Di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang

Pulang dari Malang ke Bandung saya naik pesawat dari Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang. Tidak ada penerbangan langsung Malang – Bandung, jadi saya memilih rute Malang – Jakarta, baru nanti dari Bandara Soeta saya naik bis Primajasa ke Bandung.

Bandara Abdul Rachman Saleh adalah bandara yang kecil. Sebenarnya ini bukan bandara komersil, sebab bandaranya milik TNI-AU (Lanud TNI-AU), namun bandara dibuka juga untuk penerbangan komersil. Hal ini mirip seperti Bandara Husein Sastranegara di Bandung, sama-sama milik TNI-AU tetapi melayani penerbangan komersil. Hanya bedanya, Bandara Husein Sastranegara Bandung dikelola oleh PT Angkasa Pura, sedangkan Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dikelola oleh Pemda Malang.

Bandara Abdurrahman Saleh, Malang

Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang

Karena dikelola oleh Pemda, maka yang menarik adalah pajak bandara (airport tax) di Bandara Abdul Rachman Saleh sangat murah. Saya sungguh kaget ketika membayar biaya airport tax di sana hanya Rp11.000 saja. Murah sekali ya, sangat jauh bedanya dengan airport tax bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura yang besarnya Rp30.00 – Rp45.000 untuk tujuan domestik. Kok bisa semahal itu ya airport tax yang dipungut oleh Angkasa Pura? Kata petugas Dishub yang di Bandara Abdul Rachman Saleh, besaran Rp11.000 itu diatur di dalam Perda.

Suasana di depan bandara

Suasana di depan bandara

Cuma, ada juga kekurangannya karena tidak dikelola oleh Angkasa Pura. Kita tidak menemukan layar monitor yang menampilkan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat di Bandara Abdul Rachman Saleh. Layar monitor itu memang menampilkan informasi online dari server Angkasa Pura. Tapi, sebenarnya pihak Lanud Abdurrahman Saleh kan bisa membuat sendiri informasi kddatangan dan keberangkatan pesawat dan ditampilkan di layar monitor, meskipun informasinya tidak seakurat dari Angkasa Pura. Selain kekurangan di atas, ternyata kode kota Malang tidak tertera di dalam boarding pass. Misalnya Cengkareng dengan kode CGK, Bandung dengan BDO, Surabaya dengan SUB, maka Malang tidak ada kodennya.

Saat ini ada empat maskapai yang melayani penerbangan ke dan dari Malang, yaitu Garuda, Lion, Sriwijaya Air, dan Citylink, semuanya tujuan Jakarta. Di bawah ini saya tampilkan foto-foto suasana di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang. Saat ini sedang dibangun gedung bandara yang baru di sebelahnya.

Bandara tampak dari samping kanan

Bandara tampak dari samping kanan

Ruang kafetaria dan toko-toko

Ruang kafetaria dan toko-toko

Jalan masuk bandara yang mulus.

Jalan masuk bandara yang mulus.

Rangka gedung baru

Rangka gedung baru

Bandara tampak dari  landasan pacu

Bandara tampak dari landasan pacu

lahan di sekitar landasan pacu ditanami tebu.

lahan di sekitar landasan pacu ditanami tebu.

Rangka gedung bandara yang baru tampak dari landasan lacu

Rangka gedung bandara yang baru tampak dari landasan lacu

Pesawat Sriwijaya Air yang mendarat di bandara.

Pesawat Sriwijaya Air yang mendarat di bandara.

Pos ini dipublikasikan di Cerita perjalanan. Tandai permalink.

30 Balasan ke Di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang

  1. otidh berkata:

    Kalau tidak salah dulu pernah ada penerbangan Malang-Denpasar. Kurang tahu apakah sekarang masih aktif atau tidak rute tersebut.

    Selain itu, berita terakhir saya dengar kabarnya bandara Abdul Rachman Saleh akan ditingkatkan kelasnya menjadi bandara internasional, mengikuti jejak Husein Sastranegara. Potensi wisata di Malang Raya sebenarnya sangat lengkap. Mulai dari pantai sampai gunung ada. Sayang aksesnya belum memadai.

    • rinaldimunir berkata:

      Dhito, memang masih ada rute Malang – Denpasar yang dilayani oleh Lion Air. Jadi kalau kita ke Jakarta dari Malang dengan pesawat si raja hutan itu, maka kita transit dulu di Denpasar.

    • dede berkata:

      malang denpasar PP masih ada setiap hari..dilayani sama wing’s air..

