Bandara Husein Bandung Makin Ramai Saja (Andai Ada Penerbangan Bandung – Padang)

Wah, Bandara Husein Sastranegara Bandung makin ramai saja dengan maskapai yang melakukan penerbangan dari dan ke Bandung. Semakin banyak saja rute penerbangan langsung dari bandara ini. Dulu Bandara Husein sering diplesetkan sebagai “bandara hiji” (hiji dalama bahasa Sunda artinya satu), karena dalam sehari hanya ada satu penerbangan di sana yaitu Bandung – Surabaya (terus ke Denpasar) yang dilayani oleh satu maskapai, Merpati.

Bandara Husein Sastaranegera Bandung. Ini foto ketika saya sekeluarga jalan-jalan ke Bali tahun 2011 yang lalu

Sekarang? Wah, banyak sekali pilihan terbang dari Bandung, tidak hanya Air Asia saja yang meramaikan Bandara Husein, tetapi sekarang sudah ada Garuda, Lion Air, Batavia, Sriwijaya, maskapai baru seperti Sky Aviation dan Royal Pacific. Padahal Bandara Husein ini kecil saja namun sekarang kebanjiran penumpang dan maskapai. Nih beberapa rute penerbangan langsung yang saya ketahui dari dan ke bandara Husein:

Rute domestik:
1. Bandung – Surabaya (rute klasik sejak dulu ada, dilayani oleh Merpati, Lion, Garuda, Air Asia, Sriwijaya)
2. Bandung – Denpasar (rute klasik sejak dulu ada, dilayani oleh Merpati via Surabaya, Lion, Air Asia, dan terbaru oleh Garuda)
3. Bandung – Medan (Lion, Air Asia)
4. Bandung – Pekanbaru (Lion Air, Air Asia)
5. Bandung – Yogyakarta (Merpati, Lion)
6. Bandung – Semarang (Merpati, Royak Pacific)\
7. Bandung – Banjarmasin (Lion)
8. Bandung – Balikpapan (Lion)
9. Bandung – Makassar (Lion)
10 Bandung – Bandarlampung (Merpati, Sky Aviaton), bisa terus ke Palembang katanya
11. Bandung – Jakarta (Merpati, Susi Air)
12. Bandung – Pangandaran (Susi Air)
13. Bandung – Batam (Lion)

Rute internasional:
1. Bandung – Kuala Lumpur (Air Asia, Malaysia Airlines), bisa terus ke Bangkok, Vietnam, dsb
2. Bandung – Singapura (Air Asia, Batavia)
3. Bandung – Johor (Tiger Airways)

Sebagai orang yang sering melakukan perjalanan jauh, saya tentu senang ada rute penerbangan langsung dari Bandung. Jadi, saya — dan saya kira masyarakat lain di Bandung sependapat dengan saya — tidak perlu repot jauh-jauh ke Bandara Soekarno-Hatta Jakarta untuk naik pesawat ke tujuan kota lain. Kalau ada penerbangan langsung dari Bandung kenapa harus ke Jakarta. Pergi ke Bandara Soeta perlu “perjuangan” menembus kemacetan Jakarta, butuh waktu tiga setengah hingga empat jam ke Bandara Soeta kalau normal, bisa lebih lama lagi pada jam-jam macet di Jakarta. Kalau mau terbang pagi dari Bandara Soerta, maka dari Bandung harus berangkat jam 1 atau jam 2 dinihari, masih terkantuk-kantuk gitu lho. Kalau terbang dari Bandung nggak perlu buru-buru, dari rumah saya ke Bandara Husein cukup setengah jam saja, kalau dari kampus ITB ke bandara lebih cepat lagi, hanya 15 menit!

Seperti yang saya baca dari sini, Bandung menyumbang 15% penumpang di Bandara Soeta Jakarta. Jumlah yang besar menurut saya, oleh karena itu banyak maskapai yang membuka penerbangan langsung dari Bandung, malah katanya banyak maskapai lain yang antri mendaftar buka penerbangan dari Bandung. Kenyataan ini juga dipicu oleh Bandara Soeta Jakarta yang sudah overdosis penumpang, sudah sangat padat, sehingga Bandara Soeta sudah terlihat semrawut seperti terminal bis saja. Sudah tidak nyaman deh pokoknya. Di Bandara Soeta juga sudah sulit mendapatkan penerbangan yang on-time atau tepat waktu, karena pesawat harus antri untuk take-off dan landing. Dengan banyaknya maskapai yang buke rute dari Bandung maka saya pikir cukup membantu mengurangi kepadatan Bandara Soeta.

