Sukses Masuk PTN Karena Bimbel?

Minggu lalu di dalam sebuah suratkabar lokal Bandung ada iklan dua halaman penuh dari sebuah Bimbingan Belajar ternama. Iklan itu berisi daftar nama 20.300 orang siswa Bimbel tersebut yang diterima di berbagai PTN di seluruh Indonesia dengan ITB sebagai daftar paling depan. Ada 768 orang siswa Bimbel tersebut yang diterima di ITB. Mungkin kita perlu mengucapkan “Selamat datang putera-puteri terbaik Bimbel!”.

Benarkah mereka berhasil lulus masuk PTN karena Bimbel? Saya tidak yakin. Saya lebih percaya mereka bisa lulus masuk perguruan tinggi, khususnya masuk ITB, karena pada dasarnya mereka memang sudah pintar sejak di bangku sekolah. Saya malah yakin yang tidak lulus masuk PTN mungkin lebih besar dari angka 20 ribuan itu.

Menurut saya Bimbel tidak terlalu banyak memberikan dampak terhadap keberhasilan seorang siswa. Anak saya sendiri contohnya, karena terpengaruh teman-temannya, akhirnya ikut Bimbel beberapa bulan menjelang UN SD. Dari beberapa kali hasil try out di Bimbel itu, nilai ujiannya tidak jauh beda dengan hasil try out yang dilaksanakan di sekolahnya. Prediksi nilai UN-nya juga tidak jauh berbeda dengan kenyataan. Jadi, tiga bulan ikut Bimbel hasilnya tidak terlalu berpengaruh. Malahan temannya yang ikut Bimbel selama satu tahun mendapat nilai UN yang rendah. Kalau pada dasarnya kemampuan akademiknya biasa-biasa saja, ikut Bimbel atau tidak ternyata tidak signifikan.

Kebanyakan Bimbel mengajarkan cara menjawab ujian dengan cepat ketimbang mengajarkan konsep dan pemahaman. Mereka mengembangkan teknik-teknik rumus cepat dengan nama yang gagah. Oleh karena itu, namanya kurang tepat disebut Bimbingan Belajar, tetapi mungkin Bimbingan Test. Adanya Bimbel menurut saya menunjukkan ada ketidakpercayaan terhadap sistem pendidikan di sekolah.

Jika mereka menganggap metode pengajaran di Bimbel akan berhasil ketika mereka kuliah di ITB, saya yakin akan banyak yang gagal pada tahap TPB (tingkat 1 di ITB). Sudah banyak contoh kasusnya berdasarkan cerita teman-teman yang mengajar kuliah Fisika Dasar, Kimia Dasar, dan Kalkulus. Karena tidak percaya diri, akhirnya ketika TPB mahasiswa ikut Bimbel lagi (lihat foto di bawah).

Iklan les privat buat mahasiswa TPB (Photo by Eko Purwono)

Iklan les privat buat mahasiswa TPB (Photo by Eko Purwono)

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

5 Balasan ke Sukses Masuk PTN Karena Bimbel?

  1. Iwan Yuliyanto berkata:

    Saya sependapat, mas. Memang kebanyakan bimbel hanya berfokus mengajarkan trik-trik mengerjakan soal. Esensi dari soal itu tidak disampaikan.
    Iya, lebih tepat disebut bimtes, bimbingan tes.

  2. imamfzn berkata:

    coba buka nih http://www.zenius.net, foundernya alumn itb anak informatika namanya sabda ps, coba deh mas buka ini bukan sekedar bimbel tapi seperti the best school who make great students..

  3. RIzky berkata:

    Setuju sama penulis, saya gak pernah ikut bimbel. toh hasilnya gak jauh beda sama yg ikt bimbel.

  4. Yang penting paham konsep, seperti yang digaungkan sabda dalam zeniusnya… kebetulan ini men support sabda http://www.bimbelonlineprivat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s