Ketika Teman Seangkatan di ITB Maju ke Pilkada Kabupaten Sragen

Seorang teman seangkatan saya ketika dulu sama-sama kuliah di Informatika ITB, mencoba karir barunya sebagai politisi. Jaka Sumanta namanya, orang Sragen, Jawa Tengah. Jaka maju ke Pilkada Kabupaten Sragen sebagai calon Bupati Sragen periode yang baru (2016-2021). Jaka dan pasangannya calon wakil bupati, diusung oleh tiga partai yaitu PKB, PAN, dan PPP. Tahun 2015 memang tahun Pilkada, karena Pilkada serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

Jaka Sumanta, tengah, berpeci.

Jaka Sumanta, tengah, berpeci.

Alumni ITB yang menjadi walikota, bupati, atau gubernur sudah banyak. Ridwan Kamil misalnya, alumnus Arsitektur ITB angkatan 1990 itu sukses memenangkan Pilkada Kota Bandung dan sekarang menjadi walikota yang populer. Selain itu masih ada Riza Falepi, alumnus Teknik Elektro angkatan 1989, yang menjadi walikota Payakumbuh, Sumatera Barat, dan Indra Catri, alumnus Teknik Planologi ITB angkatan 1983 yang menjadi Bupati Kabupaten Agam, masih di Sumatera Barat.

Nah, jika teman semasa kuliah sendiri yang maju sebagai calon pemimpin daerah, ya baru kali ini. Rasanya saya belum pernah mendengar ada alumni angkatan 1985 ITB yang menjadi bupati/walikota/gubernur.

Kenapa para alumni itu tertarik ikut Pilkada? Alasannya cukup melankolik, yaitu untuk memajukan tanah kelahiran. Jaka Sumanta berasal dari daerah Sragen. Menurutnya, Sragen memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan, terutama dalam sektor pertanian, dan itu semua untuk kemakmuran rakyat Sragen.🙂

Jaka Sumanta di antara pendukungnya di Sragen

Jaka Sumanta di antara pendukungnya di Sragen

Saya dan Jaka Sumanta kuliah di Jurusan Teknik Informatika ITB, kami sama-sama diterima di ITB dari jalur PMDK (jalur undangan). Saya akui Jaka adalah mahasiswa yang sangat cerdas. Materi kuliah di kampus begitu mudah dicernanya, saya banyak belajar dan diajar oleh Jaka, karena saya kadang-kadang agak telmi memahami materi kuliah dasar. Seingat saya dia orang yang relijius, rendah hati, dan suka membantu orang lain.

Bakat kepemimpinan Jaka sudah terlihat sejak kuliah. Menjadi Ketua Angkatan di Informatika, lalu pernah menjadi ketua pertama organisisi GAMAIS, sebuah organisasi mahasiswa muslim ITB yang tetap eksis sampai sekarang (didirikan tahun 1987), dan sekarang menjadi ketua Ikatan Alumni Informatika ITB (IAIF ITB). Hampir semua mahasiswa ITB angkatan 1985 menyegani kewibawaannya.

Sekarang Jaka Sumanta sudah berhasil sebagai seorang wirausaha (enterpreneur) dalam bidang Teknologi Informasi. Secara materi mungkin dia sudah merasa lebih dari cukup. Menjadi bupati tentu bukan untuk mengejar materi lagi. Kini saatnya mengabdi ke tanah kelahiran untuk mencurahkan pikiran dan tenaganya untuk memajukan kampung halaman.

Jaka Sumanta sedang berorasi di antara pendukungnya.

Jaka Sumanta sedang berorasi di antara pendukungnya.

Sebagai teman seangkatan, tentu saya terpanggil memberi dukungan moril, dan karena saya suka menulis maka yang saya mampu adalah melalui tulisan ini. Teman-teman seangkatan 1985 di ITB juga memberi dukungan penuh. Jaka Sumanta sudah memiliki kendaraan politik untuk mewujudkan idealismenya menjadi pemimpin daerah, mudah-mudahan saja rakyat Kabupaten Sragen memberi dukungan kepadanya. Pada akhirnya, rakyat Sragen juga yang menentukan. Semangat, kawan!

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku, Seputar Informatika, Seputar ITB. Tandai permalink.

10 Balasan ke Ketika Teman Seangkatan di ITB Maju ke Pilkada Kabupaten Sragen

  1. asa berkata:

    Menjadi ketua Ikatan Alumni Informatika ITB (IAIF ITB) belum dimasukkan

  2. rafarshara berkata:

    betul ya kalau ada Om Didik Fortunadi bilang, ITB itu kampusnya pemimpin🙂

  3. Eko berkata:

    Semoga konsisten perjuangan nantinya berguna buat masyarakat banyak, menjadi pemimpin tidak mudah menjadi pejabat gampang apalagi penjahat, apalagi ada penggerak partai yang sudah bukan rahasia lagi ujung ujungnya masalah dan berakhir KKN,

  4. dronebee berkata:

    Wah..Pak Jaka ini dimana2x jadi pemimpin yah. Kebetulan rumah saya satu komplek dengan Pak Jaka di daerah Tangerang Selatan, beliau ini Ketua Paguyuban perumahan tersebut.

    Semoga sukses buat Pak Jaka

  5. gtidar@yahoo.com berkata:

    SUKSES P.JAKA SUMANTA SUKSES SRAGEN, HIDUP GUS JOGO HIDUP MASYARAKAT SRAGEN, smoga semua doa pendukung JAGO dikabulkan

  6. ikhwanalim berkata:

    Apakah kemarin rekan bapak ini berhasil memenangkan quick count, pak? hehe..

    mungkin Pak Rin bisa memposting opini pribadi mengenai alumni perguruan tinggi yang setelah sekian waktu semenjak kelulusannya tidak lagi menggeluti bidang/jurusan/program studi yang pernah diambil ketika kuliah.

    bila rekan bapak ini berhasil menjadi pemenang pemilu, tentu dia akan menggeluti lagi bidang yang berbeda dibanding perkuliahannya maupun bisnisnya.

  7. yatno berkata:

    KalaH ra Masalah, Kekalahan adalah Kemeangan yang tertunda,

  8. Ping balik: Temanku Menuju Bombana 1 | Catatanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s