Pemandangan Gunung Bromo dari Atas Pesawat

Dalam perjalanan dengan pesawat dari Bandung ke Denpasar, saya sangat beruntung menyaksikan pemandangan alam Gunung Bromo dan sekitarnya dari udara. Jika anda bepergian pada pagi hari dengan pesawat dari Bandung, maka pesawat akan mengambil rute menyusuri selatan pulau Jawa. Jika kebetulan cuaca sangat cerah dan anda dapat seat di sebelah kanan pesawat, maka bersiaplah menyaksikan pemandangan alam yang mempesona. Ada puluhan gunung berserakan di Pulau Jawa yang tampak dari atas pesawat, namun karena saya sudah jalan-jalan ke Gunung Bromo satu bulan sebelumnya, maka saya dapat mengidentifikasi mana yang Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Lihatlah foto di bawah ini. Gunung terkiri yang paling kiri dan mengeluarkan asap itulah Gunung Semeru. Selanjutnya di latar depan adalah sebuah kawah raksasa yang disebut kaldera. Itulah kaldera Gunung Tengger yang pernah meletus ratusan atau jutaan tahun yang lalu. Kaldera ini berisi pasir sehingga dinamakan lautan pasir. Di atas lautan pasir itu tampak Gunung Batok dan di belakangnya adalah Gunung Bromo yang mengeluarkan asap.

Gunung Semeru (kiri), Gunung Bromo (berasap), dan Gunung Batok di depannya.

Gunung Semeru (kiri), Gunung Bromo (berasap), dan Gunung Batok di depannya.

Saya memotretnya dengan kamera ponsel (yang diaktifkan dengan mode pesawat sehingga tidak ada sinyal dan tidak mengganggu penerbangan). Kualitas gambarnya mungkin tidak terlalu bagus karena obyek yang difoto sangat jauh jaraknya, tetapi jika anda menyaksikannya sendiri dari atas pesawat anda akan mengucapkan Masya Allah, duhai begitu indahnya ciptaan Allah SWT. Mata saya agak basah karena begitu terharu melihatnya.

Beberapa detik kemudian pesawat sudah hampir meninggalkan Gunung Bromo, dan saya masih sempat memotretnya dua kali lagi sebagai kenang-kenangan.

DSC_0273

DSC_0274

Kelak jika ada waktu saya ingin jalan-jalan ke Gunung Bromo lagi.

Pos ini dipublikasikan di Cerita perjalanan. Tandai permalink.

4 Balasan ke Pemandangan Gunung Bromo dari Atas Pesawat

  1. reza aprilda berkata:

    pinginn bangettt ke bromo..

  2. ben berkata:

    Sependek pengetahuan saya, izin menggunakan flight mode hanya ada di US pak? Klu di Indonesia gmn itu pak? Apakah tdk mengganggu komunikasi radio dgn atc?

  3. Fahdianaligautama berkata:

    Beruntung sekali bisa ambil gambar Dari udara, jadi terbayang situasinya..baru tanggal 1 Januari 2015 yang lalu kami sekeluarga berlibur ke Taman Nasional BromoTengger Semeru..Terima kasih..

  4. Abenx Sagara berkata:

    Belum pernah liat bromo dari atas pesawat sih, tapi udah pernah liat dari bromonya langsung, hehe. Kunjungi juga blogku yah http://www.idiotraveler.com ada ceritaku saat berkunjung ke bromo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s