Melihat Pramugari Garuda Indonesia Sholat di Atas Pesawat

Beberapa hari ini di jejaring sosial Facebook beredar foto pramugari Garuda Indonesia sedang menunaikan sholat di kursi belakang pesawat. Sang juru foto adalah Eddie Putera, seorang fotografer warganegara Malaysia yang sedang berada di atas pesawat tersebut. Dia secara kebetulan memotret pramugari yang sedang sholat itu karena dia duduk di bangku paling belakang yang biasanya kosong. Eddie mengunggah ketiga foto jepretannya di akun Facebook-nya. Seperti diberitakan di dalam situs Berita Power, ketika 10 menit setelah take-off, Eddie merasa terkantuk-kantuk. Tiba-tiba ada seorang pramugari yang membuka kompartemen (kabin) di atas, sepertinya hendak mengambil sesuatu dari tasnya. Dikiranya pramugari itu akan bersalin baju, tidak tahunya dia mengambil mukena (telekung) dan menunaikan sholat sambil duduk. Eddie mengambil 3 gambar, dan ini dua diantaranya yang memperlihatkan pramugari tersebut sedang sholat (sumber foto dari situs Berita Power).

Pramugari Garuda Indonesia mengambil sesuatu seperti kain dari tasnya.

Pramugari Garuda Indonesia mengambil sesuatu seperti kain dari tasnya.

Pramugari tersebut sedang sholat sambil duduk.

Pramugari tersebut sedang sholat sambil duduk.

Menurut saya ini foto yang langka – meskipun sholat di atas pesawat adalah hal yang biasa saja-, karena sangat jarang kita melihat pramugari menunaikan sholat di atas pesawat. Kalau penumpang pesawat sholat sambil duduk di atas kursinya itu adalah hal yang lumrah. Agama mengajarkan kita untuk sholat dalam keadaan apapun, baik dalam keadaan sehat atau dalam keadaan sakit sekalipun, baik sedang berdiam atau sedang dalam perjalanan. Jika tidak bisa berdiri, ya duduk, kalau tidak bisa duduk, ya berbaring. Apalagi dalam perjalanan jauh sebagai musafir, seorang muslim mendapat keringanan melakukan sholat dengan jamak (menggabungkan dua shalat dalam satu waktu) dan qashar (meringkas sholat yang empat rakaat menjadi dua rakaat).

Tentu saja saya yakin pramugari ini menunaikan sholat ketika sedang tidak sibuk melayani penumpang. Pramugari kan tidak selalu mondar mandir setiap saat dari depan ke belakang. Adakalanya mereka duduk-duduk di bagian depan atau di bagian belakang setelah tugas mengantarkan hidangan dan lain-lainnya selesai. Nah, mungkin di sela-sela kesibukan itu pramugari yang taat ini mengambil sedikit waktu untuk menunaikan kewajibannya sebagai seorang muslimah, yaitu sholat wajib.

Subhanallah, saya berempati melihat foto ini. Di tengah kesibukannya, dia masih meluangkan waktu sejenak “menghadap” Tuhannya. Orang-orang di Garuda Indonesia seharusnya bangga dengan foto ini, karena perusahaan mereka memberi kebebasan kepada pegawainya untuk menunaikan kewajiban agama.

Catatan: Jika anda tidak bisa mengakses situs Berita Power di atas, anda dapat membaca beritanya di situs Fimadani ini.

Pos ini dipublikasikan di Agama, Titian Indonesia - Malaysia. Tandai permalink.

27 Balasan ke Melihat Pramugari Garuda Indonesia Sholat di Atas Pesawat

  1. peta berkata:

    respek saya kpd pramugari garuda tsb. mengingatkan saya pd cerita ust felix siauw, ttg pramugari yg bertanya kpd ust felix bagaimana keinginannya utk berhijab tpi terbentur dg aturan maskapai.
    saya rasa, pramugari shalat di pesawat itu seharusnya hal biasa krn aktivitas mereka memang di pesawat. semoga para penumpangnya , yg tdk biasa naik pesawat dan menjadikan alasan naik pesawat utk tdk shalat, bisa meniru pramugari tsb.

