Berkunjung ke Asrama Mahasiswa di Kampus ITB Jatinangor

Ketika meninjau tahap pembangunan akhir gedung KOICA-ITB Cyber Security Center di Kampus ITB Jatinangor, saya dan teman-teman menyempatkan diri mengunjungi asrama mahasiswa di dalam kampus. Di dalam areal kampus ITB di Jatinangor terdapat empat buah gedung asrama mahasiswa (masing-masing gedung disebut tower). Asrama mahasiswa laki-laki terpisah dengan asrama mahasiswa perempuan.

Empat tower asrama

Empat tower asrama

Dengan adanya asrama mahasiswa ini, maka mahasiswa ITB yang berkuliah di Kampus Jatinangor tidak perlu repot mencari kos di luar kampus. Mau kuliah tidak perlu jauh-jauh lagi berjalan kaki ke ruang kuliah, lagipula semua kebutuhan hidup seperti kantin, minimarket, foto copy, dan lain-lain sudah terdapat di dalam asrama.

Gedung asrama dari dekat

Gedung asrama dari dekat

Ruang terbuka antara setiap tower

Ruang terbuka antara setiap tower

Pemandangan tower dengan latar belakang Gunung Manglayang (?)

Pemandangan tower dengan latar belakang Gunung Manglayang (?)

Diantar oleh petugas asrama, kami meninjau gedung asrama hingga masuk ke dalam kamar untuk melihat-lihat fasilitas di dalamnya. Wah, asrama mahasiswa ini lebih mirip apartemen dibandingkan dengan asrama mahasiswa umumnya. Ruangannya lapang, bersih, dan terang.

Ruang lepas di lantai dasar

Ruang lepas di lantai dasar

Ruang terbuka dipandang dari lantai dasar

Ruang terbuka dipandang dari lantai dasar

Ruang lepas tampak dari lantai atas

Ruang lepas tampak dari lantai atas

Kamar-kamar di setiap lantai

Kamar-kamar di setiap lantai

Lantai dasar yang adem, luas, dan nyaman untuk belajar secara lesehan

Lantai dasar yang adem, luas, dan nyaman untuk belajar secara lesehan

Di lantai dasar terdapat kantin. Mahasiswa yang malas memasak sendiri atau malas ke luar kampus dapat makan di sana. Hmmm… enak nggak sih makanan di kantin ini? Saya tidak sempat mencobanya.

Kantin di lantai dasar. Setiap tower punya kantin sendiri.

Kantin di lantai dasar. Setiap tower punya kantin sendiri.

Sudut lain kantin asrama

Sudut lain kantin asrama

Saya diajak masuk ke dalam kamar mahasiswa. Setiap kamar sudah mempunyai furnitur lengkap (tempat tidur, kasur busa, lemari gantung, kursi, dan meja belajar) dan setiap kamar diisi dua orang. Menariknya lagi, di dalam kamar terdapat kamar mandi/toilet, ruang kecil yang dapat digunakan sebagai pantry (dapur), dan tempat untuk menjemur pakaian. Dengan kamar mandi yang terdapat di dalam kamar, maka mahasiswa tidak perlu lagi antri untuk mandi atau buang hajat bila kamar mandinya berada di luar yang digunakan untuk bersama, sebagaimana asrama lain umumnya.

Atas seizin penghuni kamar ini, saya memotret kondisi di dalam kamar.

Atas seizin penghuni kamar ini, saya memotret kondisi di dalam kamar.

Satu kamar pada setiap lantai disediakans ebagai ruang "common", dapat dipakai untuk tempat belajar bersama atau untuk diskusi/rapat

Satu kamar pada setiap lantai disediakans ebagai ruang “common”, dapat dipakai untuk tempat belajar bersama atau untuk diskusi/rapat

Dapur di dalam ruang "common"

Dapur di dalam ruang “common”

Rupanya asrama ini tidak hanya untuk mahasiswa saja. Beberapa kamar dicadangkan khusus bagi tamu yang menginap, misalnya dosen, orangtua mahasiswa, atau untuk mahasiswa yang mempunyai keterbatasan fisik (tidak bisa naik ke lantai atas). Kamar khusus untuk tamu/orangtua ini sedikit lebih “mewah” daripada kamar mahasiswa umumnya, sebab di dalamnya terdapat pantry (dapur) lengkap dengan perabotan memasak seperti foto di bawah ini.

