Suatu Hari di Pantai Legian

Ke Pulau Bali tanpa mengunjungi pantainya rasanya kurang afdhol. Dua minggu lalu saya ada acara FGD di Bali, kami ditempatkan di hotel di pinggir Pantai Legian. Pantai Legian satu garis dengan Pantai Kuta. Ombaknya besar dan tidak aman untuk mandi-mandi atau berenang bagi orang yang tidak bisa berenang. Tapi bagi turis mancanegara yang hobi olahraga surfing, ombak besar tersebut bagaikan teman.

DSCF1232

DSCF1231

Para turis asing mendominasi pantai ini. Mereka berselancar, berjemur, dan sebagian lagi lari sepanjang pantai. Bermalas-malasan di pantai ini memang tempatnya.

Dua orang bapak-bapak, orang Bali asli, terlihat memancing di pinggir pantai. Hmmmm… apakah ada ikan yang berenang di pinggir pantai itu?

DSCF1234

Hotel-hotel berderet berjejer-jejer di sepanjang pantai, mulai dari pantai dekat Bandara Ngurah Rai, terus sepanjang Kuta, hingga di Pantai Legian ini. Sepertinya ada ratusan atau bahkan ribuan hotel di Pulau Bali, mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang. Harga tanah sangat mahal di Bali, dan lahan di sepanjang pantai menjadi rebutan untuk mendirikan hotel.

DSCF1225

Beruntunglah hotel yang saya tempati ini. Halaman belakangnya langsung berbatasan dengan pantai. Para tamu yang bosan di kamar bisa langsung menuju pantai untuk berleha-leha.

DSCF1221

DSCF1218

Kolam renang adalah keharusan bagi hotel di Bali. Bagi yang malas ke pantai, maka berenanglah di kolam renang yang jernih di dalam hotel. Turis bule mendominasi tamu hotel. Sangat jarang ada turis domestik yang bermalam di hotel ini.

DSCF1238

DSCF1237

Sebagai hotel yang bertempat di Bali, maka nilai-nilai lokal adalah kearifan yang perlu dipertahankan. Maka, setiap hotel di Bali pasti di dalamnya ada pura tempat bersembahyang bagi tamu yang beragama Hindu, namun kebanyakan digunakan oleh karyawan hotel yang hampir seluruhnya adalah orang Bali yang penganut Hindu.

DSCF1219

Begitulah Bali, tidak pernah dapat dipisahkan antara pantai, budaya, alam, dan pura. Semuanya satu kesatuan yang menjadi daya pikatnya.

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Suatu Hari di Pantai Legian

  1. Ripiu Info berkata:

    kebudayaan yang unik yang harus kita pertahankan ya pak. jangan sampai nanti diklaim sama tetangga sebelah lagi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s