Berpuasa tapi Tidak Shalat

Alhamdulillah shaum Ramadhan hari ini sudah menginjak hari ke-13 (jika memulai sejak Hari Rabu 10 Juli 2013). Sampai saat ini puasa saya, keluarga, dan juga teman-teman lancar-lancar jaya saja. Semoga kita semua dapat menyelesaikan ibadah shaum Ramadhan ini sampai bertemu dengan Idul Fitri 1434 H.

Ada yang menarik setiap masuk bulan Ramadhan. Sebagian orang yang saya amati jarang melaksanakan sholat lima waktu, namun mereka tetap melaksanakan puasa Ramadhan. Sholat tidak, tetapi puasa iya. Mungkin mereka berpuasa karena segan dengan teman-teman kerjanya yang berpuasa, jadi ya ikut juga berpuasa, mungkin juga berpuasa karena sulit mencari orang yang berjualan makanan pada siang hari, entahlah, setiap orang tentu mempunyai alasannya masing-masing.

Sangat disayangkan memang, sebab secara rukun mereka tidak melaksanakan sesuai urutan. Rukun Islam itu ada lima, yaitu syahadat, shalat, puasa, zakat, dan haji. Urutannya memang begitu. Untuk menjadi muslim, Anda mengucapkan kalimat shayadat terlebih dahulu. Setelah itu, mulai belajar shalat lima waktu, dilanjutkan dengan puasa. Jika anda mampu secara materi, maka anda wajib mengeluarkan zakat bagi fakir miskin dan para mustahik lainnya, dan terakhir jika anda mampu secara materi, fisik, dan mental, maka anda wajib menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Itulah rukun Islam yang sempurna. Minimal setiap muslim itu mengerjakan tiga rukun yang pertama, sedangkan dua rukun yang terakhir hanya bagi yang mampu saja.

Setiap tahun orang-orang beriman wajib melaksanakan shaum Ramadhan satu bulan lamanya. Karena sejak kecil orang Islam sudah dilatih berpuasa, maka puasa selama satu bulan tidak terlalu berat mengerjakannya. Begitu pula shalat lima waktu, jika sedari kecil sudah dilatih dan dibiasakan melaksanakannya, maka tidak mengerjakan sholat sekali saja akan meninggalkan perasaan bersalah dan berdosa bagi seseorang.

Seperti yang dikatakan oleh ulama besar Imam Al-Ghazali, yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan sholat. Banyak orang Islam begitu gampang tidak menunaikan sholat, terlena oleh urusan dunia yang tidak akan pernah habis-habisnya. Padahal, ibadah yang pertama akan dihisab Allah SWT pada Hari Akhir nanti adalah sholat. Sholat itu tiang agama, siapa yang mengerjakannya berarti menegakkan agama.

(Tulisan ini untuk mengingatkan diri sendiri agar selalu taat kepada-Nya).

Pos ini dipublikasikan di Agama. Tandai permalink.

5 Balasan ke Berpuasa tapi Tidak Shalat

  1. nurjianti berkata:

    hmm… terima kasih postingnnx… #saling mengingatkan…🙂

  2. Ramla berkata:

    Terimaksh sobat,

  3. ahmadfaisolat berkata:

    “Rukun Islam itu ada lima, yaitu syahadat, shalat, puasa, zakat, dan haji. Urutannya memang begitu.”

    puasa dulu atau zakat dulu, Pak?

    omong-omong, tulisan Bapak di atas saya banget:mrgreen:

  4. Fendi haris berkata:

    Jadi inget masa guru agama SMA ane mas,,

  5. Kurniawan E. berkata:

    Postingan yang bagus sekali. Saling mengingatkan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s