Kenangan Bersama Kaisar Siregar (alm)

Pagi tadi saya kaget sekali ketika membaca status teman di Fesbuk. Salah satu alumni kami di Informatika ITB bernama Kaisar Siregar, IF angkatan 2006, ditemukan meninggal dunia di apartemennya di TU Delft, Belanda. Kaisar memang sedang menempuh S2 di sana. Dia memperoleh beasiswa Erasmus Mundus Justus & Louise Van Effen Scholarships (beasiswa dari TU Delft). Tidak ada yang tahu meninggalnya karena apa, mungkin karena sakit. Sayangnya tidak ada yang melepasnya pergi ke Alam Abadi, karena dia memang tinggal sendiri di apartemen itu. Kalau melihat status Fesbuknya, satu malam sebelumnya dia masih sempat memutakhirkan status dengan memasang foto acaranya bersama teman-teman.

Kaisar Siregar (Foto diambil dari blog temannya: http://ndrewh.wordpress.com/2013/12/09/rip-kaisar-siregar/)

Kaisar Siregar (Foto diambil dari blog temannya: http://ndrewh.wordpress.com/2013/12/09/rip-kaisar-siregar/)

Kenapa saya goreskan khusus satu tulisan ini untuk mengenangnya? Karena saya mempunyai banyak kenangan dengan dia. Kaisar adalah salah satu mahasiswa terbaik di Informatika ITB Angkatan 2006. Karena prestasinya yang bagus, saya “mendapatkan” dia sebagai asisten mata kuliah yang saya ampu. Tidak hanya satu mata kuliah, tetapi dia menjadi asisten tiga mata kuliah selama 2 tahun berturut-turut, yaitu Matematika Diskrit, Strategi Algoritmik, dan Kriptografi. Karena berinteraksi dengannya setiap semester dalam urusan kuliah saya, maka saya kenal betul dirinya.

Menurut saya Ical (panggilan Kaisar) orangnya agak pemalu dan tidak terlalu banyak bicara. Meskipun begitu, dia adalah mahasiswa yang cerdas. Seringkali jalan pikirannya extra-ordinary dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah pemrograman (Tugas Besar) yang cukup berat dan padat di Informatika ITB. Orang lain masih menggunakan pendekatan sederhana, dia sudah berpikiran jauh ke depan.

Meskipun agak pemalu tetapi dia mempunyai prestasi yang mmbanggakan. Bersama timnya, Ganesh, Kaisar memenangkan Imagine Cup, yaitu kompetisi inovasi perangkat lunak yang diadakan oleh Microsoft. Tim Kaisar berhak mewakili Indonesia dalam final Imagine Cup tingkat dunia di Polandia (baca berita ini).

Kaisar dan Tim Ganesh yang mewakili Indonesia di final Imagine Cup di Polandia (sumber foto dari sini:  http://www.itb.ac.id/news/2840.xhtml)

Kaisar dan Tim Ganesh yang mewakili Indonesia di final Imagine Cup di Polandia (sumber foto dari sini: http://www.itb.ac.id/news/2840.xhtml)

Sebagai asisten di Lab Ilmu dan Rekayasa Komputasi (IRK), Informatika ITB, Kaisar dan teman-temannya membantu perkuliahan di lab kami. Masa-masa menjadi asisten dosen adalah masa yang menyenangkan dan suatu kebanggaan. Di bawah ini foto kami para dosen di lab IRK dengan para asisten Lab IRK, termasuk Kaisar di dalamnya.

Kaisar bersama-sama asisten Lab IRK Informatika ITB (Angkatan 2006 dan 2007)

Kaisar bersama-sama asisten Lab IRK Informatika ITB (Angkatan 2006 dan 2007)

Kaisar bersama para dosen dan asisten Lab IRK (1).

Kaisar bersama para dosen dan asisten Lab IRK (1).

Kaisar bersama para dosen dan asisten Lab IRK (2).

Kaisar bersama para dosen dan asisten Lab IRK (2).

Kaisar bersama para dosen dan asisten Lab IRK (3).

