Awal Kuliah Semester 1 Setelah Lebaran

Bulan Ramadhan selalu bergeser maju relatif kira-kira 10 hari terhadap penanggalan Masehi. Dulu bulan Ramadhan pernah beririsan dengan bulan Desember (lebaran dan natal berdekatan), sekarang sudah jauh menuju bulan Juli. Awal tahun ajaran baru di ITB tidak pernah bergeser pada bula Agustus, kalau tidak awal Agustus ya pertengahan Agustus. Tetapi karena “tanggung” dengan libur lebaran Idul Fitri, maka awal tahun ajaran baru 2012/2013 tahun ini dimundurkan menjadi tanggal 27 Agustus 2012.

Ini berarti kuliah tidak lagi bersamaan dengan bulan puasa, tetapi setelah bulan puasa. Alhamdulillah, ini artinya kami yang melaksanakan puasa bisa lebih khusyu’ dan tenang dalam menjalankan ibadah puasa. Mahasiswa muslim juga “diuntungkan” tidak perlu mengerjakan tugas kuliah pada malam-malam yang utamanya untuk shalat tarawih. Mahasiswa non-muslim juga “diuntungkan” tidak perlu repot-repot mencari warung makan yang buka pada siang hari, karena sebagian besar rumah makan atau warung nasi tutup selama siang hari bulan puasa. Praktis karena tidak ada aktivitas kuliah selama bulan puasa maka mahasiswa masih berada di rumah orangtuanya masing-masing.

Sebenarnya ibadah puasa tidak menghalangi melakukan aktivitas fisik apapun. Kuliah dan mengajar tetap saja seperti biasa. Namun, perasaan lelah, haus, dan lapar tetap saja muncul kalau sehari mengajar beberapa kelas, ditambah kalau ada seminar dan sidang TA. Manusisawi saja itu, saya kira. Kalau tidak ada aktivitas perkuliahan selama Ramadhan maka waktu siang bisa diisi dengan kegiatan lain seperti penelitian, bimbingan TA, dan lain-lain. Jadi, selama bulan puasa tetap saja beraktivitas yang bermanfaat. Saya punya resolusi selama bulan Ramadhan ini untuk tadarus Al-Quran pada siang hari di kantor.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1433 H / 2012 M, dan selamat menyonsong semester baru di ITB.

Tulisan ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s