Rendang Padang Kemasan “made in” Bandung

Rendang padang tidak hanya menjadi masakan kesukaan orang Minang, tetapi orang seluruh nusantara dan dunia pun menggemari masakan yang enak ini. Saya sudah berkali-kali membahas tentang rendang padang, silakan baca tulisan saya yang ini, ini, dan ini.

Rendang padang yang asli adalah yang berwarna hitam atau agak kehitaman. Masalahnya di tanah rantau ini sukar mencari rendang yang asli itu, sebab kebanyakan yang dijual di rumah makan padang masih berbentuk kalio (berwarna coklat). Rendang yang hitam itu awet berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, asalkan tahu caranya. Rendang menjadi oleh-oleh kalau pulang kampung, atau masakan yang wajib dibawa kalau orang Minang hendak pergi jauh atau pergi menunaikan haji.

Saat ini sudah banyak dijual rendang dalam bentuk kemasan. Di Sumatera Barat sendiri mudah mencari rendang yang sudah dikemas dalam kotak alumunium foil, misalnya di toko oleh-oleh Christine Hakim di Jalan Nias, Padang. Kalau pulang kampung ke Padang saya sering membawa rendang dari toko ini, buat saya sendiri maupun pesanan teman di kantor.

Tidak hanya di Ranah Minangkabau, tempat asal rendang, rupanya di Bandung pun ada rumah makan yang memproduksi rendang padang dalam bentuk kemasan, namanya rumah makan Restu Mande (yang artinya restu ibu). Rumah makan ini terletak di Jalan Brigjen Katamso No. 71, Bandung (belakang PPI Infanteri). Pengusaha rumah makan ini memproduksi rendang daging sapi dan rendang ayam.

Kemasan rendang padang Restu Mande

Kemasan rendang padang Restu Mande

Saya sering membeli rendang kemasan di rumah makan ini. Anak-anak saya sangat menyukai rendang yang hitam itu. Rasanya enak dan asli seperti di Padang sendiri. Satu kemasan rendang ayam (orijinal, tidak terlalu pedas) dijual Rp50.000, kalau yang hot spicy (pedas) harganya Rp55.000. Rendang daging harganya Rp60.000, sedangkan yang pedas harganya Rp65.000 (harga saat ini).

Rendang dibungkus di dalam plastik yang kedap udara, lalu dimasukkan ke dalam alumunium foil ini agar tetap awet dan higienis.

Rendang dibungkus di dalam alumunium foil agar tetap awet dan higienis

Semua dagingnya adalah daging dengan kualitas terbaik (tanpa gajih atau lemak). Potongan daging rendang ayam mirip seperti daging sapi, dagingnya diambil dari dada ayam. Dalam satu kemasan itu terdapat lima potongan daging ayam berukuran kotak (kira-kira berukuran 4 cm x 4 cm x 2 cm) dan dedak rendang yang banyak.

Rendang ayam

Rendang ayam

Rendang ayam dilihat dari dekat.

Rendang ayam dilihat dari dekat.

Kalau anda tertarik dengan rendang kemasan produksi RM Restu Mande itu, bisa dilihat informasinya di web. Pengusaha rumah makan itu juga paham bahwa Internet sangat penting untuk mempromosikan produknya. Silakan klik laman web ini: www.restumande.com.

Pos ini dipublikasikan di Cerita Minang di Rantau, Makanan enak. Tandai permalink.

7 Balasan ke Rendang Padang Kemasan “made in” Bandung

  1. otidh berkata:

    Wah, info menarik nih pak. Saya baru tahu ada rendang kemasan. Jadinya sekarang saya punya pilihan lain oleh-oleh untuk keluarga sewaktu pulang kampung nanti, hehe.

  2. Zainum bin Hamad berkata:

    Rendang Padang banyak terdapat di Malaysia..khusus nyaq di Kuala Lumpur…Tak usah khuatir..sebab orang dari Padang juga yang mengusahakan nya di sini..

  3. rendang memang salah satu makanan paling terkenal di Indonesia. Tapi rasanya berubah ga ya kalo dikemas gitu?soalnya sy blm coba, coz kalo mau rendang di sebelah rumah ada restoran padang

  4. makanan paporit saya tuh an mantap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s