Rindu Siaran Radio Kampung Halaman dengan “RRI Play”

Jika datang kerinduan mendengar siaran radio dalam bahasa daerah dari kampung halaman, maka saat ini kerinduan itu bukan hal yang sulit lagi. Tidak perlu pulang kampung untuk mendengarkan siaran radio berbahasa daerah, cukup dari genggaman tangan anda dengan menggunakan smartphone, maka kerinduan itu akan terbalaskan. Siaran radio streaming dari RRI stasiun daerah dapat anda nikmati sambil tiduran, berkendara, atau leyeh-leyeh di rumah. Asalkan ada koneksi Internet, maka anda dapat mendengarkan radio streaming dari belahan bumi mana saja.

RRI PlayCaranya mudah. Carilah aplikasi RRI Play seperti logo di samping kanan dari Play Store/Apple Store di smartphone anda, lalu unduh ke ponsel anda. RRI Play adalah aplikasi android yang disediakan di dalam Google Play. Aplikasi RRI Play tidak berbayar alias gratis, jadi anda tidak dikenakan biaya untuk mengunduhnya, kecuali biaya internet selama pengunduhan.

Screenshot_2015-06-15-19-58-13Setelah diunduh, jalankan aplikasi RRI Play ini. RRI punya kanal Pro 1, Pro 2, Pro 3, dan Pro 4 dari stasiun RRI berbagai kota mulai dari Aceh sampai Papua. Untuk siaran radio dalam bahasa daerah, pilih Pro 4.

Misalkan saya ini sebagai perantau Minang ingin mendengarkan siaran berbahasa Minang, maka pilih Pro 4, lalu pilih pilih RRI Padang, maka siaran radio berbahasa Minang dari RRI Padang Pro 4 dapat saya nikmati. Saya dapat mendengarkan lagu-lagu Minang, request lagu, berita kampung halaman, celoteh dalam Bahasa Minang, beriyta dari kampung halaman, dan lain-lain yang disiarkan oleh penyiar dari RRI Padang. Rasanya saya sedang berada di kampung sendiri:-). Dengan kecepatan 32 kbps, siaran RRI statsiun daerah ini dapat dinikmati secara live dan realtime. Pulsa internet yang terpakai pun tidak terlalu besar untuk streaming selama satu jam.

Screenshot_2015-06-15-19-58-40Ada banyak stasiun RRI daerah Pro 4 yang dapat dimainkan dari RRI Play. Saat ini ada RRI Ambon, RRI Bandung, RRI Banjarmasin, RRI Cirebon, RRI Denpasar, RRI Jakarta, RRI Jambi, RRI Jayapura, RRI Kupang, RRI Malang, RRI Manado, RRI Manokwari, RRI Medan, RRI Padang, RRI Palembang, RRI Palu, RRI Pekanbaru, RRI Semarang, RRI Samarinda, RRI Surabaya, RRI Yogyakarta. Untuk RRI Pro 1, selain stasiun radio yang disebutkan di atas, masih ada RRI Bukittinggi, RRI Fak Fak, RRI Gunung Sitoli, RR Ende, RRI Biak, RRI Bengkulu, RRI Banten, RRI Bogor, RRI jember, RRI Kendari, RRI Madiun, dan masih banyak lagi. Itu belum termasuk RRI Pro 2 dan Pro 3. RRI Play juga mempunyai kanal lagu-lagu jazz, kanal lagu klaisk, kanal lagu keroncong, dan siaran perbatasan.

Screenshot_2015-06-15-19-59-22Radio adalah media yang lebih akrab dan lebih intm ketimbang televisi. Kita dapat mendengarkannya sambil belajar, sambil membaca buku, sambil mengetik di depan komputer, sambil mengemudi, atau sambil tidur-tiduran tanpa harus membuat mata lelah seperti menonton TV. Rasanya kerinduan pada kampung halaman terbayarkan, apalagi jika anda tidak mudik ke kampung pada lebaran tahun ini. Terima kasih RRI Play, semoga RRI tetap jaya, sekali di udara tetap di udara.

Pos ini dipublikasikan di Cerita Minang di Rantau, Gado-gado. Tandai permalink.

4 Balasan ke Rindu Siaran Radio Kampung Halaman dengan “RRI Play”

  1. Ari berkata:

    Wah mantap juga applikasinya Pak. Kalau boleh tahu, dengar radio sejam habis kuota internet berapa MB pak?

  2. wah informasi yang sangat bermanfaat pak. saya baru tahu….

  3. Eko berkata:

    Semoga diperhatikan oleh peyedia jaringan untuk streaming siaran pengetahuan dan pendidikan buat masyarakat banyak bisa dibebaskan biaya, pengguna smartphone sudah banyak dipakai dan terjangkau hingga pedesaan tapi sayangnya dipakai kebanyakan untuk Hiburan.

  4. Kartika sari berkata:

    Kok rrinya diputar gak hidup atau menyala trus menerus ya?
    Tiba2 mati dan harus diputar kembali
    Apakah memang seperti itu cara menggunakannya?
    Thanks before

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s