Foto Ayah dan Putranya dalam Enam Dekade

Saya selalu tertarik membicarakan hubungan emosional antara ayah dan anak. Saya sendiri mempunyai tiga anak dengan hubungan batin yang dalam sejak mereka lahir hingga sekarang. Maka, ketika melihat foto tentang hubungan seorang ayah dan anaknya dari kecil hingga sang ayahanda wafat, saya merasa terhanyut dan tersentuh.

Lihatlah tiga foto dari Rusia di bawah ini. Foto pertama, yang diambil pada tahun 1949, memperlihatkan seorang ayah membimbing anak lelakinya. Ketika sang ayah menua dan putranya tumbuh menjadi dewasa, hubungan keduanya tetap tidak berubah. Pada foto kedua, sang anak yang sudah dewasa itu yang gantian membimbing ayahnya yang hanya berjalan dengan bantuan tongkat. Itu adalah foto pada tahun 2009. Dua tahun kemudian, pada tahun 2011 sang ayah yang terkasih itu berpulang ke hadirat Ilahi, dan sang anak berfoto di depan batu nisan ayahnya (foto ketiga).

Father and son (1949-2009-2011)

Father and son (1949-2009-2011)

Foto di atas diambil dari situs Vojage-Vojage.

Mata saya pun berkaca-kaca melihat tiga buah foto tersebut. Terharu.

Pos ini dipublikasikan di Romantika kehidupan. Tandai permalink.

7 Balasan ke Foto Ayah dan Putranya dalam Enam Dekade

  1. affajri berkata:

    setelah baca jadi keinget bapak yang ada di kampung. bapak i love U

  2. adi berkata:

    Melihat foto itu saya jadi ikut berkaca-kaca. Ayah saya selalu mensupport saya dalam kondisi apapun, selalu percaya dan bangga pada apapun yang saya lakukan.

    Beliau selalu encourage saya untuk merantau. 7 tahun saya merantau, bekerja sambil berusaha meraih pendidikan tertinggi di luar negeri. Selama itu hanya email dan Skype yang sanggup meredam rasa rindu ini.

    Ayah saya meninggal dua bulan sebelum kepulangan saya ke tanah air, tiga minggu sebelum sidang doktoral saya, sebelum sempat melihat cucu-nya yang lahir di tanah rantau, sebelum sempat mengajaknya makan siang berdua ke pangeran Jayakarta, seperti yang selalu saya janjikan….

    Saya selalu merindukan ayah….you are the greatest dad.

  3. lazione budy berkata:

    luar biasa koneksinya. Life goes on!

  4. Bintang Timur berkata:

    Jadi TerharušŸ˜„
    dengerin lagunya seventeen yang “ayah” mas setopik

  5. Sudrajat Martadinata berkata:

    Terima kasih, seketika pun saya harus berurai air mata. Menigingatkan saya kepada ayah saya. Usianya menjelang 60 tahun kini. Semangatnya, sunggingan senyumnya, tiada pernah menyiratkan derita yang mendera mata batinnya. padahal sesungguhnya saya tahu apa yang beliau rasakan, sejak saya fahami betapa beratnya perjalanan ini. Sekali lagi sy mhn, untuk berkenalan dengan pemilik blog ini. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s