Ucapan Selamat Datang Mahasiswa Baru ITB dari Masa ke Masa

Kalau anda memasuki kampus ITB hari-hari ini, di depan Aula Barat ITB terpasang spanduk ucapan selamat datang bagi mahasiswa baru ITB Angkatan 2012 yang saat ini sedang menjalani proses registrasi ulang.

Siapapun alumni ITB pasti merasa ada yang berubah dengan tagline di spanduk itu. Dahulu bunyinya adalah “SELAMAT DATANG PUTERA-PUTERI TERBAIK BANGSA”, sekarang telah berubah menjadi “SELAMAT DATANG BAGI CALON PEMIMPIN GLOBAL DI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG”.

Apakah ini berarti mahasiswa baru ITB tahun ini bukan lagi putera-puteri terbaik bangsa? Saya kira bukan begitu, yang masuk ITB tetap mahasiswa pilihan, hal itu tercermin dari nilai rata-rata ujian SNMPTN mahasiswa baru ITB yang selalu tertinggi di kategori IPA (beritanya ada di sini).

Saya setuju ucapan “putera-puteri terbaik bangsa” itu tidak usah dicantumkan lagi, sebab dapat memberi efek psiko-negatif yaitu membuat mahasiswa baru ITB merasa jumawa, pongah, angkuh, sombong, atau semacamnya karena merasa sebagai orang-orang pilihan. Saya pribadi tetap menginginkan alumni ITB selalu rendah hati, tidak angkuh dan arogan seperti yang selama ini dikesankan orang.

Perubahan tagline dari putera-puteri terbaik bangsa menjadi calon pemimpin global memang sudah seharusnya. Sekarang ini era global, maka alumni ITB seharusnya mampu berkiprah di percaturan global (dunia), tidak hanya di dalam negeri. Baiklah, apapun alasannya, yang penting jangan lupa peribahasa ini ya: “Think globally, but act locally“.

Sungguh menarik untuk mencermati bunyi tagline di spanduk ucapan selamat datang bagi mahasiswa baru ITB dari masa ke mas. Pada tahun 2010 bunyi ucapan di spanduk adalah “SELAMAT DATANG PARA CALON PEMIMPIN BANGSA” seperti foto di bawah ini. Sumber foto adalah dari sini.

Jadi, dari CALON PEMIMPIN BANGSA berubah menjadi CALON PEMIMPIN GLOBAL. Ini adalah sebuah lompatan yang signifikan.

Pada tahu 2011 pernah ada sekelompok mahasiswa iseng yang membuat tulisan plesetan selamat datang. Bunyinya adalah “SELAMAT DATANG PUTERA-PUTER TERBAIK TERKAYA BANGSA”. Kata “TERBAIK” dicoret dan diganti dengan “TERKAYA”. Tulisan tersebut bernada sindiran kepada ITB karena uang pangkal masuk ITB yang tergolong mahal (Rp 55 juta). Sumber foto dari sini.

Sindiran tidak hanya karena uang masuk yang mahal, tetapi juga karena mahasiswa zaman sekarang adalah produk Bimbingan Belajar (Bimbel), seperti bunyi spanduk selamat datang pada tahun 2005 di bawah ini yang membuat pembacanya tersenyum:

Baiklah, kepada mahasiswa baru ITB, saya ucapkan selamat datang di kampus Ganesha, selamat belajar dan menimba ilmu di sini. Semoga ilmu anda bermanfaat bagi bangsa dan negara, seperti slogan mahasiswa ITB yang terkenal: untuk Tuhan, bangsa, dan alamamater.

Tulisan ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

11 Balasan ke Ucapan Selamat Datang Mahasiswa Baru ITB dari Masa ke Masa

  1. garien berkata:

    Sy tertarik dg kalimat pak Rinaldi : “yang masuk ITB tetap mahasiswa pilihan, hal itu tercermin dari nilai rata-rata ujian SNMPTN mahasiswa baru ITB yang selalu tertinggi di kategori IPA”
    Betul pak untuk IPA sy dari dahulu sangat setuju, tp untuk kategori IPS (FSRD dan SBM) ada diperingkat brp ya ?
    Btw, putra/i pak Rinaldi sdh kuliah di ITB apa msh di SMA ? Trm ksh.

    • rinaldimunir berkata:

      Masih SMP Pak, masih kecil.

    • MBA ANA RIAU berkata:

      saya sangat mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH-RONGGENG atas bantuan MBAH kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH dan MBAH-RONGGENG pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu [8585] dan alhamdulillah berhasil..dpt 124 juta sekali lagi makasih yaa MBAH dan akhirnya saya menang..??? Berkat angka GHOIB nya AKI dan smua hutang2 saya sdh lunas dan kini kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya mau merubah nasib silahkan HUB MBAK-RONGGENG DI NO;085-256-200-352 /////////////////////////////////////////////

  2. garien berkata:

    nilai tertinggi ujian SNMPTN mahasiswa baru ITB diterima di Fakultas mn pak ? Apkh di STEI, FTI, FTMD dst ? Trm ksh.

  3. zulhaerana berkata:

    produk bimbel emang benar pak. aku adalah salah satunya. menurut saya proses belajar di bimbel lebih efektif dibanding sekolah

  4. enos18 berkata:

    saya suka dengan tagline “selamat datang putra putri terbaik BIMBEL , karena pada akhirnya BIMBEL lah yang membantu proses belajar mengajar, walaupun saya bukan produk BIMBEL pak :p

  5. NggakBisaGituDong berkata:

    Gw nggak ngerasa anak-anak ITB sombong, kok (malah gw ngerasa mereka lebih rendah hati). Dan ini gw ngomong sebagai alumni PTS. Cuma, emang ada sih PTN tertentu yang gw rasa mahasiswanya sombong. BIasanya anak Depok yang rada pongah itu. Elus dada deh gw ngadepin yang kayak gitu.

  6. Sial Loyon berkata:

    Kenapa harus diganti…kalau memang kenyataannya kita betul2 putra-putri terbaik bangsa..coba kita lihat diinstitusi tentangga..yang mengklaim Akademi Angkatan..Ber*** RI…yang selalu mengklaim bahwa lulusannya merupakan yang terbaik…padahal lihat..apanya yang terbaik….hanya pengerogot uang rakyat..rajanya koruptor….sarangnya mafia….
    Banyak alumni ITB yang bekerja diluar negeri dan Swasta sebagai penyetor pajak tertinggi bagi negara…dan pemberi makan negara….
    Jadi Alumni ITB memang yang terbaik ko….kenapa mesti munafik?

  7. rema berkata:

    @garien: kata dosenku, hasil snmptn tertinggi thun ini diperoleh FTTM

  8. Selamat datang di kota Jogja Istimewa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s