Kamar untuk tamu

Kamar untuk tamu

Kamar mandi di dalam kamar dan di sebelahnya pantry.

Kamar mandi di dalam kamar dan di sebelahnya pantry.

Ruang pantry di dalam kamar

Ruang pantry di dalam kamar

Sungguh indah pemandangan terlihat dari gedung asrama. Dari sisi depan tower kita dapat melihat pemandangan gedung-gedung di dalam kampus ITB Jatinangor, salah satunya amphitheater yang luas dan megah.

Amphitheater tampak dari lantai atas tower asrama.

Amphitheater tampak dari lantai atas tower asrama.

Sudut foto amphitheater

Sudut foto amphitheater

Amphitheater

Amphitheater

Hmmm…. sunguh nyaman rasanya tinggal di asrama kampus ITB Jatinangor. Sudah nyaman dan luas, murah lagi. Saya tanya ke petugas asrama berapa sewa asrama per bulan untuk setiap mahasiswa. Saya kaget ketika dia menjawab “hanya” Rp250.000 per bulan. Haa..! Dengan fasilitas yang all-in seperti itu kalau kos di kota Bandung mungkin harganya sudah di atas 1 juta rupiah per bulan.

Semoga mahasiswa yang tinggal di asrama ITB Jatinangor itu menjadi lebih nyaman belajar di kampus ITB yang baru itu, dan semakin semangat untuk berprestasi.

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

15 Balasan ke Berkunjung ke Asrama Mahasiswa di Kampus ITB Jatinangor

  1. I.S. Siregar berkata:

    wahh keren sekali yaa… melihat foto-fotonya jadi teringat masa lalu yang pernah nge-asrama juga.😀
    jadi kangen suasana berkumpul dan berdiskusi bersama… kalau di asrama mahasiswa ITB ini ada perpustakaannya ga ya?

  2. zara-veer berkata:

    wah…. bagus y.. dulu kalo main ke nangor cuma sekilas, ga pernah masuk ke asramanya, skrg uda lulus jd y cukup melihat saja🙂

  3. edisonmanik berkata:

    wah, keren ya…
    jadi pengen. itu asrama untuk semua program ya pak? anak Pasca ada juga disana?

  4. Sumaryono berkata:

    kalau tempat kuliah SITH berapa km / menit dari asrama Jatinagor ini ?

  5. mbakje berkata:

    Jatinangor-nya sebelah mana kah? Dekat pangkalan Damri kah?

  6. Muhammad Fuaedi berkata:

    ralat kang, gak semua tower ada kantinnya hehe
    kantin ada di tower 2 (hijau) dan 3 (merah)

  7. wah, cuma pernah liat dari luar aja.. gak tau dalemannya kayak gini🙂

  8. Semoga dipelihara dengan ketat, biar tetapi rapi dan bersih, tidak seperti kebanyakan bangunan di kebanyakan universitas di Indonesia yang digunakan secara tidak disiplin.

  9. ane berkata:

    semua asrama ITB kayak di Asrama Sangkuriang, Kidang Pananjung, dan Kanayakan bayarnya rata 250 ribu/bulan pak. tapi sayang asrama sangkuriang, yanng mirip dengan asrama Jatinangor ini kurang terawat. udah kayak bangunan terbengkalai. seharusnya di cat ulang dengan kombinasi warna yang menarik kayak yg di jatinangor.

  10. Dimas berkata:

    Mantap ya asramanya.

    Kalo mahasiswa pasca S2 FMIPA ITB, asramanya dimana ya? Apa boleh disini atau di bumi ganesha?

    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s