Selamat Buat Ridwan Kamil

Pilwalkot Bandung baru saja usai tadi siang. Pemenang versi Quick Count sudah diketahui yaitu pasangan Ridwan Kamil dan Oded. Persentase kemenangannya cukup mengejutkan yaitu sekitar 45 persen. Hasil ini sungguh mencengangkan, sebab sebulan yang lalu elektabilitas Ridwan Kamil masih di bawah dua pasangan lain yang potensial, yaitu petahana Ayi Vivananda-Nani Rosada dan Edi Siswadi-Erwan Setiawan. Nani Rosada adalah istri walikota Bandung yang sekarang, sedangkan Edi Siswadi adalah Sekda kota Bandung.

Pilkada kembali membuktikan bahwa dalam memilih pemimpin masyarakat lebih melihat figur calon ketimbang partai pengusungnya. Seperti diketahui Ridwan Kamil – Oded diusung oleh Partai Gerindra dan PKS. Saya tidak melihat kemenangan ini sebagai kemenangan partai pengusungnya, karena itu saya sangat heran ketika seorang pengurus partai mengklaim bahwa kemenangan Ridwan Kamil karena masyarakat masih mempercayai partai tersebut meskipun sering dihujat terkait isu korupsi impor daging sapi. Memang partai punya peran dalam kemenangan Ridwan Kamil meskipun tidak signifikan, hal ini tidak bisa diabaikan atau dinafikan juga, tetapi ketokohan calon lebih menentukan dalam pilihan masyarakat ketimbang melihat partai pengusungnya. Dalam hal ini faktor Ridwan Kamillah yang sangat menentukan kemenangan (saya sudah pernah menulis tentang Ridwan Kamil pada tulisan sebelumnya). Hal yang sama pada kemenangan Gubernur Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar lebih banyak ditentukan oleh faktor Deddy Mizwarnya, bukan karena partai pengusung Heryawan.

Ridwan Kamil, selain sudah dikenal oleh kalangan industri kreatif di kota Bandung dan cara kampanyenya yang kreatif, juga masih bersih dari isu korupsi. Dua pasangan calon potensial yang saya sebutkan di atas terkena efek gempa politik akibat isu korupsi Bansos. Pak Dada sudah beberapa kali dipanggil oleh KPK, sedangkan Edi Siswadi diberitakan ikut terseret kasus suap hakim Setyabudhi yang memutuskan kasus korupsi Bansos. Pemberitaan kasus tersebut bersamaan dengan masa kampanye Pilwalkot Bandung. Jadi sedikit banyak pasangan Ridwan Kamil – Oded “diuntungkan” juga oleh pemberitaan kasus tersebut. Sekali lagi media massa punya peran sangat penting dalam membentuk citra calon yang akan bertarung. Pemilih mengambang (swing voters) yang jumlahnya cukup besar menentukan keputusan pada hari-hari terakhir setelah melihat perkembangan kasus korupsi dana Bansos yang diberitakan secara masif dalam media lokal.

Selamat buat Ridwan Kamil yang -jika tidak ada aral melintang- memenangi Pilwalkot Bandung meskipun masih versi hitug cepat. Biasanya hasil hitung cepat tidak jauh berbeda dengan hasil hitung riil. Semoga kota Bandung menjadi lebih maju, menjadi juara, bebas kemacetan, bebas banjir, bersih dari sampah, dan bebas dari jalan berlubang-lubang seperti yang selama ini terjadi. Selamat menjalankan amanah warga yang memilihmu.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Bandung. Tandai permalink.

4 Balasan ke Selamat Buat Ridwan Kamil

  1. Budi Y berkata:

    Selamat, untuk pemenangnya. Saatnya bagi partai pengusung untuk tidak terlalu mencampuri agenda “walkot warga Bandung”. Saya masih ingat tulisan sebelumnya “hanya partai…yg bersedia mengusungnya”

  2. garien berkata:

    Alhamdulillah…… selamat kpd kang Ridwan Kamil. Semoga Bandung smakin merenah tur tumaninah (dlm semua aspek kehidupan). Karena beliau dari ITB (sbg alumni dan dosen Arsitektur) ya sebaiknya seluruh dosen dan mhs ITB juga berperan serta dalam membenahi Kota Bandung (termasuk membenahi mental moral warga Bandung).

  3. arifqodari berkata:

    Selamat kepada kang Ridwan Kamil.
    Ditunggu realisasi program – programnya.

  4. Alris berkata:

    Selamat buat kang Ridwan Kamil. Semoga bisa menjalankan amanah dengan baik. Kami berharap di tangan beliau Bandung bebas dari macet, banjir dan kesemrawutan. Semoga juga Bandung jadi kota pendidikan dengan biaya terjangkau bagi rakyat banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s