Minuman Sari Temulawak Berkarbonasi van Bandung

Beberapa kali dalam acara makan siang prasmanan saya menemukan minuman khas yang disajikan oleh sebuah stand usaha catering. Warnanya kuning dan rasanya segar karena ada sodanya (karbonasi). Saya kira sirop atau minuman bersoda seperti Fan*a, tetapi kata penjaga stand itu adalah sari temulawak.

temulawakTemulawak adalah sebutan orang Jawa terhadap tumbuhan yang berkhasiat obat itu, orang Sunda menyebutnya koneng gede, orang Madura menyebutnya temulabak. Nama latinnya adalah curcuma xanthorrhiza. Tumbuhan ini berkhasiat untuk pengobatan penyakit seperti sakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, produksi ASI, penambah nafsu makan, sembelit, sakit cangkrang, cacar air, sariawan, dan jerawat (Sumber dari sini), juga untuk anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba (sumber dari sini).

Ternyata ada orang yang memproduksi sari temulawak dan mengemasnya menjadi minuman botol berkarbonasi, sehingga sari temulawak “naik kelas” dari minuman tradisionil menjadi minuman modern, sejajar dengan minuman berkarbonasi lainnya seperti Fan*a, Co*a Co*a, Spr*te, dan lain-lain. Di Kabupaten Bandung sebuah perusahaan dagang bernama PD Cipta Rasa memproduksi sari temulawak dalam kemasan botol. Sari temulawak inilah yang disajikan oleh sebuah catering di Bandung pada acara makan prasmanan yang saya sebutkan pada bagian awal.

Rasanya saya belum pernah melihat ada toko atau supermarket yang menjual sari temulawak bersoda itu, tetapi untunglah penjaga stand catering memberi saya satu botol sari temulawak sebagai oleh-oleh. Kata

Sari temulawak dalam kemasan botol.

Sari temulawak dalam kemasan botol.

Saya taruh botol sari temulawak itu di atas meja kantor. Teman saya salah duga setelah melihat botol temulawak itu, dikiranya minuman bir binta*g, sebab sekilas tampilannya mirip dengan minuman beralkohol tersebut, he..he. Yuk kita buka botolnya dan kita tuangkan isinya ke dalam gelas.

Sari temulawak di dalam gelas.

Sari temulawak di dalam gelas.

Hmmmm… enak dan segar, apalagi setelah disimpan di dalam lemari es. Selain enak juga menyehatkan karena khasiatnya sebagai obat, secara tidak langsung kita telah meminum jamu atau obat herbal.

Pos ini dipublikasikan di Makanan enak, Seputar Bandung. Tandai permalink.

15 Balasan ke Minuman Sari Temulawak Berkarbonasi van Bandung

  1. Fuad Fajri berkata:

    judulnya boleh temulawak pak. tapi saran saya jangan sering-sering, soalnya manis dan warna nya agak mencurigakan😀
    lebih baik minum jamu temulawak yang beneran nya, warna nya nggak bening dan keruh, enaknya pake gula merah. lebih jelas manfaat nya😀

  2. zakiniku berkata:

    minuman seperti ini (sari temulawak) dulu tahun 1990 an di kampung saya di kota Solo banyak ditemukan di warung-warung kampung. Sekarang saya tidak pernah melihat lagi…. lebih populer Co…..La…… dkk nya itu

  3. nduy berkata:

    btw ada yg masih jual gak ya temulawak botolan?

  4. kircon berkata:

    saya juall mapa mao jadi distributor atau age

  5. asep berkata:

    kalo saya mau langganan kemana ya. posisi saya di kiaracondong bdg

  6. fadjar berkata:

    Beli aka sari temulawak buatan pasduruan Sudan terminal sejak 1936,bener2 asli Tampa bah an yg berbahaya namanya linggarjati the 1970ansdh terminal seluruh jaws sekarangbaru dike,bangkan anaknya silakan temp at jl nusantara pasuruan depan giant

  7. fadjar berkata:

    Beli saja sari temulawak. Buatan pasuruan jawa Timur. Asli Tanpa bahan berbahaya sy konsumen sejak 40 tahun yang lalu tempatnya di jl. Nusantara depan giant

  8. Jay Soetija berkata:

    dimana pa alamat pabriknya.. kebetulan teman saya minta alamatnya karena mau jadi semacan delaer!

    Nuhun
    Jay

  9. Diana Alam Badru berkata:

    Ehm, tadi iseng2 say googling “temulawal cipta rasa” ternyata langsung ada di page one …
    Makasih reviewnya Mas…Cathering yg dimaksud Mas pasti T*ny Cathering yaaah….
    kenalkan saya Diana, saya pemilik dari PD. Cipta Rasa, produsen produk ini. Kebetulan perusahaan cathering tersebut merupakan salah satu konsumen kami. jika ada yang berminat untuk menjadi agen atau mencari informasi tentang produk ini, silahkan hubungi saya di no. hp. 08121416533…..Terima kasih…

  10. Diana Alam Badru berkata:

    Oya, saya informasikan juga buat temen2 semua, produk ini sudah terdaftar di dinkes, jadi Insya Allah bahan2 yg terkandung didalamnya aman, karena memang saya tidak menggunakan zat2 yg tidak semestinya terkandung dalam makanan/minuman. Untuk pemanis kami tidak menggunakan pemanis buatan, tetapi gula pasir asli (merk Gu**ku). So, jangan2 ragu2 untuk mengkonsumsi minuman Sari Temulawak Cipta Rasa, dan kami dengan senang hati untuk bekerja sama dengan teman2 yg berminat untuk menjadi agen produk ini. ….Makasiiiiih….

  11. Ping balik: Jual Cream Temulawak Bandung – Paula F Bowie

Tinggalkan Balasan

