Ponsel Pintar 4G dari Kampus ITB

Beberapa waktu yang lalu media sosial ramai mem-posting beriuta dari sebuah media nasional tentang ponsel pintar (smart phone) dengan teknologi 4G yang dibuat oleh dosen ITB. Ponsel tersebut diberi nama Ivo. Silakan baca beritanya di sini: Keren, ITB Sukses Bikin Ponsel Lokal Berteknologi 4G.

Berita tersebut menjadi istimewa karena ada rasa bangga bangsa kita mampu memproduksi ponsel sendiri, apalagi ponsel pintar dengan teknologi terbaru 4G. Namun jika disebut ponsel buatan dalam negeri atau buatan ITB tidak benar juga, mungkin lebih tepat disebut sebagai ponsel pintar dengan tingkat komponen dalam negeri 30% dan pakar dari ITB (tepatnya dari fakultas STEI-ITB) terlibat di dalamnya. Seperti dikutip dari berita di atas, “Mayoritas komponen produk dari Cina, karena di sini masih sulit didapat,” katanya. Adapun lokasi perakitan dan pembuatannya di Batam. Lokasi itu dipilih karena pabrikan di sana sudah beroperasi selama 22 tahun dan bebas pajak”.

Sebenarnya berita peluncuran ponsel pintar tersebut bukan berita baru. Media sudah mempublikasikannya sejak bulan Juli yang lalu (baca: Smartphone 4G Lokal Didesain ITB). Spesifikasi ponsel Ivo tersebut bisa dibaca pada tulisan ini: Ivo, Smartphone 4G Buatan Indonesia yang Siap Menggebrak) dan ini.

Saya berkesempatan melihat ponsel tersebut. Beberapa ponsel Ivo dibagikan kepada beberapa orang di fakultas saya. Di bawah ini beberapa foto ponsel Ivo yang saya jepret dari ponsel rekan saya. Menurut yang memakainya, ponsel Ivo rancangan Mikroelektronika ITB tersebut kencang sekali operasinya, mungkin karena kecepatan prosesornya yang bagus.

Tampak depan ponsel Ivo dengan sistem operasi Android

Tampak depan ponsel Ivo dengan sistem operasi Android

Tampak belakang ponsel Ivo

Tampak belakang ponsel Ivo

Dengan harga sekitar dua juta ke bawah dan terintegrasi dengan paket internet BOLT, apakah ponsel buatan dalam negeri ini akan merebut hati pengguna ponsel di tanah air? Wallaahu alam.

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ponsel Pintar 4G dari Kampus ITB

  1. Adi Setiadi berkata:

    subhanallah..luar biasa pakšŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s