Tidak Usah Berharap Salju Turun di Indonesia

Bulan Desember ini ada fenomena alam yang sangat langka: Salju turun di negara-negara padang pasir di Timur Tengah. Mesir yang notabene terletak di Afrika Utara dilanda hujan salju. Salju turun di Kota Kairo dan sebagian daerah Mesir lainnya (baca: Salju Turun di Kairo untuk Pertama Kalinya).

 Salju menyelimuti Semenajung Sinai, sekitar 400 km tenggara Kairo, pada Jumat (13/12/2013). | AFP PHOTO/STR (Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2013/12/15/1237322/Salju.Turun.di.Kairo.untuk.Pertama.Kalinya)


Salju menyelimuti Semenajung Sinai, sekitar 400 km tenggara Kairo, pada Jumat (13/12/2013). | AFP PHOTO/STR (Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2013/12/15/1237322/Salju.Turun.di.Kairo.untuk.Pertama.Kalinya)

Yang lebih mengherankan lagi, salju juga turun di Arab Saudi, negara yang dikelilingi padang pasir dan tentu saja beriklim panas (baca: Salju Turun di Padang Pasir Arab Saudi).

Turunnya salju di daerah padang pasir mengingatkan kita pada lagu Anggun C. Sasmi berjudul Snow in Sahara. Tidak hanya berupa ilusi berupa lagu, tetapi faktanya memang salju turun di gurun pasir. Sebagian orang menghubungkan turunnya salju di daerah Arab dengan tanda-tanda datangnya hari kiamat (baca: Imam Masjidil Haram: Salju Turun di Jazirah Arab, Tandakan Kiamat Sudah Dekat). Benar tidaknya sebagai tanda hari kiamat, wallahu alam. Namun para ahli cuaca dapat menjelaskan fenomena langka ini dari sudut pandang ilmiah (baca: Pakar BPPT Bicara Soal Salju di Timteng dan Kemungkinannya Muncul di RI).

Belum selesai keterkejutan orang dengan turunnya salju di Timur Tengah, salju dilaporkan turun di Vietnam, negara yang terletak di Asia Tenggara (baca: Setelah di Mesir, Salju Kini Turun di Vietnam). Kalau yang di Vietnam saya tidak terlalu kaget, sebab bagian utara negara ini terletak di daerah sub-tropis, yang tentu saja mempunyai peluang turunnya salju meskipun tidak rutin setiap tahun.

Hmmm…. salju sudah mendekati Indonesia. Ada orang Indonesia yang berharap salju turun di negara kita. Sebagian besar orang Indonesia belum pernah melihat salju. Hanya orang-orang yang pernah ke negara empat musim yang pernah melihat dan mearasakan salju. Memang ada salju di negara kita, tetapi untuk mencapainya harus mendaki gunung yang tertinggi yaitu Puncak Jayawijaya.

Orang-orang yang mendamba salju turun di Indonesia mungkin hanya melihat dari aspek kesenangan semata, misalnya melihat orang bermain ski di atas salju atau anak-anak yang membuat boneka salju. Semua itu menjadi impian dan berharap dapat merasakannya, oleh karena itu keinginan turun salju di negara kita saya kira wajar-wajar saja.

Saya sendiri baru sekali merasakan salju ketika berkunjung ke Korea Selatan tahun yang lalu. Awalnya sih surprise dan menyenangkan, maklum saya belum pernah melihat dan merasakan sendiri salju itu seperti apa. Namun setelah beberapa hari di sana, saya merasa sangat menderita. Suhu yang sangat dingin membuat tubuh sangat tidak nyaman. Kulit menjadi kering, badan mengggigil kedinginan meskipun sudah memakai pakaian berlapis-lapis dan jaket tebal. Jari tangan saya sampai membeku ketika kaos tangan dibuka. Kalau pakai kaos tangan susah mau memegang benda-benda yang kecil. Bagi orang Korea sudah biasa dengan iklim begitu tentu tidak masalah, tetapi bagi saya dan teman-teman yang tidak mengalami musim salju ini benar-benar sebuah penderitaan.

Karena itu, andaikan salju turun di negara kita, saya tidak bisa membayangkan betapa menderitanya rakyat kita. Ingat, rakyat kita masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan. Pakaian sehari-hari saja sulit untuk mereka dapat, apalagi membeli pakaian tebal untuk menahan dingin yang luar biasa. Rumah-rumah mereka banyak yang terbuat dari bahan yang mudah rubuh jika ditimpa salju tebal.

Bersukurlah kita tinggal di negara tropis yang tidak mengenal musim salju. Udara selalu hangat, matahari selalu bersinar sepanjang tahun. Orang di negara empat musim saja meninggalkan negaranya untuk berlibur ke negara tropis ketika musim dingin datang, mereka sangat mendambakan hangatnya matahari.

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

17 Balasan ke Tidak Usah Berharap Salju Turun di Indonesia

  1. alrisblog berkata:

    Betul, ngapain kita impikan kesenangan sesaat tapi membuat sengsara setelahnya.

