Memulai Pertama Kali Itu Sulit?

Setiap orang tentu pernah punya perasaan malas memulai sesuatu. Bagi mahasiswa, memulai untuk menulis TA itu kadangkala terasa berat: darimana memulainya? Apa yang harus ditulis? Dan sebagainya. Akibatnya pekerjaan menulis laporan TA terpaksa ditunda-tunda. Karena sering ditunda-tunda akhirnya berlarut berlama-lama.

Saya juga begitu, ketika memulai menulis buku atau bahan kuliah, seringkali juga menunda, ah nantilah, ah santai dululah, dan sebagainya. Sebenarnya menunda-nunda pekerjaan itu tidak baik, sebab hal itu pertanda malas. Malas adalah penyakit mental. Malas timbul karena kita cenderung memandang negatif ke arah masa depan, kita merasa pekerjaan yang dihadapi itu berat dan membebani pikiran, akibatnya kita tidak mempunyai semangat untuk memulainya.

Malas harus dilawan. Cara melawannya sederhana saja: kalau bukan saya yang mengerjakannya, lalu siapa lagi? Masa depan hanya saya sendiri yang menentukan, bukan orang lain. Kalau saya tidak memulainya, kapan akan selesainya? Jadi, saya harus mengerjakannya sekarang juga!

Biasanya kalau sebuah pekerjaan yang menjadi tugas kita sudah berhasil dimulai, maka semua inspirasi mengalir deras begitu saja, bahkan tidak bisa dihentikan karena keasyikan. Aneh ya? Padahal tadi memulainya sungguh sulit luar biasa.

Pos ini dipublikasikan di Renunganku. Tandai permalink.

6 Balasan ke Memulai Pertama Kali Itu Sulit?

  1. dhwan berkata:

    tulisan yang pas untuk saya saat ini pak. makasih🙂

  2. Ismail Sunni berkata:

    Kalau menurut saya, yang lebih sulit dari memulai itu adalah konsisten sampai selesai pak, terutama untuk pekerjaan yang long-term… istiqomah lah

  3. ferliblazzer berkata:

    aduh, jadi kesindir nih saya pa.. hehe😀
    izin nge reblog ya pa.?
    thanks.🙂

  4. ferliblazzer berkata:

    Reblogged this on Blazz Me! and commented:
    Ok, aku akan mencoba untuk memulai.!

Tinggalkan Balasan

