Nasi Goreng Sambal Ikan Roa

Beberapa waktu yang lalu saya pulang dari Manado. Membawa oleh-oleh klappertaart dari sana sudah biasa. Kali ini saya mencari oleh-oleh yang tidak biasa, yaitu sambal ikan roa. Ikan roa adalah ikan khas Sulawesi yang diawetkan dengan cara pengasapan.

Bagi orang Manado, ikan ini diolah menjadi abon atau sambal. Ya, sambal ikan roa adalah sambal khas dari Manado. Sambal atau abon ikan roa sudah dikemas di dalam plastik atau botol, sehingga dapat dibawa dengan praktis sebagai oleh-oleh.

Sambal ikan roa dalam kemasan botol

Sambal ikan roa dalam kemasan botol

Sambal ikan roa yang dijual di toko adalah sambal dalam bentuk sajian kering (sekilas mirip abon) sehingga awet. Menurut tulisan di kemasannya, pembuatan sambal ini tidak menggunakan bahan pengawet. Siip lah, aman.

Sambal ikan roa, mirip abon.

Sambal ikan roa, mirip abon.

Sambal ikan roa tidak hanya sebagai teman makan nasi atau bubur saja (kalau di Manado sambal ikan roa dipakai sebagai pelengkap bubur Manado), tetapi juga bisa dijadkan bumbu nasi goreng.

Kali ini saya memasak nasi goreng sambal ikan roa. Caranya mudah. Ambil satu batang bawang daun lalu iris kecil-kecil. Selanjutnya panaskan margarin atau mentega, lalu tumis bawang daun tadi sampai harum. Masukkan satu butir telur kedalam tumisan tadi lalu aduk, kemudian masukkan nasi. Setelah nasi bercampur rata dengan telur, masukkan dua sendok teh (atau sesuai selera) sambal ikan roa ke dalamnya. Tambahkan garam dan merica. Kalau ingin agak gurih, tambahkan sedikit bumbu penyedap dan sedikit kecap. Tanpa bumbu penyedap pun nasi goreng ini sudah enak. Bau nasi gorengnya khas, dan rasanya pasti sedap.

Nasi goreng ikan roa. Hmmm... enak.

Nasi goreng ikan roa. Hmmm… enak.

Mau?

Pos ini dipublikasikan di Makanan enak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s