Pas Butuh, Pas Ada (Mobil SAMSAT Keliling)

Hidup yang menyenangkan itu adalah hidup yang pas-pasan. Pas lagi butuh, eh pas ada barangnya. Pas butuh uang, eh ada saja yang memberi uang. Pas mau ke tempat kerja, eh ada saja yang memberi tumpangan.

STNK motor saya sudah habis masa pajak tahunannya. Bulan Mei ini sudah harus membayar pajak kendaraan lagi. Mau ke kantor SAMSAT jauh, letaknya di Jalan Soekarno-Hatta sana. Mau mencari mobil SAMSAT keliling yang hari ini mangkal di mal mana juga enggan. Memang ada layanan SAMSAT keliling untuk mengurus pajak kendaraan bermotor atau untuk memperpanjang STNK atau SIM, tetapi biasanya mobil SAMSAT keliling itu hanya mangkal di tempat-tempat keramaian seperti mal dan plaza. Nah, kalau mobil SAMSAT mangkal di mal urusannya jadi repot, sebab kita harus memarkir kendaraan ke basement, lalu jalan lagi ke atas ke tempat mobil SAMSAT.

Entah apa keberuntungan saya hari itu, ketika melewati Jalan Diponegoro ada mobil SAMSAT keliling sedang parkir di pinggir jalan, tepat di seberang masjid PUSDAI. Wah, pas benar ini, pas sedang membutuhkan mobil SAMSAT eh pas ada di depan mata. Saya memang sedang membutuhkan SAMSAT untuk membayar pajak motor yang sudah jatuh tempo.

Mobil SAMSAT keliling sedang melayani masyarakat di pinggir jalan Diponegoro

Mobil SAMSAT keliling sedang melayani masyarakat di pinggir jalan Diponegoro

Mobil SAMSAT keliling

Mobil SAMSAT keliling

Langsung saja saya berhenti dan memarkirkan motor matic kesayangan yang berwarna merah itu. Ini motor yang membawa saya sehari-hari dari rumah ke kampus. Saya lebih senang memakai motor ke mana-mana karena lebih praktis dan cepat.

Motor matic yang selalu membawa saya ke mana-mana

Motor matic yang selalu membawa saya ke mana-mana

Kebetulan saat itu antrian sedang sepi, hanya ada dua orang yang sedang dilayani. Saya segera memasukkan STNK dan KTP. Tidak sampai lima menit kemudian saya dipanggil, langsung bayar. Beres deh. Begitu cepat dan mudah urusannya. Benar-benar praktis, mangkus dan sangkil.

Petugas SAMSAT melayani masyarakat

Petugas SAMSAT melayani masyarakat

Pajak kendaraan sudah dibayar, slip pajak yang baru menggantikan slip pajak yang lama di STNK. Senangnya jika sudah membayar pajak.

Slip pajak motor

Slip pajak motor

~~~~~~~~~~~~~

Ngomong-ngomong, saya suka layanan “jemput bola” seperti ini. Dulu kita yang harus datang untuk melunasi kewajiban, sekarang mereka yang mendekati kita untuk langsung menjemput kewajiban itu. Coba kalau pola pikir instansi pegawai pemerintah seperti ini, rakyat pasti senang. Abdi negara itu tugasnya melayani, bukan dilayani.

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

4 Balasan ke Pas Butuh, Pas Ada (Mobil SAMSAT Keliling)

  1. User2014 berkata:

    Kalo kebaikan gini pasti ga ada yang mau bahas partainya gubernur Jawa Barat padahal jelas – jelas itu adalah atas nama Pemprov Jawa Barat. Giliran si jok*wow aja Panastak – nya terutama Jasmev bentukan Kartika Djoemadi langsung membela.

  2. nengwie berkata:

    Salut deh..👍👍

  3. Istanamurah berkata:

    iya asalkan tidak ada unsur lain dibalik kenyamann yg diberikan gan, hehe

  4. alrisblog berkata:

    Seharusnya memang begini yang namanya pelayanan. Masa mau nyumbang ke negara mesti ngantar, hehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s