  2. salut dengan keistiqomahan pramugari tersebut..

  3. I.S. Siregar berkata:

    keren… luar biasa.
    Dimanapun berada selalu ingat kewajiban

  4. Irwandi A. Muhiddin berkata:

    Semoga menjadi contoh pramugari yg lain …..

  5. nano sujana berkata:

    Subhanallah

  6. Muchlis berkata:

    Semoga Allaah senantiasa memberkahinya

  7. vebrow berkata:

    ﻪﻠﻟﺍ ﻥﺎﺤﺒﺳ

  8. rahayu berkata:

    subhanAllah

  9. taufiq berkata:

    subhanaullah

  10. mujahid berkata:

    Shalat bukan lagi kewajiban baginya, tapi Цϑαћ jadi kebutuh, subhanallah…

  11. raffy alrasyid berkata:

    Subhanallah suatu teguran buat kita,yg banyak wktu untuk mlkukan kwjiban yg mnjadi tiang agama kita.

    Smga mnjadi cerminan baik n psitif buat kita smua dri seorg pramugri ini…

    Sehat sllu km mba smga allah snantiasa milmpahkan rahmat nya untuk mu mba amin

  12. alfiradamayanti berkata:

    saya salut sama kak pramugari biar puun menjalangkan tugas tapi tdk perna meninggalkan sholat🙂🙂

  13. rahmawati berkata:

    . saluuut ama kakak🙂 (Y)

  14. Arik Hape berkata:

    Subhanallah… Semoga Allah memberkahi… dan menjadi contoh buat yang lain… Kewajiban tugas terpenuhi tanpa meninggalkan Kewajiban kepada Tuhannya… Mantab lah… (y)

  15. Maxgrosir berkata:

    maha suci tuhan, ternyata pramugari bisa juga untuk sholat dan sedikit bangga bagi yang berprofesi pramugari

  16. adi berkata:

    subhanallah….

  17. ZAMRONI berkata:

    SEMOGA ALLAH MELINDUNG MEREKA SEMUA

  18. jerry berkata:

    Patut ditiru Oleh pramugari MASKAPAI / AIRLINE Lainnya

  19. Putra berkata:

    Subhanallah…Ketaqwaan seorang Hamba yang TIDAK MELUPAKAN KEWAJIBAN sebagai seorang MUSLIMAH.Semoga ini menjadi Contoh PRAMUGARI lainnya krn Kita tidak Tahu akankah Di udara atau Pada saat Landing tdk akan terjadi sesuatu terhadap Pesawat tsb…

  20. Urang Bandung berkata:

    Biasa itu Pak sebagai muslim/muslimah, dan bukan untuk dibangga2in. Lagian, orang sholat, bukan muhrim lagi, kok difoto dan disebar2kan Pak? Apa sudah ada ijin? Kalau belum, kayaknya dosa itu Pak.

  21. andriyoci berkata:

    inti pesan dari tulisan ini, kewajiban sholat….saya ngerasain sendiri kesulitan sholat ketika di pesawat, apalagi jalur mancanegara…beda waktu. postingan nya berisi. thx

  22. shopia berkata:

    sholat itu wajib bagi setiap muslim, di tempat mana saja, termasuk di dalam pesawat…jadi itu biasa saja…tapi tetap salut dg pramugari itu..karena dia bisa menjadi motivator bagi setiap muslim di mana saja..bahwa melaksanakan sholat itu merupakan kewajiban musim….
    ketika Saya menunaikan ibadah umrah 2012 kemaren, berangkat dari Jakarta dengan pesawat Garuda, malahan Pramugari sempat belajar manasik umrah dengan Saya. Dia ternyata ingin menunaikan umrah juga dan menyempatkan belajar manasik umrah dengan saya.., salut jg kepada Mba pramugari yg jg belajar umrah..

  23. Ping balik: Accidental WOW – Tertangkap Sholat di Pesawat | QuickSTART Indonesia

  24. edh0w berkata:

    subhanallah……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s