Wajah Baru Aula Barat ITB Setelah Restorasi

Interior Aula Barat ITB sudah berubah lho! Jika Anda sempat masuk Aula Barat sekarang ini, maka Anda akan merasakan nuansa berbeda dibandingkan dengan dulu yang pernah Anda lihat dan rasakan.

Aula Barat ITB (Sumber:  http://www.itb.ac.id/gallery/4049)

Aula Barat ITB (Sumber: http://www.itb.ac.id/gallery/4049)

Aula Barat dan Aula Timur ITB adalah bangunan warisan budaya (heritage) yang unik, indah, dan bercitarasa seni yang perlu dilestarikan. Beberapa bulan yang lalu Aula Barat ITB direnovasi (atau lebih tepatnya direstorasi), terutama interior di bagian dalam. Saya dengar dari pejabat kampus, tujuan renovasi adalah untuk mengembalikan Aula Barat pada kondisi persis seperti aslinya ketika pertama kali dibangun. Mulai dari warna kayunya, gagang pintunya, langit-langit, lampu, dan lain-lain.

Seingat saya kayu-kayu di dalam Aula Barat dicat dengan warna hitam, padahal -katanya- kondisi aslinya tidaklah demikian, tetapi apa adanya sesuai warna asli kayu (coklat).

Interior Aula Barat ITB sebelum direstorasi.  Perhatikan warna kayu di dalamnya yang dicat hitam (Sumber foto: http://www.kind.co.id/main/2012/08/kind-masterplan-kampus-itb/)

Interior Aula Barat ITB sebelum direstorasi. Perhatikan warna kayu di dalamnya yang dicat hitam (Sumber foto: http://www.kind.co.id/main/2012/08/kind-masterplan-kampus-itb/)

Ketika direnovasi, cat hitam pada kayu tersebut dikelupas, sehingga warna kayu terlihat kembali seperti pada kondisi aslinya.

Hasilnya, interior Aula Barat terlihat lebih segar, ceria, dan muda! Two Thumb up buat teman-teman di Arsitektur ITB yang telah bekerja keras mengembalikan Aula Barat seperti kondisi aslinya.

Saya sudah melihat sendiri kondisi Aula Barat ITB setelah restorasi pada acara konferensi ICICI-BME beberapa minggu yang lalu. Saya sempat memotretnya, namun karena memakai kamera ponsel maka hasilnya tidak terlalu bagus. Foto yang saya tampilkan di bawah ini adalah hasil jepretan Bu Irawati, Wakil Rektor ITB Bidang Sumberdaya dan Organisasi (WRSO).

Kayu-kayu di dalam Aula Barat  sesuai kondisi aslinya. (Foto dari Bu Irawati, WRSO ITB).

Kayu-kayu di dalam Aula Barat sesuai kondisi aslinya. (Foto dari Bu Irawati, WRSO ITB).

Warna kayu yang asli sesuai kondisi Aula Barat yang aslinya. (Foto dari Bu Irawati, WRSO ITB).

Warna kayu yang asli sesuai kondisi Aula Barat yang aslinya. (Foto dari Bu Irawati, WRSO ITB).

Pintu masuk dan gagangnya persis seperti aslinya. (Foto dari Bu Irawati, WRSO ITB).

Pintu masuk dan gagangnya dikembalikan seperti aslinya. (Foto dari Bu Irawati, WRSO ITB).

Langit-langit Aula Barat  sesuai kondisi aslinya. (Foto dari Bu Irawati, WRSO ITB).

Langit-langit Aula Barat sesuai kondisi aslinya. (Foto dari Bu Irawati, WRSO ITB).

Agar Anda mendapat pemahaman yang lebih lengkap dan jelas tentang proyek restorasi Aula Barat ITB dari pakarnya, saksikan dokumentasi restorasi tersebut pada video di YouTube di bawah ini:

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

2 Balasan ke Wajah Baru Aula Barat ITB Setelah Restorasi

  1. Alugoro Alugoro berkata:

    Mantap…!

  2. cucuganesha berkata:

    Salam Ganesha, saya sedang berkontribusi di wikipedia di antaranya beberapa artikel berkaitan dengan Institut Teknologi Bandung, jika berkenan sumbang saran berupa foto-foto gedung-gedung di ITB baik yang sudah dibangun maupun sedang dibangun untuk melengkapi artikel https://id.wikipedia.org/wiki/Kampus_ITB_Ganesha.

    Kontribusi anda juga bisa disumbangkan langsung dengan mengedit artikel di atas tanpa melalui saya karena wikipedia bersifat terbuka.

    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Cucuganesha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s