Oh, Bapak Penarik Gerobak Sampah (2)

Sewaktu ke kampus Sabtu siang saya kembali melihat pemandangan yang memiriskan hati. Seorang Bapak terengah-engah menarik gerobak sampahnya. Kasihan Bapak itu, gerobak sampahnya sangat berat, ditarik dengan kedua tanganpun tidak kuat, maka dibantulah dengan tali yang dihela dengan badannya. Namun, laju gerobak tetap saja pelan, sehingga kendaraan di belakangnya harus sabar beringsut. Lihatlah sudut yang dibentuk badan Bapak itu dengan jalan, sudah hampir sekitar 40 derajat, yang menunjukkan tenaga yang dikerahkan untuk menarik gerobak sampah itu sangat besar, hampir-hampir saja dia tidak kuat.

Foto ini saya potret di Jalan Ganesha depan masjid Salman ITB hari Sabtu siang. Pemandangan yang saya lihat ini memilukan hati, mengingatkan kita pada pedati yang ditarik oleh kerbau (mohon maaf kalau deskripsi ini kurang etis). Bapak itu menarik gerobaknya di tengah lalu lalang wisatawan di kawasan Ganesha. Di antara mobil-mobil mewah wisatawan asal Jakarta dan suara anak-anak yang riang menarik kuda, pemandangan seperti ini sangat kontras. Lihatlah seekor kuda melirik bapak itu, seakan-akan berkata sayalah yang pantas menarik kuda itu, Pak.

Semoga setiap tetes keringat yang menetes dari tubuh Bapak itu dijadikan oleh Allah SWT sebagai pemberat timbangan pahala di akhirat kelak. Saya bagikan gambar ini agar kita selalu berempati pada nasib orang-orang kecil seperti ini. Mudah-mudahan Pak Walikota Bandung juga melihat dan tersentuh hatinya dengan menyediakan gerobak angkutan sampah yang ditarik dengan motor.

Tulisan ini dipublikasikan di Romantika kehidupan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Oh, Bapak Penarik Gerobak Sampah (2)

  1. ikhwanalim berkata:

    di kota medan, saya bahkan nyaris tidak pernah menemui gerobak (makanan, sampah, dll) yang ditarik dengan tenaga manusia, pak. hampir semuanya sudah disambung dengan sepeda motor. becak sekalipun.

    mudah-mudahan pak walikota bandung juga melihat dan tersentuh hatinya :)

  2. M.andi tan berkata:

    Betul saudaraku,sbgai seorg muallaf sy merindukan pemimpin2 yg seperti Umar Bin Khattab.RA..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s