Informatika ITB Menuju Akreditasi ABET

Hari-hari ini Program Studi saya, Informatika (saya kurang suka menyebutnya “Teknik Informatika”) ITB, disibukkan dengan penyiapan materi untuk akreditasi ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology). Menurut laman Wikipedia ABET adalah lembaga akreditasi internasional yang mengakreditasi program pendidikan dalam bidang “applied science, computing, engineering, and engineering technology”. ABET beranggotakan berbagai orghanisasi profesi yang merepresentasikan bidang-bidang ilmu terapan, komputing, rekayasa, dan teknologi. Bila telah terakreditasi ABET maka pengaruhnya adalah pengakuan organisasi profesi internasional bagi lulusan sarjana dari Program Studi tersebut. Informasi tentang ABET dapat dibaca di situsnya, www.abet.org.

Terlepas dari pro dan kontra tentang ABET ini (karena ABET adalah sebuah organisasi non-pemerintah di USA, semacam LSM lah), saya pikir mendapat akreditasi dari organisasi profesi internasional (seperti IEEE) penting bagi lulusan kami. Yang diakreditasi oleh ABET adalah kurikulum pendidikan di Program Studi. Dengan akreditasi sesuai standard ABET maka kurikulum pendidikan di Informatika ITB memenuhi standard kualifikasi yang diharapkan oleh organisasi profesi tersebut. Artinya, lulusan Informatika ITB mempunyai kompetensi setara dengan lulusan computer science dari universitas top seperti MIT, Standford University, Carnegie mellon, Harvard, dan lain-lain.

Mahasiswa sedang mengerjakan tugas kuliah

Di ITB sudah ada empat Program Studi yang sudah terakreditasi ABET, yaitu Teknik kelautan, Teknik Elektro, Teknik Fisika, dan Teknik Kimia (baca berita ini). Laman di situs web ABET telah memuat keempat Prodi tersebut (lihat di sini). Saat ini sedang berlangsung proses penyiapan materi ABET untuk beberapa Prodi lain, termasuk Informatika.

Para mahasiswa tersenyum ketika sedang difoto di ruang kuliah 7602

Proses penyiapan akreditasi ABET itu tentu sangat melelahkan karena kami harus memformat ulang semua standard penilaian, materi kuliah, ujian, dan tugas-tugas kuliah sesuai ketentuan ABET. Tetapi, saya yakin, untuk memperoleh hasil yang terbaik kita memang harus bekerja keras, bukan?

Pos ini dipublikasikan di Seputar Informatika. Tandai permalink.

4 Balasan ke Informatika ITB Menuju Akreditasi ABET

  1. George_Josh_Bush berkata:

    sayang banget saya bukan mhsw informatika itb.. apa daya testing pun tak masuk😦

  2. Zulfikar Hakim berkata:

    Semoga lancar Pak!

  3. Ping balik: Terjemahan Nama Program Studi Informatika Menurut ABET | Catatanku

  4. Ping balik: Program Studi Informatika ITB Memperoleh Akreditasi ABET | Catatanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s