Pantai Sanur yang Menenangkan

Ke Pulau Bali tanpa mengunjungi pantai tampaknya kurang afdhol. Siapapun yang mengunjungi Bali pasti menyempatkan diri ke salah pantainya. Ya, Bali identik dengan wisata pantai, selain budaya dan alamnya yang indah. Sebagian besar wisatawan pasti menuju Pantai Kuta. Namun Pantai Kuta saat ini sudah terlalu ramai dan tampak kotor (banyak sampah), jalanan di sana macet, dan kawasan pantainya sudah sesak dengan bangunan hotel, restoran, dan toko suvenir.

Lupakan Pantai Kuta dulu. Pada liburan akhir tahun 2013 yang lalu saya membawa keluarga liburan ke Pantai Sanur. Pantai Sanur mempunyai pesona tersendiri. Pantainya tidak terlalu ramai dibandingkan Kuta, pasirnya putih, selain itu ombak lautnya kecil sehingga aman bagi anak-anak untuk berenang. Biasanya orang ke Pantai Sanur untuk melihat sunrise (berkebalikan dengan Pantai Kuta dimana orang melihat sunset), karena Pantai Sanur terletak di sebelah timur Pulau Bali.

Pantai Sanur tampak dari lantai sebuah hotel

Pantai Sanur tampak dari lantai sebuah hotel

Pemandangan lain Pantai Sanur dari atas hotel

Pemandangan lain Pantai Sanur dari atas hotel

Pantai Sanur lebih sepi daripada Pantai Kuta. Kebanyakan turis asing yang ke sini adalah orang-orang yang sudah berumur mapan. Mereka menghindari Pantai Kuta yang sudah crowded. Mereka ke Sanur untuk mencari ketenangan selain tentu saja untuk melihat sunrise.

Pantai Sanur yang sepi

Pantai Sanur yang sepi

Sisi lain Pantai Sanur

Sisi lain Pantai Sanur

Pantainya landai, ombak hanya ada di tengah laut, kira-kira seratus meter dari bibir pantai. Berdiri di dalam air laut di Pantai Sanur serasa berdiri di pinggir danau. Kalau ingin berselancar tentu bukan di sini tempatnya.

Air laut di bibir pantai nyaris tiada berombak, serasa berdiri di pinggir danau saja.

Air laut di bibir pantai nyaris tiada berombak, serasa berdiri di pinggir danau saja.

Sebuah hotel megah yang tinggi berdiri di Pantai Sanur. Hotel yang bernama Inna Grand Bali Beach ini mungkin satu-satunya hotel di Bali yang “melanggar” pakem. Peraturan adat di Bali menyatakan mendirikan bangunan tidak boleh melebihi tinggi pohon kelapa. Jadi, jika Anda pergi ke Bali jangan heran hampir semua bangunan di pulau itu tidak ada yang tinggi-tinggi, rata-rata tingginya hampir mencapai tinggi pohon kelapa.

Hotel Inna Grand Bali Beach

Hotel Inna Grand Bali Beach

Hotel Inna Grand Bali Beach adalah hotel yang areanya sangat luas, melebar dari utara ke selatan. Selain bangunan yang tampak megah itu, hotel ini juga mempunyai bungalo-bangalo dan vila yang terpisah dari gedung. Kebayang berapa banyak pegawai hotelnya untuk melayani tamu-tamunya yang tinggal berpencar-pencar. Namun tamu hotel ini ketika saya ke sana tidak terlalu banyak, kamar-kamarnya banyak yang kosong padahal saat itu peak season, mungkin wisatawan yang berminat ke Sanur tidak sebanyak ke Pantai Kuta.

Area luas di depan hotel, dari jauh tampak lapangan golf.

Area luas di depan hotel, dari jauh tampak lapangan golf.

Area luas di depan hotel  tampak dari lantai 9

Area luas di depan hotel tampak dari lantai 9

Saya dan keluarga menginap di hotel ini. Halaman belakang hotel ini sudah berupa pantai, jadi kalau mau berenang di laut tidak perlu berjalan jauh lagi.

