Magister (S2) Informatika ITB Mendapat Akreditasi “A”

Ini kabar gembira bagi kami di STEI-ITB. Program Magister Informatika (S2-IF) ITB telah diakreditasi oleh BAN-PT dan memperoleh akreditasi A. Adapun rincian keterangannya sebagai berikut:
a. Nilai Akreditasi: 374 (361 – 400)
b. Peringkat: A (sangat baik)
c. Berlaku mulai dari 3 Agustus 2012 s.d 3 Agustus 2017

Anda dapat membaca surat dari BAN-PT tersebut pada pranala ini: http://stei.itb.ac.id/file/stei-files/20120927-Akreditasi-S2-Informatika.pdf

FYI, di Indonesia semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta harus terakreditasi oleh sebuah lembaga akreditasi resmi yang ditunjuk oleh negara, dalam hal ini BAN-PT. Yang diakreditasi oleh BAN-PT adalah Program Studi (Prodi) di dalam perguraun tinggi tersebut, jadi bukan perguruan tingginya yang diakreditasi. Diakreditasi artinya telah dinilai dan jika lolos akreditasi maka ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan tersebut diakui dan dinyatakan sah oleh negara dan dapat digunakan untuk keperluan selanjutnya (misalnya melamar pekerjaan atau mengambil program pendidikan yang lebih tinggi lagi). Adanya peringkat A, B, dan C menunjukkan nilai yang diberikan oleh BAN-PT. Akreditasi A berarti standard penilaian yang diberikan oleh BAN-PT dipenuhi secara lengkap oleh Prodi tersebut. Makin rendah nilai akreditasinya berarti banyak spek penilaian yang kurang memenuhi standard. Makin tinggi nilai akreditasinya makin bagus kualitas Prodi di PT tersebut. Selain ketiga nilai tadi ada pula kategori tidak/belum terakreditasi, artinya tidak memenuhi syarat untuk diakreditasi.

Akreditasi tidak hanya untuk Prodi di PTS, tetapi juga untuk semua Prodi di PTN. Dahulu hanya PTS yang diakreditasi sehingga kita pernah mengenal status PTS yang “DISAMAKAN”, “DIAKUI”, dan “TERDAFTAR”. DISAMAKAN artinya ijazahnya disamakan kualitasnya dengan PTN, sedangkan kalau DIAKUI dan TERDAFTAR tingkatannya lebih rendah lagi. Namun akreditasi untuk PTS saja dianggap tidak adil, karena meskipun bernama PTN belum tentu kualitasnya lebih baik daripada PTS di tempat lain yang mempunyai reputasi yang panjang. Oleh karena itu, untuk memenuhi asas keadilan, semua PT baik PTN maupuna PTS haris diakreditasi oleh sebuah lembaga yang netral, dalm hal ini BAN-PT. Jadi, meskipun bernama ITB, belum tentu semua Prodi di ITB memperoleh akreditasi A. Beberapa tahun lalu sebuah Prodi di ITB pernah mendapat nilai B.

Akreditasi sebuah perguruan tinggi berguna sebagai panduan bagi user (calon mahasiswa) dalam memilih perguruan tinggi. Juga berguna bagi pemakai lulusan perguruan tinggi dalam menyeleksi atau menilai pelamar kerja. Harus diingat bahwa masa berlaku akrediatsi itu lima tahun dan sesudah itu Prodi tersebut harus diakreditasi lagi apakah masih tetap nilainya atau turun atau naik.

Untuk melakukan akreditasi, beberapa orang asesor yang ditunjuk oleh kantor BAN-PT mengunjungi perguruan tinggi yang akan diakreditasi. Di sana mereka memeriksa banyak hal: kurikulum, fasilitas fisik (lab misalnya), perpustakaan, tugas akhir/tesis, karya dosen (makalah, buku), memwancarai mahasiswa, dosen, dan alumni, dan sebagainya. Perguruan tinggi harus menyiapkan segala dokumen yang dibutuhkan untuk diperksa oleh asesor, PT juga harus mengisi banyak borang (formulir). Wah, pokoknya repotlah dan merupakan pekerjaan yang ribet, menguras waktu, dan melelahkan. Oleh karena itu saya mengucapkan salut kepada teman-teman saya yang telah bekerja keras menyiapkan proses akreditasi ini.

Makin banyak Prodi di perguruan tinggi di Indonesia yang terakreditasi, makin bagus kualitas pendidikan di tanah air kita, syukur-syukur banyak yang mendapat akreditasi A atau B.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Informatika. Tandai permalink.

5 Balasan ke Magister (S2) Informatika ITB Mendapat Akreditasi “A”

  1. arizona berkata:

    Saya adalah seorang lulusa SMU dan tidak melanjutkan karena tidak ada biaya,sekarang saya bekerja sebagai karyawan swasta,informasi diatas tentang akreditasi menambah pengetahuan saya,karena selama ini yang ada dipemikiran saya yang didaftar kan BAN – PT adalah universitas atau lembaga pendidikan ternyata program pedidikannya ya.dan satu lagi yang masih mengganjal dipikiran saya.apakah program yang tidak terakreditasi sertifikat kelulusa atau ijazahnya dianggap tidak sah/ tidak berlaku/bodong?karena adik saya saat ini kuliah dimana program yang diambil belum terakreditasi?dan apakah proses penggurusan akreditasi tersebut memiliki batas maksimal ? demikian harap dijawab pertanyaan saya.

    • rheza berkata:

      Maaf kalo salah, masalah akreditas itu cuman butuh proses penilainanya, biasanya paling rendah itu akreditas nya “C”, biasanya fakultas baru mungkin lumayan lama untuk naik peringkat akreditas. Masalah sah apa tidak nya, kalo perguruan tinggi atau sekolah tinggi yang sudah terdaftar di Dinas pendidikan itu sah. Masalah akreditas biasanya kalo mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Misalkan dari sekolah tinggi A ke Magister ITB program studi Informatika yang akreditas nya ‘A’, maka tidak bisa, harus di setarakan dulu Akreditas dari perguruan lamanya atau biasanya ada tes khusus saringan masuk jika perguruan tinggi / sekolah tinggi pemohon akreditas nya tidak sama. Mungkin ada berapa info dari yang slh mungkin hrs di koreksi lagi.

  2. ujang berkata:

    kasihan sekali pertanyaan dari arizona tidak dijawab

  3. Yohana berkata:

    Pak rinaldi, utk mendapatkan copy sertifikat akreditasi yang terlegalisir bisa diminta kemana ya.

    • rheza berkata:

      kalo minta copy sertifikat akreditasi mungkin susah, cuman kita bisa lihat di situs ban-pt nya langsung BAN-PT>. Di website ban-pt lengkap tanggal kadaluarsa akreditas perguruan tinggi nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s