Hampir Semua Partai itu Korup

Pepatah yang mengatakan bahwa kekuasaan itu cenderung korup sukar untuk dibantah. Penetapan tersangka korupsi oleh KPK kepada Sekjen Partai Nasdem, Rio Patrice Capella, salah satu partai yang berkuasa saat ini, membuktikan pepatah tadi. Godaan uang membuat politisi gelap mata, dan akhirnya silap.

Kepercayaan rakyat kepada partai politik sebenarnya sudah memasuki titik terendah. partai politik tidak dapat dipercaya, karena partai politik tidak bebas dari perilaku korupsi, tidak peduli itu partai berlandaskan agama maupun partai nasionalis. Sama saja kelakuan kadernya, mudah tergoda untuk melakukan perbuatan korupsi. Ada dugaan bahwa koruptor berlindung pada parpol untuk menutupi perilakunya. Indikasinya, parpol-parpol yang mendukung revisi UU KPK adalah parpol-parpol yang kadernya melakukan korupsi (PDIP, Nasdem, Hanura, dll).

Padahal partai-partai itu selama ini mendengung-dengungkan slogan yang terdengar indah dibaca. Ingat slogan “Katakan tidak pada korupsi”? Itu adalah bunyi slogan Partai Demokrat. Faktanya? Kader-kader partainya ternyata terlibat korupsi. “Restorasi Indonesia”, ingat slogan itu? Ya, itu adalah slogan Partai yang baru berumur setahun jagung, Partai Nasdem. Faktanya? Kadernya korupsi juga. Ah, barangkali sebelum merestorasi Indonesia, partai tersebut sebaiknya merestorasi kadernya terlebih dulu.

Slogan-slogan partai politik adalah slogan kosong yang tak bermakna, termasuk juga slogan revolusi mental dari Pemerintahan Jokowi. Tujuannya cuma untuk menarik simpati massa, seakan-akan mereka partai yang bersih dan peduli rakyat, tetapi nyatanya slogan-slogan itu hampa belaka, manis di mulut tetapi busuk di dalam. Akhirnya rakyat juga yang tertipu.

Jadi, bagaimana bangsa ini mau bangkit dari keterpurukan jika perilaku para elitnya ternyata masih jauh dari harapan.

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

4 Balasan ke Hampir Semua Partai itu Korup

  1. tuhiu berkata:

    Kita tunggu aja berani gak si munafik najwa shihab ngupas kasus korupsi kader bosnya ini.

  2. Muhammad Nazirul berkata:

    Apa pendapat anda berkenaan PKS pimpinan Pak Anis??

    • rinaldimunir berkata:

      Pada akhirnya sama saja dengan partai nasionalis lainnya, terlibat korupsi juga (sudah saya tuliskan di atas)

    • aldi berkata:

      Kalau pendapat saya pks masih jauh lebih baik dibandingin pdip, nasdem, demokrat, dan partai sejenisnya, bedanya berita ttg pks diheboh2kan sedemikian rupa oleh media2 corong partai2 korup di atas sampai betul2 terkesan gak baik di mata masyarakat, padahal kenyataannya pdip cs itulah yg kader partainya juara korup, politik benar2 keji memang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s