STEI-ITB Merealisasikan Jurnal Makalah TA

Wah, saya baru tahu kalau fakultas saya, STEI-ITB, telah meluncurkan jurnal makalah TA. Namanya “Jurnal Sarjana ITB Bidang Teknik Elektro dan Informatika”. Jurnal ini dibuat untuk merealisasikan surat edaran Dirjen Dikti tentang kewajiban publikasi karya ilmiah bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 sebagai syarat kelulusan (baca tulisan saya tentang hal ini). Tapi, tentu tidak hanya sekadar mengindahkan surat edaran Dikti tersebut, saya pikir ada tujuan lain yaitu untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di negara kita.

Laman web Jurnal Sarjana ITB Bidang Teknik Elektro dan Informatika

Klik URL http://stei.itb.ac.id/jurnal/index.php untuk masuk ke jurnal tersebut. Ketika tulisan ini dibuat ternyata jurnal sudah memiliki dua nomor edisi. Nomor edisi pertama adalah kumpulan makalah TA periode wisuda April 2012 yang lalu, dan nomor edisi kedua adalah kumpulan makalah TA periode wisuda Juli 2012. Sekarang akan memasuki nomor edisi ketiga untuk wisuda Oktober 2012 nanti. Memang jurnal tersebut “terbit” setiap kali wisuda (di ITB ada kali wisuda dalam satu tahun). Ada lima Pogram Studi di STEI-ITB, dan jurnal tersebut (akan) berisi makalah TA dari kelima Prodi tersebut.

Jurnal Sarjana STEI ini bentuknya daring (online) dan tidak (belum) punya versi cetaknya. Sepertinya memang akan terus dalam bentuk daring supaya bisa terindeks oleh mesin pencari, tetapi tidak tertutup kemungkinan untuk dibuat dalam bentuk cetak. Meskipun dalam bentuk daring, tetapi jurnal tersebut sudah punya dua ISSN masing-masing untuk versi cetak dan versi daring (Print ISSN: 2302-0040 ; Online ISSN: 2302-0040). Jurnal tersebut bersifat open, jadi siapapun dapat mengunduh makalah (full paper) dalam format pdf.

Mungkin ada yang bertanya, siapa reviewer makalah tersebut? Sebuah jurnal ilmiah yang baik adalah jurnal yang mengalami proses peer review. Sesuai ketentuan di fakultas saya, reviewer adalah dosen pembimbing dan dosen penguji sidang TA. Ketika mahasiswa sidang TA, mereka wajib meyerahkan makalah TA, nanti dosen pembimbing dan dosen penguji yang me-review-nya. Sederhana. Saya pikir untuk makalah setingkat S1 (yang tidak terlalu “seserius” makalah S2 dan S3) proses review sudah cukup seperti itu saja. Kalau melibatkan peer review dari luar cukup merepotkan apalagi makalah yang akan di-review sangat banyak dalam satu tahun.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Informatika. Tandai permalink.

3 Balasan ke STEI-ITB Merealisasikan Jurnal Makalah TA

  1. dedy syafwan berkata:

    mantap banget pak..perlu sekali ada update usulan teknologi informasi..insya allah dengan adanya ini akan menjadi salah satu masukan buat kemajuan teknologi informasi di indonesia.

  2. petra berkata:

    keren banget ini.

    yang penting ada dulu dan bisa diakses oleh banyak orang sih. toh saya yakin kualitas TA di STEI ITB juga sudah sangat bagus dibandingkan yang lain di Indonesia.

  3. rachavidya berkata:

    wah ada TA saya di sana, alhamdulillah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s