Foto narsis di Pantai Sanur dengan latar belakang Hotel Inna Grand Bali Beach

Foto narsis di Pantai Sanur dengan latar belakang Hotel Inna Grand Bali Beach

Foto narsis lainnya

Foto narsis lainnya

Di sepanjanng Pantai Sanur di belakang hotel terdapat jogging track yang banyak diguankan oleh para turis untuk berjalan atau lari-lari, termasuk bersepeda dengan menyewanya dari rental sepeda. Sangat asyik berjalan pagi di sini atau bersepeda tandem hingga menuju desa adat Sanur.

Sekali-sekali coba ke Pantai Sanur deh…

Pos ini dipublikasikan di Cerita perjalanan. Tandai permalink.

6 Balasan ke Pantai Sanur yang Menenangkan

  1. ahmad berkata:

    Pak, foto2 tahun baru di sanur tidak di upload?

  2. otidh berkata:

    Saya baru tahu Pak ada aturan tidak boleh mendirikan bangunan melebihi tinggi pohon kelapa. Di pinggir pantai Kuta saya lihat banyak sekali hotel-hotel berbintang yang tinggi-tinggi.

    • rinaldimunir berkata:

      Ada di sini keterangannya Dhito:

      1. http://news.liputan6.com/read/173060/melanggar-imb-hotel-dibongkar
      Liputan6.com, Badung: Bangunan Hotel Anantara di bibir pantai Seminyak, Kuta, Bali, baru-baru ini, dibongkar paksa satuan polisi pamong praja. Pasalnya tinggi bangunan hotel dinilai melanggar peraturan daerah terkait izin mendirikan bangunan.

      Pembongkaran difokuskan pada lantai lima yang digunakan sebagai diskotek. Ketinggian bangunan sudah melebihi batas maksimal yaitu 15 meter, termasuk penambahan ruang diskotek di lantai atas hotel. Pihak pengelola hotel yang didampingi tim kuasa hukum tidak dapat berbuat apa-apa saat tim yustisi Kabupaten Badung dan Satpol PP membongkar.

      Terbitnya aturan ini tidak terlepas dari adanya aturan adat yang menyebutkan, semua bangunan rumah di Bali tak boleh melebihi tinggi pohon kelapa. Aturan itu merupakan penghormatan terhadap sejumlah pura persembahyangan yang ada di bawahnya.(OMI/Aries Wicaksono)

      2. http://www.leniwijayanti.com/2011/11/bali-tanpa-pencakar-langit.html
      Sejak jaman dahulu kala, walaupun tidak ada aturan secara tertulis, tapi bangunan di Bali tingginya dibatasi, tidak boleh melebihi tinggi pohon kelapa. Namun pada awal tahun 1960an, aturan itu sempat terusik dengan mulai dibangunnya Hotel Bali Beach (sekarang Inna Grand Bali Beach). Pembangunan Hotel Bali Beach terlanjur direncanakan dan dilaksanakan sejak awal tahun 1960-an. Akhirnya menjadi kenyataan, hotel ini diresmikan tanggal 1 November 1966. Inilah satu-satunya hotel atau bangunan di Bali yang tingginya melebihi 15 meter.
      http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_warisan_kebudayaan_Bali

      3. http://mazayakamilia.wordpress.com/2012/12/10/perubahan-pada-arsitektur-rumah-bali/

      • rinaldimunir berkata:

        Tambahan: pihak hotel seringkali mengakali peraturan tsb dengan membuat bangunan yang terletak di bawah ketinggian tanah (kontur tanah yang ada lembahnya), lalu menjulang ke atas, namun tetap tidak melebihi tinggi pohon kelapa yang ada di dekat sana. Namun jika diukur tingginya dari atas ke bawah tetap saja melebihi 15 meter, atau melebihi tinggi pohon kelapa.

  3. Ping balik: Pantai Sanur (Lagi) | Catatanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s