Program Studi Informatika ITB Memperoleh Akreditasi ABET

Dua tahun yang lalu saya menulis persiapan Informatika ITB Menuju Akreditasi ABET. Setelah dikunjungi (visitasi) dan dinilai oleh asesor ABET dari negeri Paman Sam, maka dengan mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, pada tanggal 22 September 2014 Program Studi Informatika ITB mendapat surat resmi dari ABET yang menyatakan bahwa Prodi kami resmi memperoleh akreditasi internasional ABET. Dengan demikian di ITB sudah ada tujuh Program Studi yang terakreditasi ABET, yaitu Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Kelautan, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, dan Informatika.

Akreditasi ABET (latar belakang Gedung Labtek V dan VIII, tempat prodi Informatika berrada). Sumber foto: https://stei.itb.ac.id/blog/2014/09/29/4367/

Akreditasi ABET (latar belakang Gedung Labtek V dan VIII, tempat prodi Informatika berrada). Sumber foto: https://stei.itb.ac.id/blog/2014/09/29/4367/

Kerja keras untuk menyiapkan semua dokumen akreditasi akhirnya berbuah manis. Akreditasi ini menjadi kebanggaan mahasiswa, dosen, dan alumni Informatika ITB. Dengan demikian Program Studi Informatika ITB sejajar dengan Program Studi serupa di perguruan tinggi terkemuka dunia. Lulusan Informatika ITB akan mendapat pengakuan internasional dan akreditasi ini menjadi nilai plus untuk bersaing di tingkat global.

Akreditasi ABET ini resminya berlaku mulai 1 Oktober 2014. Hanya sayangnya kami tidak boleh mempublikasikan durasi (masa berlaku) akreditasi tersebut. Saya tidak tahu alasannya kenapa, katanya aturan ABET begitu. Ya sudahlah kalau memang tidak boleh🙂.

Yang paling sukar sekarang ini adalah mempertahankan akreditasi tersebut, yaitu bagaimana seluruh proses perkuliahan sejak terakreditasi harus sesuai dengan standard ABET. Mempertahankan ternyata lebih sulit daripada mendapatkannya.

(berita terkait dapat dibaca pada laman web fakultas STEI-ITB: Teknik Informatika ITB Resmi Mendapat Akreditasi Internasional ABET)

Pos ini dipublikasikan di Seputar Informatika. Tandai permalink.

6 Balasan ke Program Studi Informatika ITB Memperoleh Akreditasi ABET

  1. Muhammad Fawaaid berkata:

    Terima kasih Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya Ya!! ^^
    http://aikawafaith.blogspot.com/

  2. Pradipta berkata:

    Pak Rinaldi, saya mantan mahasiswa Informatika ITB yang mengundurkan diri karena masalah keluarga (Ayah saya dipenjara). Kini saya sudah lulus S1 dari UII dan sedang melanjutkan S2 di universitas yang sama. Tapi saya masih ingin mencoba kuliah pascasarjana (S2/S3) di ITB jurusan Double Degree Sains Komputasi di fakultas FMIPA. Masih bisakah saya mendaftar?

    • rinaldimunir berkata:

      Halo Pradipta. Oh tentu bisa. Yang tidak bisa adalah bila sudah undri di S1, maka tidak bisa ikut tes masuk S1 lagi. Kalau mau ambil S3 di ITb meskipun pernah undri di S1 ITB, masih bisa mendaftar.

  3. Pak Rinaldi, saya Afif baru saja lulus dari jurusan Matematika UI thn 2015, saya mau tanya pak tentang sains komputasi ITB, saya ingin sekali melanjutkan kesana .. namun sayang sekali lpdp belum mendaftar prodi tsb karena mungkin karena masih baru dan masalah akreditasi,

    Kira2 ada rekomendasi beasiswa nggak pak apabila saya mendaftar ke sana ?

    saya ingin sekali ngobrol banyak dengan pak rinaldi, kalo boleh saya ingin kirim2 email dengan bapak di afifai@sci.ui.ac.id

    Terima kasih sebelumnya pak

  4. Piyu berkata:

    Untuk bisa menjadi World Class University seharusnya ITB berani mengurangi daya tampung setiap jurusannya. Sebagai kompensasinya bisa menaikkan spp untuk mahasiswa kaya. Saat ini program studi STEI ITB daya tampungnya besar sekali sampai 200-an mahasiswa. Kalau kuliah besar, kasihan yang duduk paling belakang tidak kedengeran. Idealnya sekelas maksimal hanya 20-30 mahasiswa saja seperti di universitas-universitas Ivy League di Amerika, sehingga perkuliahan bisa lebih fokus. Saya sudah pernah kuliah S1 sekelas 90 mahasiswa dan kuliah S2 seangkatan hanya 10 orang, saya lebih nyaman kelas kecil saat S2 karena bisa lebih fokus belajar dan lebih akrab dengan dosen2nya.

Tinggalkan Balasan