Kaisar bersama para dosen dan asisten Lab IRK (3).

Kaisar bersama para dosen dan asisten Lab IRK (4).

Kaisar bersama para dosen dan asisten Lab IRK (4).

Suatu hari setelah lulus Sarjana di ITB, Kaisar mengirimi saya surel. Dia mengajukan lamaran beasiswa S2 ke Eropa, dan sebagai salah satu persyaratannya adalah surat rekomendasi dari dosen. Kaisar meminta surat rekomendasi dari saya, dan dengan senang hati saya buatkan surat rekomendasi untuknya.

From: Kaisar Siregar “kaisar.siregar@gmail.com”

Dear Pak Rin,

Apa kabar Pak Rin? Semoga Bapak sehat-sehat saja😀

Begini Pak Rin, saya berencana akan melanjutkan studi S2 saya pada akhir tahun nanti dan berminat utuk mendaftarkan diri di beberapa Universitas di Eropa. Salah satunya adalah TU Delft di Belanda yang memiliki program studi Management of Techonolgy. Program studi ini saya rasa cocok untuk rencana saya ke depannya, di mana saya ingin berkiprah di dunia Consulting dan juga Entrepreneurship.

Salah satu syarat pendaftaran untuk beasiswanya yang berakhir pada 1 November nanti adalah menyerahkan dua buah surat rekomendasi, satu dari dosen kuliah dan satu lagi dari employer. Nah untuk surat yang pertama tersebut saya berhaap Pak Rin bersedia untuk memberikan saya rekomendasi guna mendapatkan beasiswa tersebut karna saya rasa Pak Rin cukup mengenal saya baik dari kelas maupun dari kegiatan di Lab IRK.

Kurang lebihnya seperti itu, saya menunggu balasan dari Pak Rin😀

Terima kasih sebelumnya.

Best Regards

~~~~~~~~~~~

From: Rinaldi Munir
Baik Kaisar, akan saya buatkan. Formatnya bebas kan?
Kapan mau diambil?

wassalam
rin

~~~~~~~~~~~~

From: Kaisar Siregar
Dear Pak Rin,

Terima kasih banyak Pak😀 Untuk formatnya tidak ada spesifikasi khusus. Apabila saya ambil Jumat minggu depan apakah Pak Rin available?

Best Regards,
Ical

~~~~~~~~~~~~~~

From: Rinaldi Munir
Bisa Sar, siang ya setelah shalat Jumat (pukul 14.00-an lah…)

wassalam

