Hasil Pileg 2014 yang Membuat Terkejut

Pemilu legislatif (Pileg) 2014 sudah selesai digelar. Hasil-hasilnya sudah kita ketahui bersama dari media massa, meskipun baru berupa hasil hitung cepat (quick count). Berdasarkan pengalaman, hasil hitung riil nanti tidak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat.

Saya memantau hasil hitung cepat Pileg di televisi sejak siang. Pergerakan angkanya sangat lambat. Untuk membunuh waktu, sesekali saya berkeliling ke beberapa TPS di dekat rumah untuk melihat proses perhitungan suara. Saya amati sekilas raihan suara Gerindra dan PDIP kejar-kejaran, sementara Golkar agak tertinggal. Saya menduga kalau bukan PDIP maka Gerindara yang menang.

Namun dugaan saya meleset. Seusai waktu maghrib baru terlihat pergerakan suara yang signifikan. Hingga jam delapan malam barulah dapat dipastikan raihan suara partai-partai yang berlaga meskipun baru versi hitung cepat. Ternyata hasil Pileg 2014 memberikan banyak kejutan yang tidak diduga oleh para pengamat dan analisis politik sekalipun. Sungguh! Inilah beberapa kejutan yang berhasil saya rangkum.

Hasil quick count beberapa lembaga survey

Hasil quick count beberapa lembaga survey

Kejutan pertama: PDIP ternyata tidak menang tebal seperti sesumbar Pak Jok(owi). Raihan suara PDIP hanya sekitar 19%, tidak sampai 27% sesuai target partai mocong putih ini. Beberapa pengamat politik dan Projo (kelompok Pro Jokowi) malah memprediksi pencapresan Pak Jok dapat membuat suara PDIP melambung hingga 35%. Kenyataanya? Jokowi effect hanya ilusi, sama sekali tidak terbukti. Sebelum pencapresan Pak Jok, suara PDIP diprediksi sekitar 18 hingga 19%, namun setelah pencapresab Pak Jok suara PDIP tetap 19%, artinya pencapresan Pak Jok tidak membawa pengaruh yang berarti bagi raihan suara PDIP.

Kejutan kedua: Tidak ada partai yang meraih suara dominan. Suara tersebar merata di semua partai, kecuali PBB dan PKPI. Karena tidak ada partai yang meraih 25% suara atau 20% kursi di DPR, maka tidak ada satupun partai yang mempunyai boarding pass capres. Mereka harus berkoalisi agar dapat mengajukan capres dan cawapres.

Kejutan ketiga: Partai-partai Islam yang dirediksi oleh lembaga-lembaga survey akan tamat riwayatnya ternyata memperoleh raihan suara signifikan. Hasil pemilu 2014 membalikkan prediksi lembaga-lembaga survey yang sering mengkerdilkan partai-partai Islam. PKB, PAN, dan PPP mengalami kenaikan suara dibandingkan hasil pemilu 2009, hanya PKS yang mengalami sedikit penurunan. PKB naik dua kali lipat, PAN juga naik tiga persen, dan PPP dua persen. Bahkan, PBB yang diprediksi memperoleh 0,9 persen ternyata masih mendapat 1,6 persen. Total raihan suara partai-partai Islam sekitar 32%, naik dari 26% pada pemilu 2009.

Kejutan keempat: PKS yang diprediksi oleh lembaga-lembaga survey akan turun drastis suaranya karena kasus LHI dan diprediksi tidak lolos ambang batas parlemen ternyata tetap bertahan. Raihan suara PKS sekitar 6,9%, turun sedikit dibandingkan Pemilu 2009 yaitu sekitar 7,8%. Pemberitaan yang masif dan bertubi-tubi tentang kasus korupsi yang melanda LHI ternyata tidak menbuat kader-kadernya lari, terbukti mereka tetap setia. Harapan media tertentu dan kekuatan liberal untuk “memberangus” partai ini ternyata gagal.

Kejutan kelima: Partai Demokrat yang diprediksi akan gembos ternyata tidak gembos-gembos amat. Pada Pemilu 2009 raihan suara Demokrat adalah 20 persen lebih, tetapi pada Pemilu 2014 mereka masih mendapat 10%, masih lebih bagus daripada prediksi pengamat yang mengatakan raihan suara Demokrat akan hancur total karena kasus korupsi.

Kejutan-kejutan pada Pemilu 2014 memberikan pesan moral kepada kita. Rakyatlah yang berdaulat, rakyatlah yang lebih tahu pilihannya sendiri. Mereka tidak terlalu terpengaruh bombardir berita-berita media yang menggiring opini ke orang atau partai tertentu. Kekuatan media, pemilik modal, dan lembaga-lembaga survey yang melacurkan ilmunya untuk kepentingan kelompok tertentu tidak dapat mengelabui mata hati rakyat.

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

5 Balasan ke Hasil Pileg 2014 yang Membuat Terkejut

  1. putricisompet berkata:

    Iya benar.. banyak kejutan hasil pemiluu saat ini.. saya juga sangat senang.. partai islam bisa meraih suara 3X lipat. Ini artinya bahwa kepercayaan masyarakat Indonesia thd partai Islam bertambah ketimbang pada partai nasionalis

  2. zikrajika27 berkata:

    saya juga kaget, yang dulunya partainya daru tahun ke tahun surveynya dibawah , sekarang meningkat, good job🙂

  3. syarif thoyibi berkata:

    saya suka sekali dengan paragraf terakhir…..

  4. Elfrida berkata:

    Semoga saja dengan para pemimpin baru, Indonesia bisa jadi lebih baik ya.

  5. Dani Rd berkata:

    Mudah mudahan dengan pemimpin baru nanti, indonesia akan jdi lbih baik,, siapapun presidennya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s