Dunia (Belum) Akan Kiamat

Sebagian orang di dunia saat ini dihebohkan dengan berita dunia akan berakhir (kiamat) pada tanggal 21 Desember 2012. Ramalan kiamat itu didasarkan pada akhir kalender suku Maya di Amerika Latin yang menyatakan bahwa tanggal terakhir dunia ini adalah 21 Desember 2012. Tanggal 21 Desember itu bertepatan dengan kelahiran anak saya yang bungsu.

Heboh kiamat tahun 2012 sudah dimulai dua tahun lalu ketika film berjudul “2012” menjadi topik hangat di seantero dunia. Sebelumnya, umat manusia di dunia sudah sering meramalkan hari kiamat sejak berabad-abad yang lalu (baca ini: 9 Kiamat yang Gagal), namun tidak pernah terbukti.

Saya tidak percaya dengan ramalan-ramalan itu. Sebagai orang Islam –dan kebanyakan orang Islam pun berpandangan sama dengan saya– hari kiamat adalah rahasia Tuhan. Hanya Allah SWT yang tahu kapan terjadinya hari kiamat itu. Jangankan Nabi dan Rasul, para malaikat saja tidak mengetahui kapan akhir dunia ini. Allah berfirman:

“Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang, Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan.” (QS. Thaha:15).

Saya masih ingat pelajaran agama di sekolah dulu. Guru agama saya menerangkan bahwa sebelum hari kiamat benar-benar akan terjadi, Allah SWT menurunkan tanda-tandanya sebagai peringatan bagi manusia untuk segera bertaubat. Ada tanda-tanda kecil dan ada pula tanda-tanda besar. Tanda-tanda kecil misalnya — seperti dikutip dari laman ini— perzinahan dilakukan terang-terangan dan sudah menjadi suatu kebiasaan di masyarakat luas, banyak wanita yang berdandan/berpenampilan seperti pria, begitu juga sebaliknya, dan sebagainya. Untuk bacaan lebih lengkap tentang tanda-tanda hari kiamat, sila baca tulisan ini: Tanda-Tanda Hari Kiamat).

Tanda-tanda kecil memang sudah terjadi, tetapi tanda-tanda besar belum. Salah satu tanda besar yang saya ingat dari guru agama saya adalah bahwasanya nanti sebelum hari kiamat tiba, Nabi Isa a.s akan turun ke bumi bersama Imam Mahdi untuk meluruskan ajarannya. Para ulama meyakini bahwa Nabi Isa ketika dikejar oleh penguasa Romawi, dia diselamatkan Tuhan dengan mengangkatnya ke langit, tidak mati seperti yang diyakini oleh saudara-saudara kita dari iman kristiani. Sebagian ulama menafsirkan Nabi Isa itu masih hidup di sisi Allah SWT, dan nanti di suatu masa menjelang Hari Akhir ia akan diturunkan kembali ke bumi. Setelah beberapa tahun di bumi untuk meluruskan ajaran tauhid yang diterimanya dari Allah SWT, Nabi Isa akan diwafatkan oleh Allah SWT secara alami seperti manusia lain umumnya, dan barulah sesudah itu malaikat Israfil membunyikan sangkakala dimulainya kehancuran alam semesta.

Nah, saat ini belum terdengar berita ada orang yang mengaku Nabi Isa dan mewartakan akan meluruskan penyimpangan ajarannya. Itu artinya Nabi Isa belum diturunkan ke bumi, dan artinya belum pertanda dunia akan kiamat dalam waktu dekat ini. Jadi, kenapa ada orang yang mempercayai hari kiamat tanggal 21 Desember 2012? Wallahu alam bissawab, pengetahuan manusia sangat minim.

Pos ini dipublikasikan di Agama. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s