Puasa itu Untuk Allah

Puasa (wajib atau sunnah) adalah ibadah yang unik dan eksklusif karena tidak mengandung unsur riya (ingin dilihat/dipuji). Ini sangat berbeda dengan ibadah lainnya seperti sholat, sodaqah/zakat, atau haji yang terang benderang diketahui orang lain. Jika anda sholat, orang lain bisa melihatnya. Jika anda pergi haji, orang sekampung tahu. Jika anda berzakat, maka petugas zakat atau penerima zakat tahu. Jika anda bersadaqah kepada anak yatim, maka orang lain akan tahu, apalagi jika anda membawa wartawan untuk meliput aksi amal anda.

Nah, kalau anda puasa, hanya diri anda dan Tuhan yang tahu. Tiada orang lain yang tahu anda sedang berpuasa atau bukan. Anda bisa saja diam-diam meminum air ketika berwudhu, tidak ada yang tahu. Anda bisa saja diam-diam makan di kamar tertutup tanpa ada orang lain yang tahu. Kalaupun ada orang yang melihat anda makan, mereka mungkin tidak tahu apakah anda makan karena membatalkan puasa atau memang tidak berpuasa.

Karena unik dan eksklusifnya, maka perlakuan Allah SWT terhadap puasa itu berbeda.

Allah SWT berfirman : ”Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku, dan Aku yang akan membalasnya.” Hadis lengkapnya adalah sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah bersabda, ‘Setiap amalan kebaikan yang dilakukan manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga 700 kali lipat. Allah SWT berfirman, ‘Kecuali, amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kegembiraan, yaitu kegembiraan ketika dia berbuka dan kegembiraan ketika berjumpa dengan Rabb-nya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi. (HR Bukhari dan Muslim)

Nah, karena istimewanya ibadah puasa itu, maka janganlah menyia-nyiakan hak eksklusif Allah SWT tersebut. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Pos ini dipublikasikan di Agama, Renunganku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s