Hikmah Air Ledeng “Ngocor” pada Dini Hari

Kalau air ledeng di rumah anda mati karena pompa rusak atau saluran PDAM di rumah ngadat, bagaimana sikap anda? Tentu anda kesal dan uring-uringan, bukan? Satu keluarga butuh air untuk mandi, BAB, mencuci, dan sebagainya, lalu ketika air di rumah tidak mengalir semua menjadi repot. Alternatifnya adalah meminta air ke rumah tetangga, atau menunggu pedagang air yang menjual air pakai jerigen lewat. Tetapi, tentu cara ini tidak bisa terus diandalkan. Malu juga toh jika setiap hari minta air ke rumah tetangga. Tidak ada cara lain selain memanggil tukang ledeng atau tukang pompa🙂.

Satu hari air ledeng tidak mengalir masih bisa menahan diri, tetapi dua hari atau tiga hari tentu hilang kesabaran. Ini beda sekali jika sehari tidak menggunakan ponsel atau menggunakan internet. Sehari, seminggu, sebulan, atau bahkan bertahun-tahun tidak menggunakan ponsel atau internet kita toh masih bisa hidup. Sehari tidak chatting atau mengganti status di media sosial kita masih bisa haha-hihi. Lihatlah para petani di desa-desa, mereka tetap nyaman meskipun tidak pernah memakai ponsel atau mengakses internet. Tetapi, kalau air tidak ada, kita bisa mati.

Itu pula yang pernah saya alami ketika air di rumah tidak ngocor. Pusing deh tujuh keliling. Kalau hanya saya sendiri yang merasakan tentu tidak masalah, saya bisa mandi di kantor atau numpang di masjid, tetapi kalau anak-anak tentu tidak bisa demikian. Menurut saya air adalah kebutuhan paling vital di rumah. Ketika saya dulu membeli rumah (rumah seken sih), hal pertama yang saya tanyakan adalah kondisi sumber airnya. Air tanahkah atau air ledeng? Jika air ledeng, apakah air ledengnya lancar? Kalau kondisi sumber air tidak memuaskan, maka rumah tersebut saya coret dari daftar peminatan. Apa gunanya punya rumah tetapi airnya susah.

Dulu ketika saya membeli rumah di Antapani Bandung pada tahun 2005, air ledeng di rumah mengalir cukup lancar. Air hanya mati dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang, setelah itu pasokan air ledeng lancar siang malam. Saya tidak pernah kekurangan air, padahal di jalan sebelah -masih dalam satu RT- air ledengnya tidak selancar saya, hanya ngocor pada waktu lewat tengah malam. Tetapi saat ini saya tidak bisa lagi menikmati air ledeng melimpah siang malam seperti dulu. Kawasan Antapani sudah berkembang luar biasa, kompleks perumahan baru bermunculan di mana-mana. Sudah habis tanah di sana menjadi menjadi rumah, sawah-sawah sudah tidak ada bersisa, bahkan balong pun diuruk menjadi kompleks perumahan baru.

Bertambahnya perumahan baru berarti bertambah pula permintaan sambungan baru air PDAM. Alhasil, air ledeng harus dibagi-bagi ke perumahan baru tersebut. Dampaknya sudah terasa, pasokan air ledeng ke rumah sudah tidak selancar dulu lagi. Biasanya dulu jam 12 siang air sudah mengalir, sekarang air baru ngocor lewat jam 12 malam. Saya harus bangun jam 3 pagi, menyalakan pompa dari pipa PDAM, mengisi toren air selama satu jam lebih, dan mengisi bak mandi penuh-penuh.

Namun ada hikmahnya air ledeng ngocor pada waktu dinihari. Saya jadi punya kesempatan untuk sholat malam (tahajud) setiap malam. Sambil menunggu air di toren penuh, saya bisa menunaikan sholat tahajud pada keheningan malam. Dibalik kesempitan ternyata ada kelapangan. Alhamdulillah.

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado, Pengalamanku. Tandai permalink.

5 Balasan ke Hikmah Air Ledeng “Ngocor” pada Dini Hari

  1. Abi Asma' Salsabila berkata:

    Benar sekali, sebenarnya setiap peristiwa apapun itu selalu terselip hikmah. Tinggal kita jeli tidak melihat itu. Terus berkarya…

  2. A. Alimin berkata:

    seperti teman saya di asrama kampusnya. Dia punya tugas sebagai penanggung jawab fasilitas, jadi tiap malamnl jam 3 harus menghidupkan air dan memastikan toren terisi. Itu juga yg membuatnya bisa bangun tahajud tiap hari.

  3. cahyanidwy berkata:

    bijak sekali🙂

  4. assa berkata:

    Bersama satu kesulitan ada beribu macam jalan keluar mas🙂

    Waktu mesin pompa air aprtmen kami rusak, bawaannya pusing. Mesti bolak balik lantai dasar-lantai lima biar bisa dapetin air. Sewaktu pompa airnya slesai diperbaik rasanya gimana gitu. Kayak dapet berkah dari surga. ‘Ala kulli hal Alhamdulillah…🙂

  5. dd berkata:

    Tiap kesulitan pasti ada hikmahnya.
    akhirnya pulau yg jauh pun terjangkau.
    alhamdulillah mas bisa solat malem. Smoga mas sekeluarga bisa naik haji

Tinggalkan Balasan

