Jengkel dengan Situs Web Jasa Pembuatan Skripsi Ini

Mau diapain ya si pembuat situs jasa pembuatan skripsi dan tesis ini? Si pemilik web tersebut menampilkan di dalam situsnya daftar tugas akhir mahasiswa bimbingan saya di Informatika ITB, seperti screen shot di bawah ini :

Semua isi pada laman tersebut di-copy paste dari laman web saya. Di situs web saya memang tertulis nama mahasiswa, NIM, judul tugas akhir mereka dan makalah TA dalam format PDF (hanya makalah, bukan laporan TA). Nah, di laman situs jasa pembuatan skripsi tertulis item yang sama (tanpa makalah PDF) tapi tidak disebutkan sumbernya. FYI, saya memang selalu meng-online-kan makalah TA mahasiswa bimbingan saya agar dapat bermanfaat bagi civitas academica, tetapi bermanfaat kali ini disalahgunakan untuk kepentingan lain.

Membuatkan skripsi/tesis bagi orang lain saja sudah salah, sekarang dengan memajang daftar mahasiswa bimbingan saya di situsnya dapat menimbulkan fitnah. Nanti orang lain salah menyangka bahwa TA mahasiswa saya yang namanya terpampang di sana adalah hasil jasa pembuatan skrispi. Apalagi di sana tertulis Alumni Tugas Akhir, tentu mahasiswa-mahasiswa saya ini dicemarkan nama baiknya, makanya saya merasa jengkel.

Mau diapain ya si pembuat web jasa pembuatan skripsi ini? Dilapokan ke polisi saja? Pemilik domain web jasa pembuatan skripsi itu dapat ditemukan di sini.

Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

20 Balasan ke Jengkel dengan Situs Web Jasa Pembuatan Skripsi Ini

  1. petra berkata:

    Kalo dihost di blogspot atau wordpress bisa tinggal dilaporin aja kok pak.

    • petra berkata:

      Kalo gk mau repot,, ya pake aja solusi instan yg biasa dipake di negara ini,,
      Gak usah dipublikasikan aja sekalian,,
      Toh klo org emang niat mau nyari bahan khan bisa tinggal ke perpus itb,,
      Ketimbang banyak yg ketipu dan kena fitnah,,

  2. Hima berkata:

    report saja pak

  3. Lebih afdolnya memang langsung ke polisi aja pak. Harus segera dicapture nama pemilik domain sebelum diprotect informasi domainnya.

  4. Albadr Nasution berkata:

    Iya pak, nggak bisa dibiarin situs kayak gini. Main asal catut konten orang buat mengesankan kalau dia sudah banyak “pelanggan” pula. Tapi emangnya polisi mau ngurusin yang kayak gini ya pak?

  5. regisanda berkata:

    penipu yang tertipu

  6. rinai hujan berkata:

    apa ga sebaiknya hal2 yg bersifat akademik dibuat tertutup saja pak, hanya yang berkepentingan saja yg bisa mengakses informasi yg dibutuhkan ..

    • rinaldimunir berkata:

      Hmmm…kalau paper karya ilmiah memang sudah tradisinya selalu dipublikasikan. Bulan Oktober 2012 nanti ITB malah akan meng-online-kan paper-paper TA dalam bentuk prosiding online sebagai tindak lanjut Surat Edaran Dirjen Dikti tentang kewajiban publikasi paper bagi mahasiswa S1 sebagai syarat kelulusan. Kalau memang orang bermaksud tidak baik, dia akan mempunyai resources makalah TA yang lebih banyak lagi dengan adanya prosiding online tersebut.

      • chrhad berkata:

        Justru jika sudah ada prosiding online, seharusnya orang yang bermaksud tidak baik tersebut dapat lebih sulit dalam melakukan aksinya. Karena sepengetahuan saya, kalau sudah diberi nama “prosiding”, biasanya ada hak cipta (copyright) yang melekat pada dokumen tersebut.

  7. Hafidz berkata:

    Dimulai dari judul posting menunjukkan kekurangbesaran hati bapak mensikapi masalah ini. Di situs itukan sudah ada nomor kontak yang bisa dihubungi, pertama tinggal kasih tau kalo bapak keberatan jika skripsi2 mahasiswa bapak ditampilkan disitu. cari cara2 yang elegan. kalo dari isi posting ini menunjukkan arogansi bapak sebagai dosen,bahkan mirip preman yang mencari2 dukungan, bagaimana jadinya kalo memiliki wewenang yang lebih tinggi lagi. peace…..

    • Arista berkata:

      Setuju!

    • adeputu berkata:

      @Hafidz:
      Arogansi gimana? Yang namanya karya cipta itu harus dihargai, Pak. Ini sudah jelas yang bersangkutan tidak mencatut nama pemilik, ini sudah melanggar. Yang lebih nyeleneh, dimasukkan ke dalam daftar pembuatan jasa gelap pula, gimana ga marah.

      • Hapidz berkata:

        Mulailah dari diri sendiri! … anda pernah menggunakan komputerkan? yakin windows yang anda gunakan resmi? sudah berapa tahun anda menggunakan windows bajakan? setaun? dua taun? bertahun2… hmmm…. *moral story: Perbaiki diri dulu, baru orang lain…

    • Rinaldi Munir berkata:

      Mas Hapidz (siapapun anda, apakah seorang pembajak atau mahasiswa pengguna bajakan), Windows dan pembajakan skripsi itu dua hal yang berbeda kasusnya, tetapi sama buruknya. Windows adalah soal dagang, sedangkan skripsi tidak untuk dijual. Tolong pahami hal ini baik-baik. Jangan mencari alasan-alasan untuk membenarkan perilaku curang.

      • Hapidz berkata:

        Siapa yang membenarkan perilaku curang, di kalimat yg mana? jangan mengada-ada, dan jangan sembarangan menuduh orang sbg pembajak atau pengguna bajakan pak…hati2 pak. bapak ngomong skripsi gak boleh ‘dijual’, tapi dikampus s2 saya buku2 luar dengan mudahnya di copy/diperbanyak (dibajak) untuk mahasiswanya. JAngan hanya terus2an menyalahkan mahasiswa, pihak kampus terutama dosen pun perlu introspeksi. Kalo ndak mau introspeksi berarti hatinya sudah memBATU. Dosen sekarangpun menjual ilmunya.

      • rinaldimunir berkata:

        Bukan mas Hapidz yang berperilaku curang, tetapi orang yang melakukan pembajakan skripsi itu (yang punya situs web jual beli skripsi itu).

  8. gamexeon berkata:

    Ketika anda sudah mempublish maka sulit untuk dibendung.
    lebih baik bapak stand alone, masalah pembajakan aku yakin pendidikan di indonesia masih salah. sebaiknya anda sebagai dosen berkaca juga. apakah semua yg bapak berikan bersih?.

    terbukti dari ratusan ribu yg mengaku dosen, doktor, bahkan prof di indonesia tidak memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia bahkan dunia, terbukti dari jurnal yg tidak qualified untuk di publish. secara internasional.
    bahkan ada tuh yg catut jurnal orang, dari ITB yah klo gak salah.

    boleh tau jurnal bapak, proc bapak?
    hehe..
    terbongkarlah kebobrokan pendidikan kita

  9. rukidi berkata:

    pak tolong ajarin saya dong el gamal

  10. james berkata:

    aya-aya wae

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s