~~~~~~~~~~~~~~

From Kaisar Siregar
Baik Pak Rin. Sampai jumpa tanggal 7 nanti😀

~~~~~~~~~~~

Tanggal 7 November 2011 dia datang, dan itulah pertemuan saya terakhir dengannya. Alhamdulillah, dia lulus program beasiswa tersebut dan diterima di TU Delft Belanda pada bidang Computer Science Management of Technology.

Saya tidak kuasa menahan kesedihan dengan kepergiannya. Allah SWT memanggilnya begitu cepat dalam usia yang masih muda. Tentu Dia yang tahu rahasia kematian. Maut bisa datang kapan saja dan di mana saja, untuk itulah kita selalu diingatkan agar selalu siap menghadapi kematian.

Selamat jalan Kaisar, semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa dan kesalahanmu. Semoga Allah SWT menerima segala amal pahalamu dan menempatkanmu di tempat yang terbaik di sisi-Nya. Amin.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Informatika. Tandai permalink.

16 Balasan ke Kenangan Bersama Kaisar Siregar (alm)

  1. Ical di jurusan management of technology, bukan computer science pak Rinaldi.. fyi

  2. Ryvo Octaviano berkata:

    Pak Rin, Ical mendapatkan beasiswa Justus & Louise Van Effen Scholarships. Salah satu beasiswa paling bergengsi di TU Delft. http://www.tudelft.nl/en/study/studying-at-the-tu-delft/finances/scholarships-awards/tu-delft-excellence-scholarships/justus-louise-van-effen-scholarships/

    • rinaldimunir berkata:

      Tks atas klarifikasinya mas Ryvo. Kaisar juga melamar beasiswa Erasmus Mundus, dia meminta surat rekomendasi juga untuk beasiswa tersebut kepada saya. Namun akhirnya dia mendapat beasiswa yang dari TU Delft itu barangkali.

  3. tifosilinux berkata:

    Terenyuh..
    luar biasa saudaraku Kaisar, pahala niat belajar/menuntut ilmu InsyaAllah akan ditulis sebesar-besarnya di sisi Allah SWT.. Aamiin

  4. thya bhintarti berkata:

    Mohon ijin share pak Rin, saya guru di SMP Labschool Kby, tempat Ical menempuh pendidikan di SMP. Kami pun kehilangannya, Ical adalah siswa angkatan pertama sekolah kami dan menjadi lulusan terbaik. Saya tidak pernah mengajar Ical, tapi saya mengenalnya krn Ical selalu berusaha datang setiap kali kami mengundangnya, menjadi insprirasi utk adikadiknya di Labschool Kby.
    Semoga Allah menerima segala kebaikan dan amal ibadah Ical selama ini. Aamiin… Aamiin

  5. alrisblog berkata:

    Ikut berduka untuk Kaisar Siregar, kita kehilangan orang jenius. Semoga ditempatkan ditempat yang layak oleh Allah swt, aamiin.

  6. wateskediri berkata:

    Walau saya tidak mengenal kaisar, namun setiap kali saya mendengar berita kematian, batin saya selalu tertegun sambil mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raji”un. Sesungguhnya kita ini adalah milik Allah, dan kita semua akan kembali lagi kepadaNya. Selalunya eristiwa kematian terasa datang begitu cepat dan sering tidak terduga. Saya bisa membayangkan bagaimana perasaan orang tuanya dan keluarga yang ditinggalkan. Harapan saya orang tua kaisar dan keluarga yang ditinggalkannya diberi kesabaran, keikhlasan. Harapan saya, Keluarga yang ditinggalkan tetap melanjutkan hidup dalam bingkai kenangan Kaisar,

  7. REZI JUNIALDI berkata:

    Tadi saya lihat top nine news d Metro Tv… langsung saja saya tertegun melihat berita ada anak jenius lulusan ITB yang lanjut S2 di belanda meninggal dunia…. langsung saja saya search di google tentang berita kematiaannya… innalillahi wainailahirojiun hanya itu yang dapat saya ucapkan buat kaisar… semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT

  8. Fachrie Lantera berkata:

    ikut sedih pak, sy baru mengetahuinya setelah membaca blog

  9. Kel.Raflan Siahaan, pengagum kecerdasan yg the best berkata:

    Selamat jalan Kaisar, kepergianmu kami yakin hanya Kehendak Tuhan, secara kemanusiaan, bangsa Indonesia, keluarga, kami sangatlah sedih,pilu, dan duka yg sangat dalam, karena mahasiswa S2 yg the best yg msh relatif muda ……Selamat Jalan, …..selamat jalan moga amal ibadahmu diterima disisi Tuhan, Maha segalanya

  10. Ping balik: Catatan Bersama Kaisar Siregar | limaapril

  11. Rie Metal UI berkata:

    Reblogged this on Muslimah Metal Engineer Zone and commented:
    Semoga suatu saat nanti, ketika ajal menjemput saya, setidaknya orang-orang di sekitar saya bisa mendapatkan kesan yang baik mengenai saya.. Semoga tidak ada orang yang masih merasa terzalimi, dan semoga banyak ilmu dan inspirasi yang bisa saya wariskan sebelum saya terbang melampaui horizon… Aamiin…

  12. Rie Metal UI berkata:

    Selamat jalan untuk Kaisar… Saya turut berduka cita meski saya baru tahu mengenai beliau dari berita akhir2 ini…

  13. Saldanela berkata:

    turut berduka ya pak ,,, berkurang 1 orang cerdas dari indonesia

Tinggalkan Balasan

