti algoritma yang diberikan oleh Kang Eueung Mulyana di atas, maka jadilah seperti gambar di bawah ini:

Anda dapat melihat profile saya di Google Scholar pada alamat ini: http://scholar.google.com/citations?hl=en&user=ugYa9lEAAAAJ&oi=sra

Profile scholar punya Kang Eueung Mulyana yang ini: http://scholar.google.com/citations?user=-wXTUQoAAAAJ&hl=en

Wah, betapa kaget saya melihat profile saya sendiri, tidak menyangka sebanyak itu. Ternyata Google Scholar tidak hanya berhasil mengumpulkan semua citation terhadap makalah-makalah saya, tetapi juga semua citation buku dan diktat kuliah yang saya tulis. Buku saya yang sederhana, yaitu Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik tenyata mempunyai citation tertinggi, yakni dikutip oleh 169 makalah (status saat tulisan ini dibuat). Dengan mengklik angka cite maka anda dapat melihat makalah-makalah apa saja yang mengutip suatu tulisan/artikel.

Selain buku dan diktat, makalah-makalah saya di berbagai konferensi dan jurnal ilmiah juga mendapat citation, baik oleh penulis di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan, beberapa makalah penulis tersebut sudah terindeks pula di dalam IEEXplore. Memang tidak semua makalah saya mendapat citation

Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah SWT bahwa apa yang saya tulis memberi nilai tambah bagi orang lain. Jika semua karya kecendekiaan (scholar) kita di-online kan di internet, maka akan banyak manfaat bagi orang lain yang membacanya. Jazakallah.

Dengan menaruh makalah/artikel kita di Internet, maka mesin-mesin pencari akan mengindeks tulisan kita tersebut. Dampaknya, selain terhadap si penulis, secara tidak langsung juga akan meningkatkan penilaian oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia seperti THES, sebab salah satu kriteria pemeringkatan perguruan tinggi adalah jumlah citation index yang dikumpulkan oleh mesin pencari. Hmmmm… saya berpikir alangkah baiknya para akademisi (mahasiswa, dosen, peneliti) di seluruh Indonesia juga membuat scholar profile di Google.

Apakah anda sudah membuat profile di Google Scholar?

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan, Seputar ITB. Tandai permalink.

12 Balasan ke Punya Profile di “Google Scholar”

  1. Reisha berkata:

    hihihi, jadi ikutan bikin juga😀

  2. dani kusmayadi berkata:

    saya mencari buku pak rinaldi ttg citra digital. Sy harap buku itu terus dicetak ulang. Sy br mempelajari ttg SIG, dan buku bpk utk materi citra digital jadi buku panduan, tp bukunya sdh tdk ada ternyata.

  3. ilmanzuhriyadiI berkata:

    Terima kasih pak Rinaldi Munir, cari teknik ini.. ternyata diarahkan ke blognya bapak, terima kasih

  4. ade irma elvira berkata:

    Terimakasih pak atas panduan membuat google scholar. sangat bermanfaat🙂

  5. dedeh2h berkata:

    Pak Ronaldi saya mau tanya…, Bagaimana artikel kita dapat muncul otomatis, sehingga di Google scolar tidak menambah secara manual

  6. dedeh2 berkata:

    Terima kasih Pak atas jawabannya saya mau tanya juga bisa pak,

    1. Bagaiman caranya Artikel yang kita tulis dapat muncul di google scollar sehingga orang dapat mengutip artikel kita.

    2. bagimana cara google scollar bisa menambah kutipan di artikel.

    3. idak semua makalah saya mendapat citation, itu artinya apa pak

  7. Evi Maya Sari berkata:

    terimakasih ilmunya =D

  8. Haxa Soeprijanto berkata:

    Ketika menelusur seorang penulis di google scholar, user profil yang bersangkutan di tampilkan paling atas dalam daftar hasil penelusuran google scholar. Yang ingin saya tanyakan, bagaimanakah membuat profil yang baru saja kita buat ini dapat tampil di paling atas ketika di telusur?

    • rinaldimunir berkata:

      Profil penulis memang kita yang mengisinya sendiri (foto, bidang peminatan, dll). Tentang tampilan apakah paling atas saya kira itu sudah otomatis dari Google Scholar nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s