      • slamet mintoyo h. berkata:

        tapi sungguh sangat disayangkan rute malang balikpapan tidak ada, padahal banyak mahasiswa dari kaltim kuliah di malang

  2. setuju dengan komentar di atas saya, kota Malang memiliki daya tarik wisata yang cukup lengkap, apabila aksesnya (termasuk bandara) diperbaiki, saya yakin akan berdampak positif, bahkan akan mampu mengurangi kemacetan di kota surabaya juga

  3. Maulana berkata:

    what a nice post…
    salam adem dari malang :)

  4. kami berharap ada penerbangan langsung malang balikpapan pp mengingat banyaknya pelajar kaltim yang kuliah di malang dan banyaknya warga kaltim yang sering berlibur ke kota batu.

  5. rahman berkata:

    Libur lebaran ini saya akan ke Malang tetapi waktu saya dimalang cuma seharian saja, minta saran, wisata terdekat yang bagus mana yang sebaiknya saya kunjungi mengingat waktu saya singkat sekali, terimakasih sarannya

  6. Fay berkata:

    Ada travel atau taxi resmi nggak ya ?

  7. Adhitya Ramadian berkata:

    jadi pengen pulang ke malang…

  8. Agus berkata:

    Saya biasa kalo dari Malang mau pulang ke Bandung lebih senang lewat Juanda Sby karena travel Malang-Juanda sekitar 2jam. Drpd travel SukarnoHatta ke Bandung yg bisa 5 jam. Dan tiketnya pun lbh murah drpd MLG-CGK.

  9. Bristia Saputra berkata:

    kapan Malang punya bandara yg berkapasitas Internasional ya……

  10. soeryoadjie berkata:

    Kami sebagai warga Kota Malang bersyukur `mempunyai Bandara Lanud.Domestik yang baik.

  11. syarif berkata:

    besok rabu 20/11/13 saya ke malang…kalo mau ke matos dari bandara malang naik bis ada gak yah?ongkos nya berapa yah

    • irfan berkata:

      wah kalo bis bandara ngak ada…naik taxi aja…..

    • Mg berkata:

      Naik taxi aja kl mau kematos, paling byr 50rb. Kl mo hemat naik angkot, tp sayangx nggak ada angkot masuk kebandarax, kl ada ojek bisa pk ojek minta keluar di SPBU lanjut angkot TA minta berhenti dijl. Simpang tenaga lanjut naik angkot AL, nah nih angkot berhentix pas dpn matos…..

  12. Yanti berkata:

    Sekarang sudah ada rute malang -balikpapan silahkan hub cahaya mega travel 0341-532949 , alamat di jl.mulyo agung pondok indah sengkaling no1. Depan taman wisata sengkaling

  13. DEVINA berkata:

    kalau ada info lowongan maskapai di abd. saleh tolong info

  14. Harbud berkata:

    malang-makasar yang sempat ada, kok ditutup?

  15. Erna Tolib berkata:

    Catatan perjalanan yg sederhana tp mengesankan. Ada byk informasi yg bs diketahui dr catatan kecil ini. At least, saya jadi kangen Malang, kota kecil berhawa sejuk tempatku menghabiskan masa kuliah.

  16. imam kanapi berkata:

    kalau butuh guide beserta carter kendaraannya (APV) bisa hubungi saya: Imam Kanapi, 08164291634

  17. pak rinaldi, ambo nompang batanyo ciek.., ambo barangkek dari pdg ka malang, tujuan balai besar pelatihan peternakan batu malang, naik apo yang lai capek kiro2 tu pak,,, ambo rencana ka turun di bandara abdurrahman saleh….
    tatimo kasih banyak sabalumnyo pak….

    • rinaldimunir berkata:

      Saat ini bandara Abdul Rachman Saleh sering buka tutup karena abu letusan Gunung Raung. Kondisi bandara tidak bisa diprediksi apakah pada saat anda nanti ke sana bandara dibuka atau ditutup. Selalu update berita. Jika tidak ingin berspekulasi, naik kereta api saja dari Gambir ke Malang (KA Gajayana), atau jika bandara Juanda Surabaya aman (tidak ditutup), maka via Juanda saja.

      Namun, jika anda tetap via bandara Abdul Rachman Saleh Malang, maka setiba di bandara ada taksi bandara (tidak banyak) menunggu. Dari bandara minta taksi ini menuju kota Batu. Jarak Batu-Malang tidak jauh, sekitar 30 km dan dapat ditempuh dengak taksi. Namun kalau mau agak nyaman, minta taksi mengantarkan anda ke pusat kota Malang saja (Malang Town Square), dari sana banyak taksi lebih bagus ke Batu. Taksi di Malang sudah biasa melayani rute Malang-Batu dan tidak dianggap tarif luar kota, semua taksi pakai argometer. Pengalaman saya dari Malang ke Batu tarif taksinya sekitar 60 ribu.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s