  2. kfs berkata:

    Memang salju turun di Kairo, tetapi foto di atas bukan sphinx asli melainkan salah satu miniatur di Tobu World Square Theme Park, Jepang. http://www.pics-place.com/wp-content/uploads/Tobu-World-Square-Nikko-Theme-Park-of-Japan-4.jpg

    sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/52ad2a3cbe29a0ac5b8b4588/kairo-di-guyur-salju-its-totally-hoax/1

  3. Firda berkata:

    Ngomong-ngomong, gambar Spinx itu hanya miniatur Spinx yang ada di Jepang, Pak. http://www.buzzfeed.com/michaelrusch/heres-definitive-proof-the-photos-of-the-sphinx-covered-in-s

    • rinaldimunir berkata:

      Anda benar, ternyata foto salju di patung Spinx tersebut hoax (sumber dari tautan yang saya cantumpan pada foto). Sekarang fotonya saya ganti dengan pemandangan salju di Semenanjung Sinai, Mesir.

  4. Bwetul pak Allah maha mengetahui dan maha kuasa diberikannya kita iklim yg cyukup mengenal 2 musim saja dan sudah cukup membuat keteteran terutama musim ujan BANJIR pasti udah jadi langganan di banyak tempat kalo udah banjir kita senang mengingat “habis musim ujan nanti musim panas banjir surut juga”

  5. runD berkata:

    Tapi kalau Tuhan sudah berkehendak sih tidak ada yg bisa menahanNya. Sekedar info, Australia pernah turun salju ketika Desember 2010 yg notabene seharusnya musim panas dengan kondisi matahari langsung menyinari Australia:
    http://www.google.com/hostednews/afp/article/ALeqM5jv1dn_cAmrXQCkEWRMCZpKryjPpA?docId=CNG.fa1b2905c40572e9934b2e3a6b52d6f4.611

  6. rusman berkata:

    Now …salji sudah turun di indonesia

  7. nur dhuha berkata:

    Bersyukur malaysia jga tdk bersalji,.musim dingin sekarang cukup membuat saya menderita deman serta batuk.

  8. Giwang berkata:

    betul bgt gan. . bukannya seneng malah sesek yg dateng. . pasti banyak yg mati gara salju. .

  9. ahmadfami berkata:

    usah difikir atau di menungkan ini semua kerja tuhan,kita lihat sahaja selepas ini

  10. eszuwan berkata:

    macam mana ni,kalau malaysia turun salgi.

  11. Saudhara berkata:

    Ada oy,, SALJU DI INDONESIA!!
    di “PUNCAK JAYA”, Papua.
    Ga percaya? lumayan gedhe loh

  12. Gunadi berkata:

    Photo orang Arab diatas di Pegunungan Heejaz, kota Tabuk terletak di pegunungan Heejaz yang berjarak 1500 km dari Mekah. Saat musim dingin Nov – Feb memang selalu bersalju. Baca tempat tempat bersalju di Arab melalui link ini. Kalau nggak ngerti kontur permukaan nggak usah nulis saja atau lihat google maps dan wikipedia sebelum menulis.

    http://ardisfamily.blogspot.com/2014/02/fenomena-salju-di-negara-bersalju-arab.html
    Ski Resort di Arab dan Sahara bisa dilihat melalui link ini :
    http://ardisfamily.blogspot.com/2013/01/salju-arab-yang-selalu-bikin-heboh.html

  13. Mazter289 berkata:

    Di Bogor Aja kadang” hujan es bro, sakit bro

  14. Satrio Galih berkata:

    Kenapa larang2 orang berharap salju turun

    Salju itu bukan bencana, tapi bentuk presipitasi alamiah

    Semua hujan juga turun aslinya dalam bentuk salju

    Lagipula salju juga indikator paling sederhana tingkat polusi udara negara itu seperti apa, semakin tinggi polusi udara semakin mustahil salju turun

    Banyak sekali wilayah tropis yg bersalju, Mauna Kea di Hawaii, atau Nuwara Eliya di Sri Lanka, Sapa dan Bat Xat di Viwtnam, Pegunungan Putao di Myanmar , Dieng di Jawa Tengah, Bromo, Arjuno, dan Semeru di Jawa Timur, Jayawijaya di Papua

    Tidak usah berharap ?? Tentu saja aku dan banyak orang temanku tidak akan banyak berharap salju turun di sini

    Oknum dpr yg terus2an kong kalikong dengan produsen kendaraan pribadi, supaya nyegah mass transportation untuk dibangun

    Kalau oknum dpr nggak berubah, terus2an memprioritaskan kendaraan pribadi yg notabene sumber polusi terbesar ketimbang menyetujui proyek subway untuk kota2 besar di Indonesia, tentu saja nggak akan banyak berharap salju turun dalam jumlah banyak di Indonesia

    saljunya cair jadi air hujan biasa terkena panasnya polusi udara Indonesia

  15. sae berkata:

    kalian pernah baca tidak hadist nabi yang menyebutkan ”berbaiatlah walau dengan merangkak di atas salju”.mengapa di hadist menyebutkan ini sedangkan mayoritas negara islam adalah beriklim teropis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s