Menikmati Pembuatan Surabi “Urang Bandung”

Pada pagi hari yang dingin di kota Bandung, menikmati jajanan surabi (Bhs Indonesia: serabi) adalah pilihan yang tepat. Surabi yang dibuat langsung di pinggir jalan dibeli dalam keadaan panas, setiba di rumah masih hangat. Surabi lebih enak jika dimakan dalam keadaan masih panas.

Surabi orang Bandung sedikit berbeda dengan serabi di daerah lain. Jika serabi di daerah lain dimakan dengan kuah gula merah, maka surabi urang Bandung tidak demikian. Surabinya lebih tebal dan rasa aslinya agak asin. Surabi yang polos dapat ditambahkan bermacam-macam topping di atasnya.

Jika mau surabi yang manis, maka si pedagang manambahkan larutan gula merah ke atas adonan surabi yang baru dituang ke atas cetakan. Selain surabi yang polos, jenis surabi lainnya adalah surabi oncom, yaitu surabi dengan topping oncom di atasnya. Mau surabi oncom yang pedas, tinggal ditambahkan satu sendok kecil sambal cabe rawit di atasnya.

Mau surabi yang lebih bergizi, maka pembeli bisa minta memesan surabi pakai telur kocok. Itulah tiga macam surabi tradisionil yang masih dijual di banyak tempat di kota Bandung.

Bagi sebagian orang, membeli surabi tidak hanya sekedar membeli jajanan itu sendiri. Tetapi, menyaksikan secara langsung pembuatan surabi adalah kenikmatan tersendiri. Sungguh mengasyikkan mengamati pasangan suami istri di  pinggir Jalan Kuningan Raya, Antapani, Bandung yang saling bekerjasama membuat surabi di atas tungku bakar. Para pembeli terus berdatangan dan harus sabar antri menunggu pesanan surabinya matang.

surabi1

Bekerjasama membuat surabi

surabi2

Tuangkan adonan surabi ke dalam cetakan

surabi3

Sedang dibakar di atas bara api, sekali-sekali diintip apakah sudah matang

surabi4

Surabi yang sudah matang, masih panas menngepul. Ada surabi oncom, surabi manis, dan surabi telur ((yang berwarna kuning)

Harga surabinya tidak mahal. Surabi polos, surabi oncom, atau surabi manis harganya hanya Rp1500, sedangkan surabi telur Rp2500. Tidak mahal bukan?

Kalau jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa menikmati surabi urang Bandung yang enak itu.

Pos ini dipublikasikan di Makanan enak, Seputar Bandung. Tandai permalink.

3 Balasan ke Menikmati Pembuatan Surabi “Urang Bandung”

  1. Febriyan Lukito berkata:

    Wah surabi asin gini ada juga di Bandung ya. Kirain mah surabi di Bandung lebih ke yang buah2an gitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s