Cuma saya sedikit masgul karena belum ada maskapai yang membuka rute Bandung – Padang. Agak heran juga kenapa belum ada, padahal perantau Minang di Bandung dan sekitarnya banyak sekali jumlahnya, melebihi jumlah orang asal Riau, Banjarmasin, atau Makassar. Mereka kebanyakan mahasiswa, pegawai, dan pedagang yang membuka usaha di Bandung. Ini pangsa pasar yang menjanjikan. Para perantau di Bandung ini seringkali pulang kampung, dan kalau naik pesawat mereka harus ke Jakarta dulu. Coba deh kalau ada rute langsung Bandung – Padang, pasti penuh tuh pesawatnya. Dulu pernah ada rute Bandung – Padang yang dilayani oleh Merpati, tetapi hanya bertahan beberapa bulan saja, lalu tutup. Penyebabnya bukan karena tidak ada penumpang tetapi tahu sendirilah karena kondisi maskapai Merpati yang terancam bangkrut, pesawatnya sedikit dan sering grounded.

Sebagai urang awak di Bandung saya tentu berharap ada maskapai yang membuka penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Minangkabau, Padang, supaya saya bisa sering dan mudah kalau pulang kampung berziarah ke makam orangtua. Percaya deh, kalau dibuka, bakalan banyak tuh penumpangnya.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Bandung. Tandai permalink.

14 Balasan ke Bandara Husein Bandung Makin Ramai Saja (Andai Ada Penerbangan Bandung – Padang)

  1. nico berkata:

    belum ada tuh saya liat balikpapan – bandung di situs resminya lion air

  2. Melinda berkata:

    Sekarang engga bisa beli tiket Batavia air dengan rute Bandung – Singapore ya

  3. Yth. Pak Rinaldi Munir,

    Air Asia Indonesia tidak lama lagi akan membuka rute Bandung – Padang dan Bandung – Palembang. Kedua rute baru tersebut untuk menggantikan rute Bandung – Penang yang ditutup. Info rute baru ini juga sudah dapat dilihat di Website Air Asia, ada di bagian booking rute penerbangan dari Bandung. Tetapi belum tau kapan kepastian tanggalnya. Paling tidak, sampai saat ini sudah ada info yang menggembirakan mengenai rute Bandung – Padang. Teruslah berdo’a Pak..🙂

    Salam,
    Eko Budi Setiawan

  4. cal berkata:

    bandung-malang kapan ya. masa ke surabaya dulu

  5. jendriadi berkata:

    Saya juga merasa kewalahan bolak balik sebulan sekali ke Padang dari bandung karena harus melewati soekarnohatta. kapannih pak, Bandung Padang?

  6. Agus Supardi berkata:

    indonesia air balikpapan – bandung belum ada pembelian secara on line yaaaa……

  7. syahrialsaputra berkata:

    Sekarang Bandung-Padang dan Bandung-Palembang suka ada dilayani oleh Indonesia Air

    http://www.indonesia-air.com

    Rute BDO-DPS dilayani oleh GA,QZ,JT,QZ

  8. iyan berkata:

    Sya sering bolak balik kuala lumpur-bandung.Pengin banget ada lgi maskapai laen 2 ato 3 utk rute ini.Spy bsa bersaing dlm pelayanan…kapan ya?.Malaysia airline udh lama ga lgi ada ke bandung.

  9. Khairil berkata:

    Bandung – Padang sudah ada kok … Indonesia AIr… dan itu jadwalnya jam 06:00 pagi

  10. rediy berkata:

    Indonesia Air udah gak beroperasi lagi , ada penggantinya yaitu Express Air

    http://indo-aviation.com/2013/11/29/xpress-air-layani-rute-padang-bandung/

  11. Ping balik: Rute Baru Pesawat Express Air dari Bandung ke Padang | Catatanku

  12. ashari berkata:

    Buat Wings air, rute Bandung-Bengkulu-Sibolga cukup menjanjikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s