Spanduk “Selamat Datang Plat B di Kota Bandung”

Ketika melewati Jalan Diponegoro, saya melihat sebuah spanduk yang isinya cukup menyentil. Bunyinya begini: SELAMAT DATANG PLAT B DI KOTA BANDUNG, KOTA RAMAH, SANTUN, DAN BERSAHABAT. Boleh jadi spanduk tersebut sebagai efek kasus antara Persib dan Persija minggu lalu yang membuat takut orang Jakarta datang ke Bandung membawa mobil plat B.

030720133381

Jadi ceritanya begini, bus pemain Persib dilempari hingga kacanya pecah berantakan ketika memasuki kota Jakarta. Pelakunya diduga simpatisan atau pendukung Persija (disebut Jakmania). Rencananya Persib akan bertanding melawan Persija di Gelora Bung Karno sore harinya, tetapi batal akibat peristiwa kekerasan tersebut. Dengan cepat berita pelemparan bus Persib itu menjalar ke Bandung melalui media sosial, sms, dan instant messaging. Para bobotoh Persib pun meradang. Mereka menanti kepulangan bus Persib di mulut tol Pasteur. Jumlah bobotoh yang menunggu di jalan Terusan Pasteur ribuan orang sehingga jalanan menjadi lautan biru (warna kaos Persib).

Beredar isu bahwa para bobotoh akan melakukan balas dendam dengan merusak mobil plat B, meskipun hal itu dibantah oleh bobotoh. Mereka mengatakan bahwa justru kehadiran mereka untuk mengamankan mobil-mobil plat B supaya tidak menjadi sasaran kekerasan oknum bobotoh yang marah. Namun isu di dunia maya bisa dicerna macam-macam oleh orang yang menerimanya. Sebagian orang Jakarta yang akan ber-wiken ke Bandung menjadi takut, jangan-jangan mobil mereka menjadi sasaran bobotoh. Memang ada kejadian beberapa oknum bobotoh yang pulang malam ketika melewati Jalan Citarum merusak dua buah mobil plat B yang sedang parkir di depan sebuah kafe, padahal pemilik mobil plat B itu bukan orang Jakarta, ettapi dari Cikarang (Bekasi). Lagipula orang Bandung sendiri banyak yang memiliki mobil dengan plat B.

Efek ketakutan itu terasa. Warga Jakarta yang akan berliburan ke Bandung agak berkurang, padahal wisatawan terbesar ke kota Bandung adalah warga Jakarta. Meskipun saya tidak tahu berapa tingkat penurunannya, namun trauma itu agak sulit dihapus dalam waktu sekejap. Oleh karena itu, saya berpikir positif bahwa spanduk tersebut dipasang untuk memulihkan kepercayaan warga Jakarta untuk tidak takut datang ke Bandung.

030720133380

Cuman, setelah melihat siapa yang menjadi sponsor dana terhadap spanduk itu (yang ternyata sebuah Factory Outlet), saya jadi senyum-senyum sendiri. Tanya kenapa.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Bandung. Tandai permalink.

3 Balasan ke Spanduk “Selamat Datang Plat B di Kota Bandung”

  1. Linda berkata:

    semua akan lebih baik kalau kita berusaha

  2. pemikirulung berkata:

    terus terang saya merinding lihat poto spanduk ini..entah kenapa. karena saya juga ikut menyimak berita persija dan bobotoh waktu terjadi perusakan bis itu. dan di berita dikatakan mobil plat b yang dirusak di bandung malam itu jumlahnya sampai belasan. makanya wajar kalau orang jakarta takut masuk ke bandung. dan ternyata tidak masuknya orang jakarta ke bandung merugikan orang bandung sendiri (tepatnya tukang dagang, hehe), mungkin ini mirip dengan kalau orang aceh takut ke medan😀

  3. ranji agung berkata:

    sudah jelas itu karena si ‘sponsorer’ spanduk telah mengalami penurunan pengunjung hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s