Keselamatan Kampus Menjelang Libur Hari Raya

Lebaran Idul Fitri 1434 H sudah diambang pintu, jatuhnya diperkirakan tanggal 8 Agustus 2013 minggu depan. Cuti bersama libur Lebaran Idul Fitri akan dimulai hari Senin tanggal 5 Agustus sampai tanggal 11 Agustus. Selama libur cuti bersama itu kampus ITB ditutup dan tidak seorangpun diperbolehkan masuk kecuali ada izin. Kampus benar-benar akan sepi selama seminggu ke depan.

Sepi dan tidak ada aktivitas bukan berarti tidak ada ancaman keselamatan. Ancaman yang ditakuti sekarang ini adalah insiden kebakaran. Belajar dari kasus kebakaran gedung Teknik Industri ITB pada tanggal 30 Juni 2013 yang lalu, ITB menjadi lebih aware dengan bahaya yang satu ini. Kebakaran gedung TI disebabkan korsleting listrik, apalagi akir-akhir ini listrik di ITB sering hidup dan mati tanpa pemberitahuan, sehingga peluang timbulnya korsleting listrik makin besar. Kita sudah sering mendengar peristiwa kebakaran rumah atau bangunan lain yang disebabkan hubungan arus pendek. Nah, ITB tidak ingin peritiwa kebakaran itu terjadi kembali, apalagi di ITB banyak terdapat gedung-gedung heritage seperti Aula Barat, Aual Timur, gedung teknik Sipil, gedung Fisika. Kalau gedung-gedung itu terbakar maka nilai sejarahnya tidak bisa tergantikan meskipun dengan bangunan yang baru yang lebih modern sekalipun.

Selama libur yang lama ini tidak ada orang yang beraktivitas di gedung-gedung kampus. Kampus ITB seperti kampus “mati”. Jadi, sebelum meninggalkan kampus kosong tak berpenghuni selama satu minggu, maka Tim Safety ITB mengeluarkan himbauan sebagai berikut (saya copas dari surel teman yang menjadi Tim Safety Gedung LabTek V):

Pada saat liburan Hari Raya Idul Fitri 1434 H, aktivitas di dalam kampus akan sangat sepi mulai tanggal 3 Agustus 2013 s.d. 11 Agustus 2013. Oleh karena itu, tim safety meminta staf pengajar, karyawan, dan
mahasiswa untuk:
1. mematikan seluruh peralatan yang menggunakan listrik (AC, komputer, alat percobaan, dll.)
2. mencabut steker listrik jika memang tidak diperlukan
3. menutup keran air
4. menutup keran gas pada tabung gas

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan dalam berbagai bentuk (ledakan, kebakaran, kebocoran gas da air, dll.), tim safety meminta kerjasama dan kesadaran kepada seluruh staf pengajar, karyawan, dan mahasiswa agar:

1. selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk kegiatan dan kondisi yang dapat memicu terjadinya kecelakaan dan petaka tersebut,
2. mematuhi segala peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab, dan
3. ikut mengawasi perilaku orang lain dan kondisi di Gedung Labtek V,

Mari kita selalu bersama-sama untuk menjaga keselamatan dan keamanan bersama, khususnya di lingkungan Gedung Labtek V.

Ayo mari kita jaga kampus ITB dari bahaya kebakaran dan bahaya lainnya (pencurian, pembongkaran, dll).

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s