Diskotik Modern di dalam Angkot Kota Padang

Beberapa tahun yang lalu saya pernah menulis tentang angkot di kota Padang yang super berisik (baca: Angkot di Kota Padang: Berisik!!!). Nah, tiga hari yang lalu saya pulang ke Padang untuk berziarah ke makam orangtua karena sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan. Saya naik angkot ke pusat kota, dan kali ini saya menemukan pemandangan yang lebih canggih dan modern dibandingkan bberapa tahun yang lalu.

Naik angkot di Padang sekarang serasa berada di dalam diskotik, full musik yang memekakkan telinga. Dashboard depan boleh butut, tetapi seperangkat sound system lengkap layar monitor komputer dan peralatan sinar lampu kelap-kelip harus modern di dashboard belakang. Cobalah bandingkan dengan sound system angkot beberapa tahun yang lalu seperti tulisan saya terdahulu (lihat tauitan di atas). Sudah berbeda jauh kan?

Sound system dan layar komputer di dashboard belakang angkot.

Sound system dan layar komputer di dashboard belakang angkot.

Supir angkot bertindak seperti disc jockey (DJ), dia mengendalikan lagu yang diputar dari audio player di dashboard depan. Penumpang pun bisa melihat daftar lagu di layar monitor. Penumpang bisa request lagu kalau mau.

Supir mengatur lagu lewat audio player di dashboatrd depan yang butut. File lagu disimpan di dalam flashdisk yang ditancapkan ke audio player.

Supir mengatur lagu lewat audio player di dashboatrd depan yang butut. File lagu disimpan di dalam flashdisk yang ditancapkan ke audio player.

Konon, pemilik angkot di Padang rela mengeluarkan biaya yang mahal untuk hiburan musik di dalam angkotnya demi menarik penumpang. Kalau nggak ada musiknya, anak-anak sekolah nggak mau naik. Pemilik angkot lebih mengutamakan penyediaan sarana hiburan modern di dalam angkotnya ketimbang meremajakan angkotnya atau sekedar memperbaiki dashboard depan yang butut itu.

Persaingan sesama angkot memang sengit di kota Padang.

Pos ini dipublikasikan di Cerita Ranah Minang. Tandai permalink.

3 Balasan ke Diskotik Modern di dalam Angkot Kota Padang

  1. dias berkata:

    Wah, coba maen-maen ke makassar pak. Bukan hanya angkot yang berisik, bentor (becak motor) juga punya sound system seperti itu lho. Bisa rekues lagu lagi. Bisa bayangin klo angkot ketemu bentor, berisiknya kayak apa😀

  2. syarif thoyibi berkata:

    Iya pak, saya pernah naek angkot di padang malam2, sampai sakit mata karena kelap-kelip lampunya!

  3. evankrn berkata:

    sebuah penomena yang sangat luar biasa,bisa menghabiskan puluhan juta hanya untuk memodifikasi angkot²,saya sendiri pernah jadi sopir angkot itu selama 4 tahun gan,,😀
    dan jangan lupa juga kunjungi website kami di http://www.tasbatamjaya.com
    thanks gan,indahnya berbagi😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s