Berkunjung ke Sekolah SMA 1 Padang yang Baru

Minggu lalu saya pulang ke Padang dalam rangka berziarah ke makam orangtua berhubung sudah mendekati bulan puasa Ramadhan yang tidak lama lagi. Ibu dan ayah saya sudah tiada (ibu baru meninggal bulan November 2011 yang lalu). Di sela-sela pulang kampung saya menyempatkan diri mengunjungi bekas sekolah saya yang dulu, yang telah menghantarkan saya kuliah di ITB hingga berkarir menjadi dosen hingga sekarang.

Gedung sekolah SMA 1 Padang yang saya kunjungi adalah gedung baru yang terletak di kawasan Belanti. Gedung sekolah yang lama di Jalan Sudirman (pusat kota) rusak parah akibat gempa besar tahun 2009 (baca tulisan saya yang terdahulu yang berisi foto-foto SMA 1 Padang setelah gempa).

Oleh Pemerintah Kota, sekolah saya ini dipindah ke kawasan baru yang lebih tenang. Pembangunan gedung sekolah didanai oleh sebuah Yayasan Budha yang banyak mendanai kegiatan sosial di tanah air.

Area sekolah yang baru sangat luas (tidak sempit seperti di lokasi yang lama). Gedung dibangun berlantai tiga. Di lantai paling atas terdapat shelter yang dapat menampung ribuan orang apabila terjadi tsunami di kota Padang (yang dipredikasi oleh para ahli geologi bakal terjadi, karena kota Padang terletak persis di depan patahan sesar Mentawai, tetapi mudah-mudahan saja jangan pernah terjadi). Di puncak lantai paling atas konon juga terdapat sebuah helipad (tapi saya tidak sempat melihatnya).

Saya menjelajahi seluruh bangunan di gedung yang baru itu. Di bawah ini oleh-oleh berupa foto-foto jepretan kamera ponsel saya, semoga dapat menghilangkan rasa penasaran bagi para alumni SMA Padang yang belum mengetahui sekolah baru alamamater kami.

Aula besar menyambut kedatangan kita ketika menapakkan kaki memasuki gedung sekolah. Ada tulisan Asmaul Husna (99 nama-nama Allah yang indah) dan sebuah pepatah cina di gerbang aula. Nama-nama Asmaul Husna itu untuk menegaskan bahwa orang Minang sangat lekat dengan agama Islam. Pepatah cina untuk mengingatkan gedung sekolah ini didanai oleh Yayasan Budha.

Deretan piala prestasi siswa menyambut kehadiran kita

Foto-foto para Kepsek yang pernah menjabat Kepala Sekolah. Kepsek saya waktu itu adalah Pak Rusdi. Masih hidupkah dia? Semoga Allah SWT memberkahi beliau.

Lorong antar kelas yang lapang dan terang di lantai 1.

Tulisan yang berbeda-beda pada setiap tangga yang mengingatkan para siswa agar selalu jujur, disiplin, taat pada orangtua dan guru.

Pemandangan tangga antar setiap lantai

Galeri yang memajang karya seni para siswa di lantai 3

Foto sudut galeri

Galeri seni lebih dekat

Masjid sekolah yang terletak di samping kiri halaman depan sekolah

Foto masjid sekolah tampak depan

Gedung olahraga di samping kanan halaman depan sekolah

Foto gedung olahraga tampak depan

Plang nama gedung olahraga sekolah

Saya berdiri di halaman depan sekolah

Foto sekolah dari kejauhan

Prasasti peresmian

Dengan sekolah yang luas, bangunan baru yang megah, sarana yang lengkap — apalagi dengan predikat sekolah RSBI — tidak ada alasan buat para siswa-siswanya berprestasi di tingkat nasional (sayangnya belum terdengar pemenang olimpiade sains dari sekolah ini).

Pos ini dipublikasikan di Cerita Ranah Minang. Tandai permalink.

8 Balasan ke Berkunjung ke Sekolah SMA 1 Padang yang Baru

  1. Ira berkata:

    Wow Rinaldi! I love this new building! Lokasinya dimana ya?

  2. yusnidar berkata:

    Benar-benar bagus…. tapi karena kita belajar dan lulus di SMA 1 yang di Sudirman, agak kurang terasa ikatan emosionalnya. Foto-foto gedung yang di Sudirman ada gak Rin?

  3. Catra berkata:

    Kalau tidak salah, Rizal Afghani, ketua angkatan saya ukm07, peraih medali emas Fisika olimpiade sains nasional, pak. Rizal alumni SMA 1 Padang

  4. renieldawati berkata:

    Jd terkenang masa2 waktu sekolah..tp pas itu msh di sudirman..nongkrong di kantin nya nanang,n kantinnya papa di blkg..masa2 paling indah…

  5. Gede Yudiarta berkata:

    makan di kantin nanang lebih adem saat jam belajar

  6. catra berkata:

    Misi mas saya mau tanya kalau pl disna biasanya kayak mana ya mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s