Berkunjung ke Korea (Bagian 2): Ke Distrik Gangnam Yuukk…

Ini lanjutan tulisan yang pertama (Berkunjung ke Korea (Bagian 1): Musim Dingin yang Menggigit)

Ke kota Seoul tanpa mengunjungi distrik Gangnam (baca: Kangnam) rasanya belum lengkap. Viral video klip lagu Gangnam Style (sila lihat videonya di sini) membuat banyak orang penasaran apa Gangnam itu. FYI, seperti dikutip dari laman Wikipedia, Gangnam Style atau “Gaya Gangnam” adalah sebuah singel K-pop tahun 2012 yang dinyanyikan oleh rapper Korea Selatan, Park Jae Sang, atau yang lebih dikenal dengan nama PSY (Sumber: laman Wikipedia ini). Saya sih tidak terlalu menyimak lagu ini, anak saya saja yang suka dan menyimpan videonya di ponsel.

Gangnam adalah sebuah kawasan di kota Seoul. Ini kawasan elit sebab banyak apartemen mewah, kedai, kafe, dan para pesohor Korea tinggal di sana. Nah, kami pun dibawa oleh pemandu ke kawasan ini, tepatnya di zebra cross di mana PSY menyeberang seperti terlihat di dalam video klipnya.

Zebra cross tempat PSY menyeberang di dalam video klip lagu Gangnam Style.

Zebra cross tempat PSY menyeberang di dalam video klip lagu Gangnam Style.

Zebra cross dari sudut lainnya

Zebra cross dari sudut lainnya

Atas: PSY menyeberang seperti dalam videonya. Bawah: Saya dan teman-teman dari ITB, Dikti, dan Kominfo narsis di zebra cross PSY

Atas: PSY menyeberang seperti dalam videonya. Bawah: Saya dan teman-teman dari ITB, Dikti, dan Kominfo narsis di zebra cross PSY

Saya dan teman-teman berfotolah di sini. He..he, karena saya tidak terlalu mahir bergangnam style, maka fotonya biasa-biasa saja ya tanpa bergaya gangnam.

Narsis di kawasan Gangnam

Narsis di kawasan Gangnam

Dari kawasan Gangnam kami melanjutkan perjalanan menuju bekas istana kerajaan Korea zaman dulu, namanya istana Gyeong Bok. Istana ini mirip seperti Forbidden City di kota Beijing, China.

Bekas istana kerajaan Korea zaman dulu. Ini bangunan utamanya.

Bekas istana kerajaan Korea zaman dulu. Ini bangunan utamanya.

Kami berjalan dengan kondisi hawqa sangat dingin menusuk tulang dan berjalan di atas tumpukan salju di kawasan istana. Huuuuuf… saya sungguh tidak kuat, kaki sudah hampir mau kram, telapak kaki sudah beku rasanya, dan hidung pun meler keluar ingus. Sungguh tersiksa rasanya berada di kawasan yang suhunya di bawah nol. Baju saya yang berlapis-lapis tidak mampu menahan hawa dingin. Memikirkan siksaan dingin ini, pikiran saya melayang ke Indonesia. Bagaimanapun tetap lebih enak tinggal di Indonesia dimana matahari selalu ada setiap tahun dan tidak ada salju yang membuat badan menggigil. Makanya banyak orang Korea senang tinggal di Indonesia karena cuacanya yang selalu hangat.

Patung dan tugu di halaman istana

Patung dan tugu di halaman istana

Saya berdiri dengan latar belakang kolam yang sudah berubah menjadi es.

Saya berdiri dengan latar belakang kolam yang sudah berubah menjadi es.

Perhatikan foto di atas. Nun di kejauhan terdapat sebuah bukit, di bawahnya terletak rumah kediaman resmi Presiden Korea. Ya, rumah Presiden Korea Selatan teletak dekat Istana Gyeong Bok. Kenapa di bawah bukit? Mungkin agar terlindung dari senjata yang ditembakkan tentara Korea Utara. Korea Utara adalah musuh Korea Selatan. Dua negara ini dulu satu tetapi terpecah dua akibat perang saudara. Kota Seoul dekat sekali dengan perbatasan Korea Utara.

Tahu tidak, Kedubes Anmerika terletak tidak jauh dari kediaman Presiden dengan penjagaan yang sangat ketat. Di Jakarta Kedubes AS juga terletak tidak jauh dari istana. Sepertinya di mana-mana Kedubes AS berada pada jarak yang tidak jauh dari pusat kekuasaan, mungkin kalau ada “apa-apa” maka mudah mengintimidasi kepala negara yang ditempatinya.

Pos ini dipublikasikan di Cerita perjalanan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Berkunjung ke Korea (Bagian 2): Ke Distrik Gangnam Yuukk…

  1. Monica berkata:

    wow jalan2 ke luar negeri.. nice post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s