Pakai “Kacamata Kuda” Agar Tidak Menyontek Saat Ujian

Hari ini masih ada mahasiswa ITB yang nyontek saat ujian? Saya kira masih ada, namun di Program Studi tempat saya mengajar, saya yakin hampir tidak ada mahasiswa Informatika yang melakukan kecurangan dengan menyontek. Malu. Harga diri, gitu lho. Sebagai mahasiswa Informatika ITB yang rata-rata pintar itu tentu tidak mau merasa harga dirinya “digadaikan” dengan melakukan nyontek. Saya sudah membuktikannya sendiri (baca tulisan saya ini, Mencoba Ujian Tanpa Diawasi).

Tapi, di Kasetsart University Bangkok ini, semua mahasiswa dipasang penutup mata kertas (paper blinker) supaya tidak mencontek (larak-lirik ke kiri dan ke kanan) seperti foto di bawah ini.

Mahasiswa pakai penutup mata kertas --mirip kacamata kuda-- saat ujian

Mahasiswa pakai penutup mata kertas –mirip kacamata kuda– saat ujian

Sumber foto dan penjelasannya ada di situs ini.

Sepintas penutup mata dari kertas itu mirip seperti perangkat kacamata kuda di Indonesia. Anda pernah melihat kuda yang menarik delman, andong, atau bendi? Kedua matanya diberi penutup kiri dan kanan, maksudnya agar kuda selalu melihat lurus ke depan, tidak bisa melihat benda di samping kiri dan kanan. Makanya orang yang wawasannya sempit sering disebut memakai kacamata kuda.

Kacamata kuda

Kacamata kuda

Sumber foto kacamata kuda: Wikipedia

Menurut pihak Kasetsart University, pemakaiaan penutup mata kertas itu tidak dimaksudkan untuk mempermalukan mahasiswa. Namun sekarang foto tersebut sudah dihapus di Fesbuk universitas tersebut. Penggunaan penutup mata itu hanya sekali saja, sebab muncul banyak kritik setelah pemuatan foto tersebut di Facebook.

Kalau penutup mata kertas itu diterapkan di Indonesia, dimana nyontek saat ujian sudah hal yang biasa terjadi, mungkin beritanya akan seheboh di Thailand juga kali ya.

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s