Sholat Jumat di Masjid Al-Amanah, Hotel Holiday Inn Bandung

Beberapa hari ini saya ada kegiatan mengisi acara workshop di sebuah hotel di Jalan Dago, Bandung. Ketika Hari Jumat tiba, saya memutuskan sholat Jumat di dekat hotel saja. Tahu sendiri kan tidak ada masjid di pinggir Jalan Dago. Kalau mencari masjid yang terdekat adalah masjid Salman ITB di Jalan Ganesha. Berhubung hotel saya cukup jauh dari Masjdi Salman, saya bertanya kepada teman mau sholat Jumat di mana. Ternyata ada masjid yang dekat dengan hotel saya. Masjid tersebut terletak di dalam lingkungan Hotel Holiday Inn, sebuah hotel bintang empat yang megah di Jalan Dago.

Hotel Holiday Inn, Dago.

Hotel Holiday Inn, Dago.

Saya dan teman berjalan masuk ke halaman hotel Holiday Inn. Masjid di hotel ini terletak di basement dekat parkiran mobil. Meskipun terletak di lantai basement, tetapi pihak hotel begitu menghormati keberadaan masjid dan memang ‘niat’ untuk mengadakannya. Masjid di basement tersebut sangat luas dan lapang, aliran udaranya pun terjaga dengan baik dan segar. Saya sebut memang ‘niat’ karena masjid tersebut diberi nama Masjid Al-Amanah. Nama itu dapat kita baca pada pintu masuknya.

Masjdi Al-Amanah, Holiday Inn

Masjdi Al-Amanah, Holiday Inn

Sajadah karpet yang tebal menghiasi lantai basement. Keberadaan karpet hijau ini membuat suasana di dalam masjid terasa adem dan lapang. Tempat sholat untuk perempuan dibatasi dengan sebuah tabir di area belakang.

Suasana di dalam masjid.

Suasana di dalam masjid.

Sholat Jumat hari itu penuh dengan jamaah. Jamaah masjid tidak hanya karyawan hotel dan tamu-tamunya saja, tetapi juga para karyawan dan tamu hotel lain di dekat situ, termasuk karyawan dan pekerja kantor yang berada di sekitar hotel. Selesai sholat saya meninggalkan masjid dengan rasa syukur. Saya hampir tidak percaya ada hotel yang menyediakan masjid yang luas dan bagus buat jamaahnya. Hotel tempat saya memberikan workshop “hanya” menyediakan sebuah ruang kecil untuk mushola di lantai basement yang agak sulit dicapai oleh para tamu.

Saya berdoa semoga hotel-hotel yang memuliakan masjid di dalamnya diberi keberkahan oleh Allah SWT, semoga tamu-tamu yang menginap bertambah banyak dan masjid yang dibangunnya semakin dimakmurkan dan selalu disebut Asma Allah di dalamnya.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Bandung. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sholat Jumat di Masjid Al-Amanah, Hotel Holiday Inn Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s